Comscore Tracker

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!

Jangan panik dulu, ya...

Keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya, hal ini ditandai dengan rasa sakit di perut. Gejalanya bisa berupa kram, mual, muntah, diare, dan bahkan disertai demam. Jika gejala-gejala keracunan tersebut dibiarkan terus-menerus, maka kamu mungkin saja bisa mengalami dehidrasi serius lho. Kalau sudah begini, tentu saja kamu harus segera mendapatkan penanganan medis yang serius.

Nah, khusus bagi kamu yang mengalami keracunan makanan yang sifatnya ringan, kamu boleh sedikit tenang. Pasalnya, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah keracunan ini. Yuk, simak!

1. Begitu merasakan gejalanya, minum air putih banyak-banyak

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!everydayhealth.com

Gejala utama ketika terjadi keracunan makanan adalah dehidrasi akut yang biasanya diawali dengan muntah-muntah. Hal ini mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan dan tubuh menjadi lemas. Makanya, kamu harus banyak-banyak minum air putih sebagai penanganan keracunan paling awal.

2. Atasi rasa pahit di mulut dengan konsumsi air kelapa hijau

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!verywellfit.com

Ketika kamu mengalami muntah-muntah, umumnya mulut dan lidah akan terasa pahit dan kering. Kamu pun semakin sulit mengkonsumsi apapun karena kondisi mulut yang tidak enak. Nah untuk mengatasinya, cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa hijau yang tidak hanya segar tapi juga membantu melawan racun-racun di dalam tubuh.

3. Segera konsumsi makanan halus setelah mual dan muntahmu berhenti

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!tophealthjournal.com

Jika seseorang yang mengalami keracunan makanan sudah bisa toleransi terhadap cairan, maka disarankan untuk mulai memberikan makanan-makanan ringan yang sifatnya  lembut atau mudah dikonsumsi. Makanan-makanan yang sifatnya ringan dan polos akan lebih mudah diterima oleh perut, tentunya dalam porsi kecil saja. Makanan-makanan tersebut contohnya kentang atau sereal.

Baca Juga: 7 Sayuran Rendah Karbohidrat yang Harus Mulai Dikonsumsi

4. Jangan buru-buru mengkonsumsi makanan padat ya!

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!eatdrinkpaleo.com.au

Di saat seperti ini, sangat tidak disarankan untuk memberikan makanan-makanan padat karena justru akan mengganggu pencernaanmu yang memang belum stabil. Beberapa makanan padat yang harus dihindari adalah nasi atau daging. Makanan dengan kandungan gula tinggi juga sangat tidak disarankan lho.

5. Sudah banyak yang tahu, keracunan makanan itu obatnya susu

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!verywellhealth.com

Susu sangat dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang mengalami keracunan makanan. Pasalnya, susu akan berfungsi sebagai penetralisir yang membantu mengeluarkan kandungan-kandungan racun dari dalam tubuh secara berkala. Namun, perlu diingat bahwa susu tidak boleh diberikan pada sesorang yang memiliki gangguan intoleransi laktosa.

6. Dalam porsi kecil, kamu juga bisa menyantap sayuran rebus

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!goodfood.com.au

Meski sedang dalam kondisi mual, kamu tetap harus mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Dengan cara ini, tubuh dapat memperoleh kembali nutrisi. Kamu hanya perlu merebus beberapa sayuran dengan sedikit bumbu dan minyak zaitun. Selain direbus, sayuran juga disajikan dengan cara dipanggang.

7. Ini yang paling ampuh. Saat keracunan, segera makan yogurt aja!

Keracunan Makanan? Jangan Panik Dulu, Segera Atasi dengan Cara Ini!www.seriouseats.com

Yogurt sangat disarankan bagi kamu yang mengalami gangguan pencernaan. Jenis makanan yang satu ini paling ampuh untuk mengatasi masalah keracunan makanan yang kamu alami.

Namun, jika ternyata gejala-gejala keracunan makanan terus berlanjut dan tidak membaik, sebaiknya segeralah menghubungi dokter atau petugas medis yang ahli dalam hal ini. Biasanya, dokter akan segera memberikan obat-obatan anti muntah guna mengatasi mual yang disebabkan karena keracunan makanan.

Selain itu, dokter mungkin juga akan memberikan obat diare dan obat demam sebagai langkah antisipasi lanjutan dalam kasus keracunan makanan. Diharapkan, pemberian obat anti muntah dan anti diare ini dapat segera menghentikan penderitaan pasien. Dan jika gejala keracunan tidak berhenti dan bahkan terus berlanjut, maka dokter akan memberikan cairan infus melalui intravena sebagai langkah terakhir.

Nah, lewat cara-cara di atas, semoga gejala keracunan makanan yang kamu alami cepat mereda.

Baca Juga: Miliki Rasa Masam Ekstrem, 6 Buah Khas Ini Punya Sejuta Khasiat Alami

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You