Comscore Tracker

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!

Awas, nomor 5 dan 6 patut diwaspadai

Merasa lapar setelah tidak makan berjam-jam itu hal yang wajar. Lalu bagaimana bila lapar terus terusan padahal baru saja makan? Hati-hati, bisa jadi kamu punya masalah kesehatan yang serius. Dilansir dari berbagai sumber, perhatikan 10 penyebab rasa lapar yang tidak berhenti-berhenti di bawah ini menurut pada ahli!

1. Dehidrasi

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!watercanada.net

Air putih ternyata dapat membantu menahan lapar. Cairan yang diasup oleh tubuh akan secara otomatis mengatur otak untuk membuat rasa lapar berkurang. Sehingga ketika dalam keadaan kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa terasa lapar terus-terusan.

2. Bosan

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!naibuzz.com

Sebuah penelitian menemukan otak kanan akan terstimulasi mencari sesuatu yang dapat mengenyangkan tubuh jika tubuh tidak melakukan aktivitas. Maka sebaiknya jika sedang merasa bosan, sebisa mungkin cari kegiatan lain agar tidak terbayang-bayang makanan yang membuat lapar terus menerus.

3. Diet yang keliru

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!cms.qz.com

Keinginan menurunkan berat badan membuat sebagian orang membatasi asupannya asal-asalan. Mengonsumsi sedikit bahkan tidak sama sekali karbohidrat atau protein, padahal sangat dibutuhkan tubuh. Ini menyebabkan dilanda rasa lapar terus terusan karena tubuh kekurangan nutrisi penting.

4. Stres

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!dralexritza.com

Ketika perasaan terganggu, biasanya otak akan mengalihkan pikiran pada makanan untuk mencoba menyelesaikan kesedihan, stres, atau perasaan galau lainnya. Tidak sedikit juga orang yang memiliki hubungan emosional tersendiri terhadap makanan, sehingga setiap mengalami stres, ia terbiasa untuk makan yang banyak.

5. Diabetes

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!cdn1.medicalnewstoday.com

Sudah menjadi hal yang wajar bagi penderita diabetes jika merasa lapar yang tidak berhenti. Hal ini dikarenakan glukosa tidak dapat tersampaikan ke sel-sel tubuh, sehingga tubuh akan merasa lapar lagi dan lagi.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmiah Kenapa Orang Lapar Cenderung Emosian

6. Gula darah rendah

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!diabetessyndrome.com

Merasa lapar terus menerus memungkinkan kamu memiliki gula darah rendah. Hal ini biasanya terjadi pada penderita diabetes, hepatitis, gangguan ginjal, dan masalah dengan kelenjar adrenal.

7. Kurang tidur

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!dubaiamericansleepcenter.com

Ternyata kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, sehingga kita bisa merasa lapar terus terusan. Maka lebih baik tidur cukup dan teratur ya.

8. Udara dingin

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!classpass.com

Normalnya, ketika udara sedang dingin, tubuh cenderung ingin mengonsumsi lebih banyak kalori. Makanan yang dipilih akan lebih tinggi karbohidrat serta lemak. Sehingga ketika udara dingin, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, agar tidak terasa lapar terus menerus.

9. Hamil

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!medlifeweb.com

Lapar yang tidak berhenti-berhenti pasti dirasakan oleh yang sedang hamil muda. Pada masa itu janin sedang membutuhkan banyak nutrisi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Ini terjadi secara alami.

10. Melihat gambar makanan terus-terusan

Lapar Terus Menerus? 10 Kondisi Inilah yang Mungkin Sedang Kamu Alami!orders2.me

Melihat gambar makanan menjadi faktor besar penyebab lapar terus menerus. Sebuah studi pada Journal of Neuroscience menyatalam bahwa melihat gambar makanan yang terlihat lezat dan menggiurkan akan secara otomatis mengaktifkan saraf pusat di otak untuk mencari dan memakan makanan seperti gambar tersebut. 

Koreksi lagi, yang mana yang menjadi penyebab kamu lapar terus-terusan. Jika itu dikarenakan oleh masalah kesehatan yang serius, segera periksakan diri ke dokter dan segera lakukan penanganan.

Baca Juga: Ternyata Tubuhmu Bisa Menyalahartikan Rasa Haus Sebagai Lapar

Line IDN Times

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You