Comscore Tracker

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan Berdahak

Cobain manfaatnya

Jintan sering kita temukan dalam masakan khas Timur Tengah. Bumbu dapur yang cukup familier di Asia Tenggara ini memiliki rasa wangi yang khas. Mencampurkannya ke dalam masakan akan menambah cita rasa masakanmu. Apalagi jika melihat beraneka manfaat dari jintan ini. 

Selain kemampuannya mengobati batuk kering dan berdahak, ada beberapa alasan lain mengapa kamu harus menambahkan jintan pada masakanmu. Dibuat teh hangat atau pun diolah ke dalam berbagai macam masakan kesukaanmu dapat kamu coba juga. Berikut manfaat jintan yang harus kamu ketahui. 

1. Merangsang produksi ASI

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan BerdahakPixabay.com/Ogutier

Jintan dapat kamu gunakan untuk merangsang produksi ASI. Biji jintan dapat meningkatkan produksi susu dengan baik. Selain itu, jintan aman buat bayi. Tidak usah khawatir dikonsumsi setiap hari. Kamu dapat mengolah jintan menjadi teh hangat yang merangsang produksi ASI. 

2. Menyembuhkan alergi musiman

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan BerdahakPixabay.com/statice

Jintan dapat membantumu melawan bakteri jahat. Minyak atsiri pada jintan menghambat pertumbuhan dan replikasi sel bakteri. Selanjutnya, kekebalan tubuh akan terbantu dengan kamu mengonsumsi jintan. Minyak jintan pun dapat kamu gunakan untuk mengatasi infeksi dan mempercepat penyembuhan.

3. Mencegah cacing pada usus

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan BerdahakPixabay.com/HolgersFotografie

Mengonsumsi jintan dapat membantumu melawan cacing yang menyerang usus. Senyawa carvone pada jintan dapat membunuh cacing yang masuk melalui makanan. Membiasakan mengonsumsi jintan secara rutin mencegah tumbuhnya larva cacing yang ada dalam usus.

Baca Juga: 5 Manfaat Jintan Hitam yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

4. Meredakan batuk berdahak dan kering

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan BerdahakPixabay.com/12019

Zat yang terkandung dalam jintan membantumu mengatasi batuk berdahak dan kering. Antitusif berperan untuk batuk kering, sedangkan ekspektoran digunakan untuk batuk berdahak. Teh jintan dapat kamu buat secara rutin untuk mengobati batukmu. 

5. Makanan yang baik untuk kulit

5 Manfaat Jintan, Obat Alami Batuk Kering dan Berdahakcompletewellbeing.com

Kandungan Vitamin E pada jintan dapat menutrisi kulitmu. Ada pula lemak esensial yang dapat menjaga kelembapan kulit.  Masalah kulit kering akibat sinar matahari dapat diatasi dengan mengonsumsi jintan secara rutin. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin C yang mampu membentuk kolagen dan memperbaiki struktur kulit. 

Setelah mengetahui manfaat jintan, kamu harus memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak perlu ragu lagi untuk menambahkan jintan pada makanan atau mengolahnya menjadi teh yang memberi manfaat banyak. 

Baca Juga: Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You