Comscore Tracker

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamu

Pertimbangkan betul, jangan asal cabut aja!

Rambut yang tumbuh di ketiak ini seringkali membuat sebagian orang, khususnya perempuan, merasa terganggu dan memilih untuk menghabisinya. Mencabut atau mencukur bulu ketiak seringkali dipilih sebagai cara untuk membuat ketiak mereka mulus agar penampilan semakin oke.

Semua orang memiliki bulu ketiak, namun tidak banyak yang mengetahui manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 peran penting bulu ketiak yang akan membuat kamu berpikir lagi apakah harus menghabisi atau mempertahankannya!

1. Sebagai pelindung kulit ketiak dari gesekan

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamuytimg.com

Seluruh rambut yang kita miliki, baik di hidung, kemaluan, atau di manapun, memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari gesekan. Begitupun rambut di ketiak ini. Gesekan-gesekan yang terjadi dari pergerakan tangan kita atau dari benda lain bisa saja mengakibatkan lecet apabila tidak adanya bulu ketiak.

2. Sebagai pelindung ketiak dari serangan bakteri dan kotoran

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamupinimg.com

Bulu ketiak yang kita miliki juga memiliki peran sebagai pelindung dari bakteri dan kotoran. Aktivitas yang kita lakukan di manapun memungkinkan bakteri dan kotoran yang apabila menempel pada kulit ketiak akan membuat bau ketiak semakin tidak sedap, karena area ketiak hampir selalu tertutup.

Kotoran akan mengendap di bulu ketiak. Terlebih ketika bulu ketiak dicabut, pori-pori yang terbuka memungkinkan bakteri dan kotoran masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga: Seberapa Lebat Bulu Jemjeman yang Aman dan Sehat? Ini Jawabannya!

3. Sebagai pelindung bagian ketiak dari zat-zat racun yang akan masuk dari luar tubuh

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamuimgur.com

Adanya bulu ketiak membuat zat-zat racun terhalang masuk ke tubuh. Mereka akan berhenti pada bulu ketiak dan akan hilang ketika kita mandi dengan bersih.

Bayangkan bila bulu itu kita cabut, pori-pori yang terbuka akan membuat zat-zat racun masuk ke tubuh, termasuk dari deodoran. Tidak adanya bulu ketiak juga bisa membuat kulit ketiak menjadi infeksi karena mengalami kontak langsung dengan deodoran.

4. Sebagai pelindung organ vital: payudara

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamupixel.nymag.com

Payudara merupakan organ penting yang harus dijaga oleh perempuan. Mempertahankan bulu ketiak bisa menjadi salah satu caranya. Ada kelenjar pada bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.

Sehingga ketika ada zat-zat asing yang masuk melalui ketiak tanpa dihentikan, akan menyebabkan gangguan terhadap payudara. Bahkan hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor kanker payudara.

5. Sebagai daya tarik tersendiri

Jangan Dicukur, Ini 5 Peran Penting Rambut Ketiak untuk Kesehatan Kamunarvii.com

Pada ketiak terdapat kelenjar aprokin. Kelenjar ini dipercaya berfungsi sebagai ‘feromon’ yang menarik calon pasangan. Kelenjar apokrin dan kelembapan pada bulu ketiak ini menimbulkan bau ketiak yang merupakan tanda bahwa seseorang sudah siap untuk bereproduksi.

Kamu juga perlu tahu bahwa berdasarkan penelitian, setiap orang memiliki bau ketiak yang berbeda satu sama lain. Ini kenapa bau ketiak seseorang bisa jadi begitu bau untuk beberapa orang, tapi disukai oleh beberapa orang lainnya.

Itulah peran bulu ketiak bagi tubuh dan kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang selama ini penasaran. Sekarang kamu sendiri yang menentukan, apakah kamu akan mempertahankan bulu ketiak atau menghabisinya.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak yang Aman dan Alami!

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya