Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!

Biar timbangan gak ke kanan 

Sudah menjadi adat kebiasaan kalau perayaan hari raya Idulfitri kerap disambut dengan berbagai sajian lezat. Mulai dari kue kering khas Lebaran sampai sajian menu makanan berlemak, seperti opor dan rendang, seolah wajib jadi teman kumpul. Imbasnya, momen Lebaran justru membuat kita jadi lebih sering makan dan berisiko menaikkan berat badan.

Agar Lebaran kali ini gak bikin badan lebar-an, ada beberapa tips ampuh yang bisa coba, nih. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

1. Atur pola makan selama lebaran di rumah 

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!Ilustrasi wanita sedang makan (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Seringkali menu makanan yang dihidangkan memang sangat menggugah selera hingga tanpa sadar kita jadi pengin makan terus. Gak hanya menu ketupat dan opor yang selalu dinanti, deretan kue kering juga gak kalah memicu keinginan untuk ngemil. Kalau sudah begini, berat badan pun jadi berisiko kembali naik. 

Oleh karenanya, sangat penting untuk menerapkan aturan pola makan selama Lebaran. Batasi konsumsi ketupat dan lauk berlemak seperti opor atau olahan daging lainnya. Cukup makan 2 atau jika 3 kali dan beri aturan pembatasan porsi. Selain itu, penting juga untuk tidak makan dan ngemil di atas jam 7 malam.

2. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi 

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!Ilustrasi makanan (Unsplash.com/Lee Myungseong)

Gak cukup dengan waktu dan porsi makan, kita juga harus konsisten dengan aturan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan gula secara bersamaan. Jika sudah makan menu berlemak seperti opor atau rendang, tahan diri untuk menambah cemilan kue kering dan minuman manis. 

Bukan hanya itu, akan jauh lebih baik jika kita tetap mengonsumsi buah-buahan juga. Selain dapat menjadi cemilan kapan saja yang tinggi kandungan vitamin dan mineral, buah juga kaya akan serat yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

Baca Juga: 10 Meme Momen yang Sering Terjadi saat Lebaran, Bikin Ngakak Setuju

3. Jangan lupa untuk tetap minum air putih 

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!Ilustrasi minum air putih (Unsplash.com/quokkabottles)

Selain makanan tinggi lemak dan gula, Lebaran juga identik dengan berbagai jenis minuman manis. Rasa segar dari minuman manis memang gak ada duanya, terlebih jika diminum setelah mengonsumsi sajian khas lebaran. Sayangnya, kebiasaan ini justru membuat kita lupa pada kewajiban untuk memenuhi asupan air putih harian.

Agar Lebaran gak makin lebar, sebaiknya tetap jaga konsumsi air putih harian kita. Bukan hanya demi alasan kesehatan, air putih juga berperan penting menjaga tubuh agar tetap ideal. Tetap biasakan diri minum air putih sebelum makan juga akan memberi efek kenyang hingga dapat mengurangi porsi makanan yang akan dikonsumsi.

4. Atur pola tidur yang cukup

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!Ilustrasi sedang tidur (Unsplash.com/Damir Spanic)

Idealnya, kita membutuhkan tidur selama kurang lebih 8 jam sehari. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, pola tidur yang cukup juga akan mengurangi kecenderungan untuk ngemil makanan. Kebiasaan semacam inilah yang paling sering memicu kelebihan berat badan, apalagi saat Lebaran karena banyak tersedia camilan.

Selain itu, gak jarang juga orang memilih begadang untuk nonton film kesukaan hingga larut malam karena masih dalam suasana libur. Belum lagi jika ditambah kebiasaan nonton sambil ngemil, dijamin berat badan akan meningkat drastis selama libur Lebaran. Oleh karena itu, tidur yang cukup menjadi kunci dalam menjaga kesehatan dan berat tubuh.

5. Tetap rutin berolah raga

5 Tips Ampuh Cegah Badan Jadi Lebar-an selama Lebaran, Wajib Coba!Ilustrasi wanita berolahraga (Unsplash.com/Jonathan Borba)

Olahraga seringkali menjadi aktivitas yang terasa berat dalam suasana libur Lebaran, terlebih bagi orang yang memang tidak terbiasa. Padahal, banyak waktu luang selama di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya demi kesehatan, tetap berolahraga juga menjadi langkah penting sebagai program penurunan berat badan.

Kita bisa melakukan olah raga ringan seperti sit up, push up, plank atau yoga setiap pagi atau sore hari. Selain itu, banyak tutorial olahraga lainnya juga yang bisa kita ikuti dengan mudah. Setelah sudah terbiasa melakukan latihan tersebut, kita juga bisa variasikan dengan bersepeda atau jogging di sekitar rumah. Tentunyan dengan tetap taat prokes dan menghindari kerumunan.

Nah, itu tadi lima tips ampuh untuk mencegah badan jadi lebar-an selama Lebaran. Gak hanya berat badan jadi ideal, tubuh pun jadi makin sehat dan bugar.

Baca Juga: Lebaran di Rumah Aja Ternyata Bisa Bikin Irit Lho, Ini Sebabnya! 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya