Comscore Tracker

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Diet

Minuman teh bebas kafein

Bunga sepatu memiliki nama ilmiah Hibiscus Rosa-Sinensis L. Bunga yang memiliki warna merah dan tidak berbau ini ternyata dapat dikonsumsi. Mengubahnya menjadi teh layak kamu coba untuk alternatif minuman yang sehat.

Teh bunga sepatu berwarna merah magenta atau ruby dan memiliki rasa asam. Minuman ini cukup populer karena dapat dijadikan obat yang menyembuhkan beberapa penyakit. 

Berikut deretan manfaat teh bunga sepatu yang harus kamu coba.

1. Menjaga kesehatan hati

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Diethealthcastle.com

Dalam sebuah penelitian, teh bunga sepatu mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan hati. Anti oksidan ini melindungi dari radikal bebas yang menyerang sel dan jaringan tubuh. Minuman teh ini tidak mengandung kafein sehingga dapat diterima dengan baik oleh hati.

Kesehatan hati harus kamu jaga agar terhindar dari penyakit hepatitis dan gangguan hati lainnya.

2. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Dietfanaticcook.com

Teh bunga sepatu dapat dijadikan obat herbal untuk menurunkan berat badan. Untukmu yang ingin diet sehat, mengonsumsi teh ini layak kamu coba.

Ekstrak bunga sepatu menurunkan penyerapan pati dan glukosa yang berperan penting dalam penambahan berat badan. Peran teh ini menghambat produksi amilase yang memecah karbohidrat menjadi gula.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Teh Chamomile Bagi Kesehatan

3. Menurunkan kadar kolesterol

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Dietthealternativedaily.com

Sebuah informasi dari American Heart Association (AHA) menerangkan bahwa teh bunga sepatu mampu menurunkan tekanan darah pada pasien pra-hipertensi dan hipertensi ringan. Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada pasien diabetes tipe II menunjukkan bahwa teh bunga sepatu dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Kadar kolesterol LDL (buruk) diturunkan dengan cara melindungi pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung. Sifat hipolipidemik dan hipoglikemik yang terkandung dalam bunga sepatu bermanfaat juga untuk penderita gangguan gula.

4. Memperlambat pertumbuhan kanker

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Dietthespruceeats.com

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical dan Dental College di Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Zat anti oksidan dan anti tumornya berasal dari kandungan asam yang terdapat didalamnya. Pertumbuhan sel kanker pada leukimia dapat diperlambat dengan mengonsumsi bunga sepatu.

Studi lain dari Karina H Goldberg membuktikan bahwa bunga sepatu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kulit. Ada pula penelitian lain yang menunjukan bahwa bunga ini memperlambat pertumbuhan sel kanker pada lambung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Dietlifespan.com

Teh bunga sepatu mengandung asam arkobat (Vitamin C) yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat anti inflamasi dan anti bakterinya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit termasuk serangan flu. Saat demam pun kamu dapat menghangatkan tubuh dengan teh bunga sepatu ini.

Manfaat teh bunga sepatu ternyata begitu besar untuk kesehatan tubuh. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Tradisi Minum Teh Sore

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You