Comscore Tracker

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan

bukan hanya segar tapi juga kaya manfaat

Timun suri menjadi salah satu buah yang banyak dicari karena memang hanya ada saat Ramadan. Biasanya timun suri diolah sebagai takjil untuk dijadikan es timun suri.

Kesegaran timun suri memang dapat langsung melegakan dahaga yang muncul setelah sehari penuh berpuasa. Namun selain kesegarannya, ternyata timun suri memiliki banyak manfaat lain yang belum banyak diketahui.

Berikut ini beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah alzheimer

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/geralt

Salah satu kandungan dalam timun suri adalah vitamin K yang tergolong sangat tinggi.

Vitamin K sendiri selain bermanfaat untuk tulang dan persendian, ternyata juga dapat menjadi obat untuk mencegah kerusakan neuronal di otak. Hal ini sejalan dengan pencegahan untuk penyakit Alzheimer yang menyerang sistem saraf.

Dengan rutin mengonsumsi timun suri dalam takaran yang sesuai, dipercaya dapat mencegah Alzheimer.

2. Membantu sistem pencernaan

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanshutterstock.com/CHAjAMP

Keluhan yang sering muncul saat berpuasa salah satunya adalah kesulitan untuk BAB. Timun suri yang memang hanya muncul saat Ramadan ternyata bermanfaat dalam memperlancar BAB. Hal ini wajar saja, sebab kandungan serat dan air dalam timun suri memang sangat baik untuk membantu kerja sistem pencernaan.

3. Melancarkan proses detoksifikasi

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/silviarita

Kandungan air yang hampir 90% dalam timun suri akan menimbulkan efek diuretik. Hal ini bukan hanya memperlancar buang air kecil, tapi juga menetralkan dan membuang racun lewat urine. Jadi, jika kita rutin mengonsumsi timun suri maka proses detoksifikasi racun-racun dalam tubuh akan semakin mudah dan lancar.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan 

4. Menyehatkan rongga mulut

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/ivanovgood

Ketika mengunyah timun suri, produksi air liur akan meningkat. Dengan adanya peningkatan air liur, maka pH rongga mulut menjadi netral. Hal ini secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Terlebih jika kita mengalami gangguan gigi dan radang gusi, timun suri akan menjadi obat alami yang terbaik.

5. Mengontrol kolesterol

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/geraldoswald62

Seringkali rutinitas makan usai berpuasa membuat kita melahap berbagai macam makanan secara berlebih. Kebiasaan ini justru akan meningkatkan penumpukan kolesterol dalam darah.

Salah satu cara mengontrolnya adalah dengan mengonsumsi timun suri. Kandungan potasium, saponin, dan magnesium dalam timun suri akan menjaga kestabilan tekanan darah sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/taylorjamesphotos

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam timun suri dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan dalam timun suri juga mampu menjadi penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Dengan rutin mengonsumsi timun suri, sistem kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Menyehatkan kuku dan rambut

Hanya Ada Saat Ramadan, Ini 7 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatanpixabay.com/moshehar

Bagi yang sangat peduli dengan kesehatan kuku dan rambut, timun suri dapat menjadi salah satu jawabannya. Kandungan silica pada timun suri berperan aktif dalam upaya pencegahan kuku rusak atau pecah-pecah. Selain itu, timun suri juga bermanfaat dalam meningkatkan ketebalan rambut.

Meskipun begitu, jangan hanya mengandalkan timun suri untuk merawat kuku dan rambut, tetapi juga harus diimbangi dengan perawatan lain.

Nah, itu tadi beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh kita. Ternyata timun suri bukan hanya segar tapi juga kaya manfaat. So guys, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi timun suri, ya.

 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasa

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya