Comscore Tracker

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai 

Hayo siapa yang doyan nih?

Petai atau Parkia speciosa, merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam family fabacacea atau polong-polongan. Petai sering kali ditambahkan dalam masakan untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu, petai juga biasanya dibuat lalapan ataupun sambal.

Namun, beberapa orang mungkin tidak menyukai makanan yang satu ini karena baunya yang khas dan menyengat. Tapi tahu gak sih bahwa di balik bau tajam yang dihasilkan petai, ternyata petai memiliki banyak manfaat lho.

Nah berikut ini 6 manfaat petai yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

1. Mengatasi begah dan asam lambung

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai freepik.com/chfonk

Petai adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung zat antacid atau antasida. Zat antacid inilah yang dapat mengatasi gejala begah akibat terlalu banyak makan. Selain itu, antasida juga dapat membantu mengatasi gejala asam lambung seperti maag, muntah, dan kembung dengan mengikat hidroclorida.

Zat antasida mampu membantu untuk menetralkan namun tidak bisa mencegah produksi asam lambung itu sendiri.

2. Meredakan depresi pada tubuh

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai eatingthaifood.com

Petai mampu meredakan depresi pada tubuh karena petai mengandung zat triptopan. Zat triptofan merupakan asam amino yang ditemukan pada makanan dengan kandungan protein tinggi. Zat triptopan yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk molekul 5 HTP (5-hydrotritopan) yang berfungsi menghasilkan hormon seratonin dan melatonin.

Hormon serotonin inilah yang akan memberikan rasa rileks, tenang, mengurangi rasa cemas dan gelisah, juga memberikan efek bahagia. Sementara, hormon melatonin berfungsi mengatur siklus fungsi tubuh saat tidur sehingga tubuh dapat tertidur dengan tenang dan bangun dalam keadaan segar.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Teri Medan Petai Balado yang Bikin Ngiler

3. Membantu mengatasi anemia

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai langsuanshop.com/

Anemia (anaimia) merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah atau sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh tidak dapat berproses dengan baik, sehingga organ tubuh tidak memiliki cukup oksigen. Inilah yang mengakibatkan tubuh cepat terasa lelah, pusing, lemas, dan pucat.

Kekurangan sel darah merah ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dan petai adalah makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi.

Zat besi merupakan mineral yang dapat membentuk hemoglobin saat berada di dalam tubuh. Hemoglobin ini akan mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh organ tubuh.

4. Meningkatkan kemampuan berpikir

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai cookpad.com/

Petai dapat memberikan daya kekuatan pada saraf otak sehingga dapat meningkatkan proses kognitif yakni kemampuan dalam berpikir. Hal ini dikarenakan petai memiliki kandungan mineral yakni kalium (potassium).

Di dalam otak terdapat impuls saraf. Impuls saraf bekerja secara aktif karena ion natrium dan ion potasium, ion potasium yang bersumber dari kalium. Sistem saraf berfungsi sebagai penghubung antara otak dengan tubuh. Otak menyampaikan pesan ke organ tubuh, begitupula sebaliknya, pesan-pesan ini disampaikan dalam wujud impul saraf.

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kesulitan dalam berpikir, mudah lupa, pikun, dan gangguan otot.  

5. Sebagai anti oksidan dan melawan bakteri jahat

Di balik Aroma yang Menyengat, Ternyata Ini 6 Manfaat Petai world-crops.com

Petai mengandung senyawa flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa bioaktif dari tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan. Flavonoid dapat digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak akibat radikal bebas sehingga mengganggu keseimbangan tubuh. Flavonoid juga dapat membantu untuk mengurangi resiko stroke, asma, dan penyakit jantung.

Selain itu, di dalam petai terdapat zat thrithiolane dan hexathionine sebagai anti bakteri sehingga dapat mengatasi bakteri jahat yang menyerang tubuh. Zat thrithiolane dan hexathionine inilah yang menyebabkan petai memiliki bau yang menyengat.

Ternyata begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari petai 'kan? Meskipun memiliki bau menyengat saat dan setelah mengonsumsinya, kamu bisa rutin mengonsumsi petai demi mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: 7 Biji Buah yang Ternyata Sehat untuk Tubuh, Jangan Dibuang Ya!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya