Comscore Tracker

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Luka

Demi kebaikanmu, jangan digaruk!

Gatal yang terasa di sekitar luka memang sangat mengganggu, tetapi itu adalah hal yang wajar. Biasanya gatal mulai dirasakan ketika luka mulai tertutup oleh kulit yang mengalami regenerasi. Kalau kamu tidak tahan, pasti kamu akan menggaruknya, kemudian luka itu terbuka kembali.

Bagaimana rasa gatal itu bisa terjadi? Apakah sebenarnya rasa gatal itu adalah pertanda luka yang akan sembuh? Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasan di bawah ini!

1. Tubuh mengeluarkan serotonin secara alami ketika merasa sakit

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Lukamedium.com

Serotonin adalah hormon yang membantu memperbaiki suasana hati. Tubuh akan mengeluarkan serotonin untuk mengurangi rasa nyeri yang kamu rasakan. Hormon ini juga memberikan rasa puas begitu kamu menggaruk. Jadi kamu akan semakin ingin menggaruk dan terus menggaruk.

2. Gatal juga terjadi karena luka mengalami peradangan

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Lukard.com

Luka bisa terasa gatal karena terjadinya peradangan akibat terkena zat asing, atau bahkan alergen (penyebab alergi). Gatal yang terjadi membuat kamu secara refleks menggaruknya. Memang, rasa gatal akan hilang seketika dan kamu merasa lega. Namun beberapa saat kemudian, luka itu akan terasa sakit.

Baca Juga: Batuk Tak Sembuh Lebih Dari 2 Minggu? Hati-hati Kena TBC

3. Akibat dari menggaruk luka sangat berbahaya

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Lukabuoyhealth.imgix.net

Sebisa mungkin, jangan garuk lukamu meskipun terasa gatal. Goresan yang ditimbulkan akibat menggaruk akan mengiritasi luka dan menyebabkan risiko infeksi yang tinggi. Jaringan yang tumbuh untuk menutup luka juga akan rusak. Pemulihan luka akan terjadi secara lambat.

4. Apakah rasa gatal di sekitar luka adalah pertanda luka akan sembuh?

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Lukahealth.com

Rasa gatal pada saat penyembuhan luka terjadi karena rangsangan fisik, kimia, atau regenerasi saraf. Rangsangan dapat berupa rangsangan mekanik, listrik, panas, atau histamin. Ini terjadi beriringan dengan pembentukan jaringan kolagen baru. Ketika regenerasi, kandungan dalam serat saraf yang tidak seimbang akan meningkatkan rasa gatal.

5. Bagaimana cara mengatasi rasa gatal tersebut?

5 Penyebab Ilmiah Rasa Gatal yang Sering Kamu Rasakan di Sekitar Lukamedstarhealth.org

Cara paling sederhana adalah menekan bagian luka dengan tangan yang bersih. Namun jika kamu tidak ingin mengambil risiko, kamu anda dapat menggunakan krim, obat antiradang (kortikosteroid topikal) yang dioles ke area gatal, interferon, asam retinoid topikal dan obat lainnya. Tentunya harus dengan saran dokter ya!

Itulah beberapa informasi yang bisa menjelaskan kenapa sering kali luka di tubuhmu, atau di area sekitarnya, terasa gatal. Pokoknya usahakan untuk tidak menggaruk lukamu sama sekali ya. Tahanlah dirimu, demi kebaikanmu sendiri.

Baca Juga: Mata Minus Sembuh dalam Seminggu? Apakah Benar Memungkinkan?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya