Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!

Sebelum terlambat, segeralah tangani

Kamu mungkin pernah bermasalah dengan tawon atau yang lazimnya disebut lebah. Tawon adalah hewan yang melindungi dirinya dari gangguan makhluk lain dengan cara menyengat. Manusia adalah salah satu yang terbilang paling sering mengalami sengatan tawon ini.

Bukan tidak mungkin ketika beraktivitas di luar rumah, kamu bisa disengat disengat tawon. Sengatan tawon biasanya akan menimbulkan rasa nyeri atau bahkan bengkak. Namun, tidak perlu panik ketika mengalami hal ini, karena kamu bisa kok melakukan pertolongan pertama dengan segera. Dilansir dari berbagai sumber, begini nih cara-cara mudah mengobatinya!

1. Carilah titik hitam di bagian tubuh yang disengat tawon

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!curejoy.com

Mengapa? Karena disinilah tempat kamu akan menemukan sengat tawon. Kemudian, cabut sengat lebah dengan menggunakan kuku atau alat bantu lain seperti pinset.

Mencabut sengat lebah sesegera memang penting. Tujuannya adalah untuk menghindari sengat lebah semakin menyebar dan menimbulkan infeksi serius. Nah, jika sengat lebah sudah bisa dicabut dari tubuh, maka kamu tinggal melakukan langkah pengobatan selanjutnya.

2. Untuk pertolongan pertama, kompres bagian yang disengat tawon dengan es

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!newair.com

Mengapa kompres es ini ampuh? Pasalnya, kompres es bisa membuat area yang disengat lebah menjadi mati rasa. Sehingga, secara otomatis rasa nyeri tidak akibat sengatan tidak akan terasa. Selain itu, kompres akan juga dapat mengurangi pembengkakan, karena berkurangnya aliran darah ke area yang sedang dikompres.

Namun, usahakan untuk tidak mengompres dalam waktu lama sekaligus, misalnya lebih dari 20 menit. Sebaiknya, berikan jeda kurang lebih 15 menit setiap sesi mengompres.

Baca Juga: Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Ini

3. Kamu juga bisa menggunakan cara lain, yaitu mengoleskan pasta gigi

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!en.wikipedia.org

Sebagian mungkin belum tahu atau tidak menyadari bahwa pasta gigi adalah salah satu obat manjur dalam pertolongan pertama mengobati sengatan tawon. Hal ini dikarenakan pasta gigi mengandung zat alkalin yang berfungsi untuk menetralkan racun. Zat alkalin ini sendiri sifatnya asam. Bahkan, beberapa pasta gigi juga mengandung gliserin yang terbukti bisa menarik racun yang ada akibat sengatan tawon.

Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadi iritasi atau alergi dalam penggunaan pasta gigi untuk mengobati sengatan tawon. Perhatikan apabila setelah dioles pasta gigi, kulit justru memerah dan muncul ruam. Sebaiknya, segeralah mencuci kulit untuk menghilangkan pasta gigi yang menempel.

4. Menggosokkan pepaya jadi salah satu cara ampuh yang wajib dicoba

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!livestrong.com

Untuk mengobati sengatan tawon, dapat gunakan pepaya sebagai salah satu obat tradisional. Caranya, gosok-gosokkan pepaya pada bagian yang disengat tawon. Namun, pastikan bahwa saat digosok dengan pepaya, sengat tawon sudah dikeluarkan.

Pepaya bisa mengobati sengatan tawon karena memiliki kandungan papain, yaitu jenis senyawa yang mampu memecah protein racun pada sengatan tawon. Namun, sebaiknya menghindari penggunaan pepaya ini jika ternyata ada indikasi alergi terhadap lateks.

5. Baking soda gak kalah ampuh, bisa jadi alternatif nih!

Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!healthline.com

Baking soda ternyata juga ampuh mengobati sengatan tawon. Caranya, hanya dengan mengoleskan pasta baking soda pada area yang terkena sengatan tawon selama 15 hingga 20 menit saja. Penggunaan baking soda ini dapat menghilangkan rasa nyeri akibat sengatan tawon.

Nah, sudah tahu 'kan bagaimana cara mengobati sengatan tawon? Cara-cara ini tadi bisa kamu praktikkan saat darurat ya!

Baca Juga: Cara Lebah Membersihkan Tubuhnya Ternyata Menakjubkan, Lihat Saja Videonya!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You