Comscore Tracker

Lakukan 4 Hal Ini Jika Maag Kambuh Saat Sedang Berpuasa

Jangan buru-buru batalkan puasamu, ya

Maag seringkali dapat kambuh di waktu yang tidak bisa kita duga. Biasanya jika maag kambuh kita akan segera mengonsumsi obat untuk meredakan gejala maag yang muncul. Namun hal semacam ini tidak mungkin dilakukan jika kita sedang berpuasa.

Jika maag kambuh saat puasa, jangan buru-buru membatalkan puasa. Cobalah melakukan beberapa upaya dulu untuk mengatasi gejala maag tanpa minum atau makan. Apa saja? Yuk, simak.

1. Jika masih mampu, tahan rasa nyeri yang mulai muncul

Lakukan 4 Hal Ini Jika Maag Kambuh Saat Sedang Berpuasamedicalnewstoday.com

Gejala maag seringkali ditandai dengan mual, kembung, hingga datangnya rasa nyeri pada ulu hati. Semua ini diakibatkan oleh naiknya asam lambung yang biasanya karena pola makan yang tidak teratur.

Meski sebenarnya puasa dapat menyembuhkan maag, tapi terkadang nyeri sebagai tanda awal gejala maag bisa saja muncul tanpa kita duga. Jika masih mampu menahan rasa nyeri, cobalah untuk tetap berpuasa seperti biasa. Biasanya rasa nyeri perlahan akan berkurang dengan sendirinya.

 

2. Longgarkan pakaianmu

Lakukan 4 Hal Ini Jika Maag Kambuh Saat Sedang Berpuasashutterstock.com/9nong

Pakaian yang ketat akan membuat perutmu mendapat tekanan. Biasanya akan diawali dengan rasa mulas yang kemudian semakin lama bisa memberi tekanan pada lambung. Hal ini tanpa disadari akan memicu naiknya asam lambung hingga berakibat pada kambuhnya maag.

Jika maag mulai kambuh saat berpuasa, cobalah untuk melonggarkan pakaianmu agar tidak terlalu ketat hingga aliran darah menjadi lebih lancar.

 

Baca Juga: 5 Tips Puasa yang Nyaman Bagi Penderita Maag, Gak Perlu Khawatir Lagi

3. Tidur menyamping

Lakukan 4 Hal Ini Jika Maag Kambuh Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/Annie Spratt

Saat maag tiba-tiba kambuh, tidurlah dalam posisi menyamping ke kiri. Tidur miring ke kiri memberi pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan terutama untuk orang yang memiliki masalah pencernaan seperti maag.

Saat tidur miring ke kiri, gaya gravitasi akan menjaga isi perut tetap di dasar lambung. Hal ini juga akan membuat katup antara lambung dan jalur kerongkongan tertutup. Dengan menjaga posisi tidur, rasa nyeri yang timbul saat maag kambuh akan berkurang dan menghilang.

4. Redakan gejala stresmu

Lakukan 4 Hal Ini Jika Maag Kambuh Saat Sedang Berpuasaunsplash.com/Hanna Postova

Maag tidak hanya timbul karena pola makan yang kurang teratur. Seringkali maag juga bisa kambuh karena stres akibat beban pikiran. Bahkan saat sedang berpuasa, tak jarang kita tetap sulit menghindari stres.

Saat stres datang hingga membuat maag kambuh, cobalah untuk hentikan aktivitasmu sebentar dan ambil napas panjang dalam-dalam sampai 10 hitungan. Tahan sebentar lalu lepaskan dalam 10 hitungan lambat. Ulangi beberapa kali sampai merasa lebih tenang.

Selain cara ini, kita juga bisa menghilangkan stres dengan menonton film komedi, mendengarkan musik, atau bermeditasi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan jika maag kambuh saat sedang berpuasa. Aturlah pola makanmu saat berbuka dan sahur sebagai bentuk pencegahan maag.

 

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You