Comscore Tracker

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yoga

Cocok untuk kamu yang sedang alami stres

Olahraga tak harus dengan gerakan yang sangat aktif sehingga membuat tubuh berkeringat, hanya dengan melakukan olahraga yoga tubuhmu bisa tetap bugar sekaligus pikiran menjadi lebih jernih. Selain untuk kesehatan yoga sangat bermanfaat untuk membuat rasa emosional, mental, spritual menjadi lebih baik. Maka dari itu jangan remehkan olahraga ini meskipun tidak memerlukan gerakan yang aktif. Olahraga ini juga sudah menciptakan beberapa gerakan yang bervariasi loh.

Olahraga yang berasal dari negara India kini sudah sangat populer di kalangan masyarakat modern. Karena manfaatnya yang tidak kalah dengan olahraga lain. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berlatih yoga secara rutin.

1. Mengatasi stres

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yogapexels.com/uan Pablo Arenas

Selain bermanfaat untuk kebugaran yoga sangat berguna untuk menghilangkan rasa cemas ataupun stres. Karena pada dasarnya yoga adalah olahraga yang membutuhkan meditasi. Jadi kamu yang sedang alami stres, kamu wajib banget coba olahraga ini agar rasa cemasmu bisa berkurang.

2. Melancarkan pernapasan

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yogaunsplash.com/Dane Wetton

Gerakan yoga memang banyak yang menggunakan teknik meditasi dan pernapasan. Maka dari itu olahraga yoga sangat cocok untuk kamu yang ingin melancarkan pernapasan. Selain itu, yoga bisa mencegah beberapa penyakit pernapasan seperti asma. Namun, diskusikan dulu dengan para instruktur yoga gerakan yang sesuai dan berguna untuk melancarkan pernapasan.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga Untuk Pemula, Buat Kamu yang Baru Memulainya 

3. Menjaga kebugaran tubuh

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yogapexels.com

Selain dapat melancarkan pernapasan, manfaat penting lain yang bisa kamu dapatkan dengan berolahraga yoga secara rutin yaitu tubuh menjadi lebih bugar, menambah kelenturan tubuh, menjaga postur tubuh, serta dapat menambah kekuatan tubuh.

4. Membentuk otot

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yogaunsplash.com/Christopher Campbell

Manfaat yoga lainnya yang tidak kalah penting yaitu, dapat membentuk otot tubuh. Karena yoga dapat membantu penyerapan kadar gula pada otot, menurunkan kadar gula darah, serta dapat mengurangi penyakit kardiovaskuler.

5. Meringankan nyeri pada sendi

Meskipun Gerakannya Pelan, Inilah Manfaat Melakukan Yogapexels.com/Tatiana

Siapa sangka olahraga yoga ternyata bisa meringankan nyeri pada sendi. Hal ini karena dipengaruhi gerakan-gerakan yoga bisa menjadi pelumas sendi saat sendi sedang mengalami cedera. 

Banyak para ahli pun menyebutkan bahwa kombinasi gerakan yoga dan olah pernapasan dapat meringankan mereka yang sedang mengalami radang sendi. Namun, sebelum itu lakukan gerakan-gerakan yang disarankan oleh instruktur yoga.

Itulah beberapa kecil manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan olahraga yoga secara rutin. Maka dari itu jangan remehkan olahraga yoga ini selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dijamin jiwa pun akan menjadi lebih tenteram.

Baca Juga: 5 Pose Yoga Ini Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Community Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You