Comscore Tracker

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak 

Dari kulit, otak, hingga jantung!

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak sehat yang diekstrak dari kelapa yang masih segar, tanpa tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Proses tersebut menjaga kandungan alaminya, senyawa phenolic. Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan.

Walau sudah dipakai secara luas dan populer, tetapi banyak yang belum berbagai manfaat kesehatan dari minyak kelapa murni. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan menambahkan minyak kelapa murni ke dalam makanan, itu dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, bahkan sampai ke kehidupan seks!

Tak perlu berpanjang-panjang lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minyak kelapa murni. 

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak Ilustrasi jantung sehat. freepik.com/pressfoto

Minyak kelapa diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena kaya akan lemak jenuh alami. Meski ada embel-embel "lemak", tetapi lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa bekerja dengan cara yang berbeda dari yang ditemukan pada makanan hewani seperti mentega, krim, keju, dan daging.

Menurut studi dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2017, disebutkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dalam tubuh.

Dengan meningkatkan HDL dan mengubah rasio HDL ke low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, lemak jenuh dalam minyak kelapa disebutkan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu mengurangi rasa lapar 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak freepik.com/diana.grytsku

Salah satu manfaat menarik dari minyak kelapa adalah kemampuannya dalam mengurangi rasa lapar. Ini mungkin terkait dengan cara tubuh kita saat memetabolisme lemak, karena keton dapat mengurangi nafsu makan.

Kandungan medium-chain triglycerides (MCT) dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh, dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang. Ini tertuang dalam sebuah laporan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics 2015.

Satu studi menemukan bahwa konsumsi 15-30 gram MCT per hari meningkatkan pengeluaran energi 24 jam sebesar 5 persen, seperti yang dimuat dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 1996.

Meski demikian, perlu diingat bahwa minyak kelapa mengandung kalori yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Minyak Ikan yang Terbukti secara Ilmiah

3. Membunuh bakteri 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak istockphoto.com/Dr_Microbe

Manfaat lain dari minyak kelapa murni adalah membantu membunuh bakteri. Sekitar setengah dari asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam laurat. Berdasarkan studi dalam Journal of Medicinal Food tahun 2013, asam laurat sangat baik dalam membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Maka dari itu, khasiat tersebut sangat membantu tubuh kita dalam mencegah infeksi bila digunakan secara eksternal. Untuk mendapat sifat antibakteri yang paling kuat, yang dianjurkan adalah menggunakan minyak kelapa murni, bukan minyak olahan.

4. Membantu menyeimbangkan hormon 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak istockphoto.com/Albina Gavrilovic

Gangguan hormon dapat menyebabkan banyak masalah baik pada perempuan maupun laki-laki. Nah, minyak kelapa dapat membantu menjaga keseimbangannya berkat kandungan asam laurat. 

Sebuah studi di Filipina yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2012 menemukan bahwa minyak kelapa mungkin lemak yang baik untuk dikonsumsi selama menopause dan mungkin juga punya efek positif pada kadar hormon estrogen.

5. Pelembap yang baik untuk kulit dan rambut

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak freepik.com/lookstudio

Minyak kelapa juga bisa menjadi pelembap yang baik untuk kulit dan rambut. Ada studi yang menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengatasi kulit kering dan meningkatkan kelembapan dan kandungan lipid di kulit.

Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan. Jika memiliki ketombe atau rambut kering, minyak kelapa mengandung banyak asam lemak yang dapat memperbaiki kondisi tersebut.
 
Sebuah studi dalam Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa minyak kelapa merupakan satu-satunya minyak yang dapat mencegah kerusakan dan kehilangan protein rambut. Ini karena berat molekulnya yang rendah dan rantai linier lurus yang memungkinkannya menembus ke dalam batang rambut. 

Penelitian tersebut juga menyebutkan, menggunakan minyak kelapa untuk vitamin rambut yang paling tepat adalah dengan mengoleskannya sebelum dan sesudah keramas untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Meningkatkan kesehatan mulut 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak freepik.com/racool_studio

Tahu tidak, sebelum pasta gigi ditemukan, mengoleskan minyak di sekitar mulut adalah metode pembersihan mulut dari bakteri dan untuk membantu menyembuhkan kerusakan parah akibat penyakit periodontal.

Banyaknya kandungan MCT adalah alasan mengapa minyak kelapa adalah salah satu dari banyak minyak yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Minyak kelapa dapat mengangkat bakteri dari permukaan yang ada di dalam mulut, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit di sekitar gusi.

Studi yang dimuat dalam Journal of Indian Society of Pedodontics ad Preventive Dentistry tahun 2008 menemukan bahwa minyak kelapa murni dapat mengurangi tumbuhnya bakteri yang menyebabkan plak gigi.

Untuk penggunaannya sendiri, para ahli merekomendasikan menggunakan minyak kelapa murni dengan mengoleskan selama 20 menit dan dilakukan tiga kali dalam seminggu untuk melindungi mulut kita dari bakteri, melansir Eat This, Not That!

7. Mendukung pengobatan osteoporosis

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak istockphoto.com/Ridofranz

Salah satu manfaat minyak kelapa lainnya adalah meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral yang larut dalam lemak di usus. Salah satu mineralnya adalah kalsium. 

Menurut studi dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2012, menambahkan minyak kelapa dalam pola makan dapat meningkatkan volume dan struktur tulang pada subjek penelitian, serta menurunkan kehilangan tulang akibat osteoporosis.

Meski demikian, osteoporosis bukan cuma soal kalsium. Stres oksidatif dan radikal bebas juga bisa jadi penyebab penyakit tulang keropos tersebut. Karena minyak kelapa mengandung tinggi antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, ini bisa jadi pengobatan alami untuk mendukung pengobatan osteoporosis dari dokter.

8. Memperbaiki gangguan memori pada otak 

8 Manfaat Sehat Minyak Kelapa Murni, Bisa Bantu Perbaiki Memori Otak freepik.com/kjpargeter

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging tahun 2004 menunjukkan bahwa MCT dalam minyak kelapa mampu memperbaiki masalah memori yang dialami orang usia lebih tua. 

Partisipan merasakan manfaat minyak kelapa dan melaporkan peningkatan nyata dalam kemampuan mengingat setelah mengonsumsinya. Khasiat ini diduga berkat MCT yang lebih mudah diserap di dalam tubuh. Karena dapat diakses di otak tanpa menggunakan insulin, MCT dapat menjadi bahan bakar sel-sel otak dengan lebih efisien.

Itulah sederet manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh kita. Melihat dari berharganya manfaat tersebut, gak bakal rugi, deh, kalau kamu rutin mengonsumsinya mulai hari ini!

Baca Juga: Tambah Pede! Ini 10 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit dan Rambut

Nurul Hidayati Photo Writer Nurul Hidayati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya