Comscore Tracker

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Makan buah sawo agar sehat

Sawo awalnya berasal dari Amerika Tropis, Hindia Barat dan Jawa, namun pertumbuhannya di Indonesia membuat buah ini populer. Rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut menambah kesegaran dari sawo.

Selain rasanya, sawo pun memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Yang cukup familier adalah sebagai obat tradisional yang baik untuk gangguan pencernaan. Bukan hanya itu, berikut deretan manfaat ajaib dari sawo yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulanglifealth.com

Sawo kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Peranan vitamin ini sebagai antioksidan yang dapat melawan berbagai radikal bebas. Kandungan ini pun yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah sawo dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus seperti pilek dan influenza. Selain itu, ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa sawo dapat mencegah penyakit pneumonia.

2. Memberikan rasa kenyang lebih lama

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulangoyeandhra.com

Untuk kamu yang menjaga berat badan, sawo dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat yang baik pada sawo memberi kesempatan untuk usus untuk menampung makanan tanpa berlebihan. Asupan kalori yang berlebihan dapat mudah dikontrol dengan mengonsumsi makanan berserat seperti sawo ini. Sistem pencernaan pun dapat bekerja secara optimal.

3. Mengurangi radikal bebas

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulangmekhonghoanhao.com

Antioksidan pada sawo dapat mengurangi radikal bebas yang masuk pada tubuh. Makanan kaya antioksidan berguna untuk mencegah stres oksidatif yang dapat memicu penyakit yang lebih serius seperti jantung dan kanker. Antioksidan pun dapat melindungi otak dan mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, mengonsumsi buah sawo akan membuat kulitmu bebas dari penuaan dini karena kandungan antioksidannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulangstylesatlife.com

Selain manis, sawo pun mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium, mangan dan seng merupakan mineral yang terkandung dalam sawo. Mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tulang sehingga risiko terkena osteoporosis dapat diminimalisir. Kesehatan tulang dan otot harus kita jaga agar tetap bebas beraktivitas dan sehat di usia senja. Mengonsumsi sawo dalam menu buah harianmu layak kamu coba.

5. Mencerahkan kulit kusam dan melembapkan rambut

5 Manfaat Ajaib Sawo, Si Manis yang Baik Untuk Kesehatan Tulangloyfly.com

Selain antioksidan, sawo pun mengandung vitamin E yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit. Masalah kulit kusam dan kering dapat kamu cegah dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin E seperti sawo ini. Buah sawo pun telah dibuat minyak ekstrak yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Selain itu, nutrisi ini membantu dalam melembapkan rambut agar tampak sehat dan bersinar.

Manfaat-manfaat dari sawo ini menjadi alasan penting untuk memasukkan buah ini ke dalam menu makanan harianmu. Jaga kesehatan dengan nutrisi baik yang terdapat pada buah-buahan seperti sawo ini.

Baca Juga: Sering Diremehkan, Ini 7 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuhmu!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You