Comscore Tracker

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susu

Salah satunya adalah pisang

Makanan bisa menjadi sahabat atau musuh kita. Ini tergantung pada bagaimana kita memilih makanan yang akan kita makan dan bagaimana cara kita memakannya.

Dalam hal cara makan, ada faktor yang sangat besar yang cenderung diabaikan oleh kebanyakan orang, yaitu sering mengombinasikan makanan yang mana beberapa kombinasi bisa berefek buruk.

Misalnya saat minum susu, banyak orang yang senang meminumnya sambil makan kue, atau dicampur dengan buah-buahan seperti smoothie. Namun, bila mengikuti Ayurveda, susu bisa mendatangkan bencana bila dikombinasikan dengan makanan yang salah. 

Ayurveda adalah sistem pengobatan alternatif yang berasal dari India dan sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Melansir Boldsky, Ayurveda mempromosikan gaya hidup sehat, termasuk di antaranya peranan makanan dalam kesehatan dan bisa menjadi pengobatan.

Prinsip pengobatan Ayurveda adalah berfokus pada keseimbangan berbagai jenis energi di dalam tubuh kita. Dalam Ayurveda, kombinasi makanan tertentu yang tidak cocok dikenal sebagai Virudha Ahara, yang berarti makanan yang salah.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak cocok atau bisa berefek buruk bila dikombinasikan dengan susu.

1. Susu dengan teh hijau atau teh hitam

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susufreepik.com/freepik

Menurut sebuah laporan berjudul "Viruddha Ahara: A critical view" dalam jurnal AYU (An International Quarterly Journal of Research in Ayurveda) tahun 2012, teh mengandung flavonoid yang disebut katekin, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi jantung.

Saat susu ditambahkan ke dalam teh, maka sekelompok protein dalam susu, yang disebut kasein, berinteraksi dengan teh untuk mengurangi konsentrasi katekin. Jadi, hindari teh dan susu diminum secara bersama-sama.

2. Susu dengan yoghurt

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susufreepik.com/8photo

Masih bersumber dari laporan dalam jurnal yang sama, mengonsumsi susu dan yoghurt secara bersamaan dapat mengendapkan susu di dalam perut, yang mana ini bisa menyebabkan iritasi dan muntah.

Maka dari itu, sebaiknya konsumsi susu dan yoghurt secara terpisah, ya.

Baca Juga: 10 Kombinasi Makanan yang Gak Boleh Dimakan Bersamaan, Bikin Sakit!

3. Susu dengan melon 

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susupixabay.com/ImagesBG

Melansir Boldsky, Ayuverda melarang mengombinasikan melon dengan susu. Ini karena keduanya sama-sama memiliki sifat mendinginkan.

Selain itu, susu bersifat pencahar, sedangkan melon memiliki sifat diuretik. Susu butuh lebih banyak waktu untuk dicerna dan asam lambung diperlukan untuk mencerna melon menyebabkan. Jadi, Ayurveda menyarankan untuk tidak mengonsumsi susu dengan makanan yang asam.

4. Susu dengan pisang 

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susuistockphoto.com/margouillatphotos

Mengejutkan, bukan? Apalagi bila kamu sering mencampurkan susu dan pisang untuk dijadikan smoothie saat sarapan.

Menurut buku Ayurvedic Cooking for Self Healing yang ditulis oleh Usha dan Dr. Vasant Lad tahun 1997, makan susu dan pisang secara bersamaan dapat mengurangi agni.

Dalam Ayurveda, istilah "agni" digunakan dalam pengertian pencernaan makanan dan produk metabolisme. Agni mengubah makanan dalam bentuk energi, yang bertanggung jawab atas semua fungsi vital tubuh. Ini dijelaskan dalam laporan berjudul "Physiological aspects of Agni" dalam jurnal AYU tahun 2010.

Melansir Times of India, memadamkan agni pada proses pencernaan ini mirip kebakaran biasanya, yang dipengaruhi akseleran dan inhibitor. Misalnya, kalau kita menambahkan bahan bakar ke api, api akan lebih cepat terbakar dan air akan memadamkannya. Api internal (agni) bekerja dengan cara serupa. Saat kita makan sesuatu yang membebani agni, proses pencernaan jadi melemah. Ini bisa menyebabkan pembentukan racun yang merupakan dasar dari banyak penyakit.

5. Susu dengan telur  

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur SusuIlustrasi telur ayam (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Sebetulnya tidak apa-apa mengonsumsi susu dan telur secara bersamaan, dengan catatan telurnya matang. 

Melansir Boldsky, makan telur matang atau belum sepenuhnya matang dengan susu sangat tidak dianjurkan. Hal tersebut terkadang dapat menyebabkan infeksi bakteri, keracunan makanan, dan defisiensi biotin.

6. Susu dengan ikan 

Sering Dilakukan, 6 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dicampur Susuistockphoto.com/Ekaterina Oleshko

Melansir NDTV Food, menurut Dr. BN Sinha, seorang pakar Ayurveda, ikan adalah produk nonvegetarian dan susu adalah produk hewani yang dianggap vegetarian. Ini membuat kombinasi tersebut tidak kompatibel. Mengonsumsinya secara bersamaan dapat meningkatkan tamas guna dalam tubuh, yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan. Kombinasi tersebut juga bisa menimbulkan perubahan kimia tertentu dalam darah. Ini menyebabkan pigmentasi kulit atau kondisi yang juga dikenal sebagai leukoderma, katanya.

Ahli gizi dari India, Dr. Tapasya Mundhra, menjelaskan bahwa tidak ada jenis produk susu yang cocok dengan makanan yang kaya protein. Salah satu alasannya adalah karena susu memiliki efek mendinginkan tubuh, sementara ikan memiliki efek memanaskan tubuh karena kaya akan protein. Ketika dikonsumsi bersama-sama, itu akan rusak selama proses pencernaan karena banyak energi yang dilepaskan.

Nah, itulah makanan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, mulai sekarang alangkah baiknya untuk menghindari kombinasi yang dijelaskan tadi.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Makan Makanan Kedaluwarsa

Nurul Hidayati Photo Writer Nurul Hidayati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya