Comscore Tracker

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal Terjaga

#RamadanMasaKini Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita. Organ ini mengeluarkan metabolisme dalam darah melalui urine. Dalam tubuh kita memiliki sepasang ginjal yang harus dijaga dengan baik.

Sayangnya saat puasa, terkadang kamu melakukan kebiasaan kecil yang ternyata bisa membahayakan kesehatan ginjal. Apa saja?

1. Mengonsumsi junk food dan makanan berlemak

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal TerjagaPixabay.com/pexels

Junk food dan makanan berlemak yang kamu konsumsi untuk berbuka puasa akan membuat ginjalmu bekerja lebih cepat. Kandungan bahan yang sulit diuraikan oleh ginjal akan membuat susunan sel dalam ginjalmu bermasalah.

Jika ini dibiasakan, kerusakan pada organ ginjal kemungkinan akan terjadi. Hindari kebiasaan mengonsumsi junk food dan makanan berlemak saat puasa. Kamu bisa menggantinya dengan sereal dan buah-buahan yang memiliki banyak serat.

2. Minuman bersoda, kopi, dan teh yang berlebihan

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal TerjagaPixabay.com/stokpic

Minuman bersoda, kopi dan teh memiliki kafein yang susah sekali dicerna oleh ginjal. Untuk menyaring zat ini ginjalmu akan lebih keras bekerja. Selain itu, kandungan zat pada soda jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengikis lapisan ginjal.

Hindari mengonsumsi minuman ini secara berlebihan saat berbuka dan sahur. Ganti dengan jus yang mudah diproses ginjal. Namun untuk pengidap penyakit ginjal, disarankan menjauhi jus bayam dan jus bit karena mengandung banyak oksalat.

Baca Juga: 9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarang

3. Kebiasaan buruk dalam merokok dan alkohol

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal TerjagaPixabay.com/Thorstenf

Alkohol dapat mengganggu kinerja elektrolit dalam ginjal. Hal ini dapat mempermudah kerusakan pada ginjal. Adapun rokok, secara langsung merusak jantung yang akan menjalar ke kerusakan ginjal.

Hindari penggunaan alkohol dan rokok ini agar hidupmu lebih sehat. Kurangi hal-hal yang memiliki dampak negatif untuk kesehatanmu. Apalagi saat puasa, makanlah makanan dan minuman yang halal agar kamu mendapat keberkahan.

4. Menahan saat ingin kencing

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal Terjagard.com

Menahan keinginan untuk kencing akan menyebabkan ginjal lebih banyak menampung urine. Sehingga kandung kemih membesar dan mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Kerusakan yang terjadi pada ginjal akan mudah terjadi jika kamu membiasakan menahan-nahan kencing .

Segeralah keluarkan urinemu jika sudah mulai ingin kencing. Jika kamu ngantuk karena lelah saat berpuasa, usahakan untuk menyegerakan untuk kencing terlebih dahulu.

5. Penggunaan garam pada makanan secara berlebihan

Hindari 5 Kebiasaan Kecil Ini Saat Puasa Agar Kesehatan Ginjal TerjagaPixabay.com/rawpixel

Garam mengandung kadar natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini akan mengganggu kinerja ginjal kamu. Kelebihan natrium dalam ginjalmu akan memicu batu ginjal.

Hindari memasukkan garam berlebihan pada makanan berbuka maupun sahur. Mulailah untuk mengatur kadar garam yang kamu butuhkan untuk tubuhmu.

Menjaga ginjal tetap sehat harus kamu lakukan setiap hari. Lakukan kebiasaan baik ini agar kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Jaga pola hidup sehat dan konsumsilah makanan yang halal agar Ramadanmu penuh keberkahan dan kesehatan ginjal terus terjaga.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 21:45:07

Progress: 764.083 dari 813.350 TPS (93.94271%)

Just For You