Comscore Tracker

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benar

Asal kucek malah bisa berisiko terkena infeksi

Mata adalah indra penglihatan yang sangat berharga. Mata adalah organ bagian luar yang sangat mudah terkena debu atau kotoran lainnya. Bila itu terjadi, akan timbul ketidaknyamanan di mata, mata memerah, dan bisa menyebabkan infeksi.

Pertolongan pertama pada mata harus segera dilakukan jika ada debu, kotoran, atau benda asing lainnya yang masuk. Bila tidak ditangani dengan tepat, justru akan memperburuk kondisi. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara dengan benar.

Bukan dengan asal mengucek mata, berikut ini adalah cara membersihkan mata yang tepat.

1. Kedipkan mata berulang kali

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarpexels.com/Chermiti Mohamed

Berkedip adalah cara termudah untuk membersihkan kotoran dari mata. Kedipkan mata beberapa kali jika terasa ada kotoran yang masuk ke mata. Berkedip akan membuat bulu-bulu mata untuk mengeluarkan kotoran.

Berdasarkan sebuah karya tulis berjudul Hubungan Penggunaan Lensa Kontak Dengan Tingkat Produksi Air Mata tahun 2017 dari Bagian Optalmologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, disebutkan bahwa lapisan tengah air mata berfungsi sebagai agen imunitas karena dapat berperan sebagai antibakteri. Ini dikarenakan adanya protein seperti IgA, lisozim, dan laktoferin yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri.

2. Jangan lupa cuci tangan!

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarpixabay.com/Martin Slavoljubovski

Jika berkedip saja tak cukup untuk mengeluarkan debu dan kotoran, maka gunakan tangan untuk membersihkan mata. Namun, sebelum menyentuh mata dengan tangan, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya adalah untuk mencegah kuman di tangan berpindah ke mata. Langkah ini sangat penting karena mata rentan terhadap infeksi.

Berdasarkan keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), lebih dari 80 persen penyakit infeksi ditularkan melalui tangan, lho. Jadi jangan menyentuh mata sebelum cuci tangan, ya.

Baca Juga: 7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!

3. Seka air mata yang keluar

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarpexels.com/Karolina Grabowska

Produksi air mata akan meningkat saat mata dimasuki kotoran. Oleh karena itu, cukup pejamkan mata dan seka atau lap air mata yang keluar dengan tisu bersih secara lembut. Air mata akan membawa kotoran keluar dari mata kamu. Hindari menggosok atau mengucek mata.

Menurut laporan Diagnosis dan Tatalaksana Pasien dengan Keratokonus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tahun 2019, kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan keratoconus, yakni kondisi kornea mata menipis dan mengalami penonjolan menyerupai kerucut.

4. Periksa mata secara menyeluruh

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarimg.thrfun.com

Tarik kelopak bawah mata dan cari kotoran yang tertinggal di sana. Lakukan hal yang sama pada kelopak mata atas dan periksa sekitar bola mata kamu.

Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk membantu memeriksa kotoran di kelopak mata. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memeriksa kebersihan mata, terutama di bagian yang sulit untuk kamu lihat sendiri.

5. Buang kotoran di mata

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarpixabay.con/PublicDomainPicture

Jika kotoran di mata mudah diraih, kamu bisa pakai cotton bud untuk mengeluarkan kotoran di matamu. Cukup colek kotoran sampai kotoran menempel di ujung cotton bud, lalu keluarkan.

Jangan mencolek cotton bud ke mata terlalu kuat agar kotoran tidak semakin menempel dan menyakiti mata. Pastikan juga cotton bud yang digunakan bersih dan higienis.

6. Bilas mata dengan air

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarcatatanmini.com

Jika kotoran belum hilang setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa membilas mata dengan obat tetes mata. Bisa juga dengan menggunakan air bersih selama 15 menit.

Caranya, buka dan tahan kelopak mata dengan tangan, lalu biarkan air mengalir di mata. Meskipun kotoran sudah keluar sebelum 15 menit, teruskan membilas agar matamu benar-benar bersih. Kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih mata khusus yang banyak dijual bebas di apotek.

7. Periksakan ke dokter

Bukan Dikucek, Ini 7 Cara Membersihkan Mata yang Benarpixabay.com/Paul Diaconu

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan, tapi kotoran belum berhasil dikeluarkan atau malah terdorong semakin dalam, sebaiknya cek ke dokter mata. Apalagi bila ada gejala penglihatan kabur, mata merah, ada rasa tak nyaman setelah kotoran keluar, mata berdarah, pusing, atau gejala lainnya yang mengganggu.

Nah, kamu sudah tahu kan cara membersihkan mata yang benar? Kamu harus rajin memeriksa kesehatan mata dan kebersihannya, ya, agar kedua mata sehat dan berfungsi dengan baik. Jangan sembarang lagi mengucek mata, ya!

Baca Juga: Jangan Diabaikan! 11 Penyebab Mata Merah, Bisa Jadi Penyakit Serius

Octabella Agneta Lawardi Photo Writer Octabella Agneta Lawardi

Senang menulis dan menulis dengan kesenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya