Comscore Tracker

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putih

Gak selamanya banyak minum air putih itu baik

Seringkali kita mendapat anjuran untuk banyak-banyak minum air putih setiap hari. Hal ini biasanya dianjurkan untuk menjaga cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Namun yang sering terabaikan, terlalu banyak minum air putih pun sebenarnya juga bisa memberi efek negatif bagi tubuh kita.

Berikut ini tanda-tanda mengejutkan yang dapat terlihat saat terlalu banyak minum air putih.

1. Warna urine menjadi bening

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putihhealthline.com

Seperti yang sudah banyak diketahui, warna urine dapat menjadi petunjuk kondisi kesehatan tubuh kita. Orang seringkali salah mengira kalau warna urine yang cenderung bening itu bagus. Padahal jika tubuh terhidrasi dengan baik, warna urine normalnya menjadi transparan kekuningan. Semakin bening warna urine, tandanya tubuh sedang mengalami over dehidrasi. Hal ini jika dibiarkan terus menerus justru akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

2. Merasa mual dan ingin muntah

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putihhellosehat.com

Kondisi over dehidrasi yang disebabkan oleh terlalu banyak minum air putih beresiko menyebabkan malfungsi ginjal. Hal ini akan membuat kerja ginjal jadi lebih berat hingga tidak bisa menghilangkan cairan dan air dalam tubuh. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan beberapa gejala seperti merasa mual, ingin muntah, dan jika berlanjut terus juga bisa menyebabkan diare.

3. Sering merasa pusing

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putihwomentalk.com

Terlalu banyak minum air putih juga bisa berakibat mengalami pusing yang intensitasnya jadi terlalu sering. Hal ini dikarenakan saat konsumsi air berlebihan, kandungan sodium atau garam dalam darah menjadi berkurang. Rendahnya sodium dalam darah akan menyebabkan sel pada organ tubuh, termasuk otak, akan membesar hingga bengkak. Kondisi ini menimbulkan sensasi berdenyut yang menyakitkan di kepala yang sering kita sebut pusing.

Baca Juga: 7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepat

4. Sering mengalami kram otot

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putihhellosehat.com

Saat kita berolahraga, aktivitas yang menimbulkan keringat keluar ini membuat kita harus banyak menggantinya dengan elektrolit yang sempat hilang. Salah satu caranya memang dengan minum. Namun, jika terlalu banyak minum air putih justru akan menurunkan kadar elektrolit dalam darah. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kram otot dan kejang.

5. Mudah merasa lelah

5 Tanda Mengejutkan Jika Terlalu Banyak Minum Air Putihhalodoc.com

Sering merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas berat bisa menjadi tanda kalau asupan air putih yang dikonsumsi tubuh sudah berlebihan. Ginjal sebagai organ yang bekerja menyaring air dan menjaga cairan dalam darah tetap stabil, jadi bekerja terlalu keras. Hal ini akan memberi reaksi negatif dimana ginjal akan mengeluarkan hormon yang membuat tubuh kita mudah merasa lelah.

Nah, itu tadi beberapa tanda mengejutkan yang terjadi pada tubuh saat kita terlalu banyak minum air putih. Konsumsilah air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh dengan baik demi menjaga kesehatan.

Baca Juga: 7 Cara Tetap Terhidrasi Selain Minum Air Putih, Ingin Mencoba?

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya