Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Stres

banyak hal bisa menunjukkan tanda stres

Stres seringkali menghampiri kita dalam berbagai situasi. Baik tekanan sosial maupun psikologis dapat memicu datangnya stres. Bahkan hal-hal yang sering dianggap remeh dan diabaikan pun, saat sudah menumpuk akan bisa mendatangkan stres. Dalam merespon stres yang datang, otak kita memiliki semacam sinyal yang akan memberi tanda. Biasanya tanda-tanda ini akan terlihat secara fisik. Berikut ini adalah tanda yang mampu terbaca sebagai indikasi saat gejala stres datang.

1. Nafsu makan yang diluar kebiasaan normal

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Strespixabay/reidy68

Seringkali saat gejala stres datang, tubuh akah cepat merespon lewat nafsu makan. Bisa saja kita menjadi sering makan seolah ingin makan seisi dunia. Bukan hanya pada porsi, tapi juga pada segala jenis makanan. Namun di lain situasi, stres pun dapat melemahkan nafsu makan kita. Muncul perasaan enggan pada makanan seolah tubuh tidak merasakan lapar.

Beri tubuhmu makanan yang cukup dalam kadar gizi maupun porsi yang baik untuk memulihkan fisikmu. Atau konsumsi saja makanan pereda stres. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih fokus pada masalahmu dan penyelesaiannya.

2. Emosi yang tidak stabil

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Strespixabay/RyanMcGuire

Secara psikologis, stres akan mempengaruhi emosi secara signifikan. Dalam kondisi yang lemah, bisa saja stres membawa kesedihan dalam hingga ingin menangis seharian. Atau sebaliknya, labilnya emosi malah memicu rasa marah yang membabi buta.

Cobalah untuk lebih tenang dan berpikir logis. Terlalu larut dalam kesedihan atau menjadi marah pada semua hal tidak akan menyelesaikan masalahmu.

Baca Juga: Jangan Stres, 5 Manfaat yang dari Menganggur yang Jarang Kamu Sadari

3. Gatal di tubuh yang datang tanpa sebab medis

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Stresbibliotika.com

Gatal pun ternyata bisa disebabkan karena stres yang berlebihan. Jika mengalamo gangguan kulit yang bukan karena alergi atau sebab yang pasti, maka berhati-hatilah. Bisa jadi gatal ini datang dari pikiranmu yang terbebani banyak hal atau masalah.

Obat tidak akan banyak membantu. Mulailah sadari sumber beban pikiranmu, dan perlahan gangguan kulitmu pun akan membaik.

4. Gejala flu mulai menyerang tiba-tiba

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Strespixabay/4330009

Ketika masalah datang hingga memicu stres, tak jarang fisik juga akan melemah. Berbagai penyakit seolah cepat sekali menyerang dan menembus sistem imun dalam tubuh. Seringkali tubuh merespon dengan adanya gejala flu yang datang tiba-tiba. Kalau sudah seperti ini, sakit akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Maka mulailah sembuhkan sakit fisikmu dengan bantuan obat. Lalu lanjutkan pengobatan psikismu dengan meredam stres dan selesaikan masalah satu per satu.

5. Gangguan gigi tak jarang terjadi saat stres

Hati-hati, 5 Tanda Ini Mengindikasi Kamu Mengalami Gejala Streshellosehat.com

Bagi yang memiliki gangguan gigi, musim hujan seolah menjadi musuh besar. Dingin akan memicu ngilu gigi terutama pada bagian yang memang memiliki trauma. Namun, selain musim hujan ternyata stres karena beban pikiran juga mampu memicu gangguan gigi. Syaraf dalam otak seolah mengirim tanda pada syaraf di gigi hingga timbul rasa ngilu tiba-tiba.

Boleh saja menggunakan penghilang nyeri, tapi perlu juga diingat bahwa sumber utamanya harus disembuhkan. Atasi stresmu. Istirahatkan tubuhmu dulu agar bisa berpikir lebih jernih untuk mengatasi stresmu.

Selama kita hidup memang tidak akan bisa terhindar dari masalah. Dan selama itu pula stres bisa saja membayangi. Ikhlaskan masalah yang datang agar mengurangi gejala stres yang mungkin timbul. Dan selesaikan setiap permasalahan dengan kepala dingin dan pikiran yang tenang.

Baca Juga: Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stres

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You