Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsing

#RamadanMasaKini Mudah dan gak ribet lho!

Biasanya saat menjalankan puasa, kita akan mengalami penurunan berat badan. Namun pada kenyataannya justru kita malah mendapati berat badan naik dengan cepat. Sebenarnya hal semacam ini wajar saja, sebab saat puasa kita lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. 

Fakta bahwa asupan yang manis memang akan membantu pemulihan tenaga usai puasa, tanpa disadari membuat kita mengonsumsi semua yang serba manis. Alhasil saat Ramadan berlalu, bukan berat badan jadi turun tapi malah naik. 

Demi menjaga berat badan agar tetap ideal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan selama menjalankan puasa. Apa saja? Yuk, simak.

1. Minum cukup air putih

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsingpexels.com/Daria Shevtsova

Menguatnya alasan untuk menjaga berat badan selama puasa agar tidak naik, bukan berarti kita hanya boleh minum air putih. Boleh saja kita tetap mengonsumsi minuman manis, hanya saja jaga porsinya. Ada baiknya gunakan gelas kecil ketika ingin minum manis dan tetap menjaga konsumsi air putih yang cukup. Usahakan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 2 gelas usai tarawih, dan 2 gelas lagi saat sahur. 

2. Hindari konsumsi makanan manis yang berlebih

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsingpexels.com/Julio Melanda

Bukan hanya minuman manis, berbagai makanan manis pun semakin banyak disiapkan sebagai menu pilihan berbuka dan sahur. Padahal terlalu banyak mengonsumsi makanan manis pun tidak berdampak baik untuk kesehatan. Selain memicu berat badan jadi cepat naik, ancaman diabetes pun mungkin saja akan datang. Ada baiknya kita berbuka dengan makanan manis yang alami, seperti kurma. Selain karena disunnahkan, kurma juga jauh lebih menyehatkan tubuh.

Baca Juga: 7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurang

3. Jangan terlalu banyak makan gorengan

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsingpexels.com/Gustav Lundborg

Takjil bertema goreng-gorengan sering menjadi menu pilihan yang sulit dihindari. Selain karena nikmat, mudahnya menemukan gorengam membuat kita tanpa sadar memilihnya untuk dikonsumsi. Sering berbuka puasa dengan menu goreng-gorengan sebenarnya justru membuat tubuh sulit mencerna. Selain itu, gorengan akan membuat kita jadi lebih cepat gendut terutama bagian perut yang akan mudah terlihat buncit. 

4. Atur waktu makan dengan baik

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsingpexels.com/Creative Vix

Saat waktu berbuka tiba, bukan berarti kita bisa seenaknya makan semua yang ada di meja. Pilihlah makanan ringan terlebih dulu untuk berbuka puasa seperti kurma dan minuman hangat. Tunggu beberapa saat jika ingin melanjutkan dengan makanan inti yang lebih berat. Jika lapar datang usai tarawih, boleh saja kita makan lagi. Akan tetapi setelah makan berilah jeda dan jangan langsung tidur. Begitu juga saat sahur, usahakan lakukan aktivitas dibanding melanjutkan tidurmu.

5. Konsumsi buah segar

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Puasa, Tetap Bisa Langsingpexels.com/rawpixel

Biasanya saat puasa, nafsu makan kita seperti meningkat seolah ingin selalu makan. Terlebih setelah tarawih, dengan alasan tenaga terkuras membuat kita ingin makan lagi dan lagi. Jika ingin tetap menjaga berat badan, lebih baik saat lapar di malam hari kita memilih buah untuk memenuhi keinginan makan tadi. Selain kaya serat dan vitamin, buah juga menjadi sumber asupan manis yang alami. Namun, meski lebih sehat, sebaiknya juga tidak lantas berlebihan dalam mengkonsumsi buah-buahan.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah untuk menjaga berat badan tetap ideal selama puasa. Bukan hanya kesehatan terjaga, tapi kita juga bisa tetap langsing.

Baca Juga: 7 Penyebab Naiknya Berat Badan setelah Menjalankan Ibadah Puasa

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You