Comscore Tracker

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakan

Sesegera mungkin, coba untuk stop

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, mungkin kamu salah satunya. Cemas, stres, melamun, adalah contoh keadaan seseorang yang biasanya menyebabkan dirinya secara refleks menggigit kuku.

Tidak hanya jorok, kebiasaan buruk ini bahkan berbahaya dan bisa berakibat fatal. Menurut para ahli, berikut ini 8 masalah kesehatan yang bisa kamu alami jika masih membiarkan menggigit kuku jadi kebiasaanmu.

1. Diare karena kontaminasi mikroba

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanhealthytravelblog.com

Kamu perlu tahu bahwa banyak sekali bakteri dan kuman berada di kukumu. Mereka dengan mudah berpindah ke kukumu melalui kontak dengan udara dan benda-benda lainnya. Bayangkan saja, dengan menggigit kuku, berapa banya kuman yang masuk ke mulutmu? Hiiii!!!!

Bakteri dan kuman yang masuk ke mulutmu akan masuk ke saluran pencernaan. Selanjutnya saluran pencernaan akan mengalami infeksi dan ujung-ujungnya kamu akan mengalami diare.

2. Infeksi paronychia

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanwsbuzz.com

Kebiasaan menggigit kuku hingga melukai daging di sekitar kuku akan membuat bakteri atau jamur masuk ke dalam. Jari akan mengalami pembengkakan, kemerahan, dan adanya penumpukan cairan atau nanah di bawah kuku. Inilah yang disebut infeksi paronychia. Infeksi ini dapat diobati dengan operasi serta obat antibiotik dan obat antijamur.

3. Meningkatkan risiko herpes

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakandezeen.com

Gejala herpethic withlow ini merupakan herpes yang biasanya terjadi di jari telunjuk. Infeksi yang menyebabkan rasa yang sangat sakit ini disebabkan oleh bakteri dari mulut.

4. Timbul jerawat di wajah

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanmiamiobgyns.com

Lho, apa hubungannya wajah dengan kuku? Jerawat bisa timbul di wajah jika usai menggigit kuku tanganmu bersentuhan dengan wajah. Bakteri dari mulut ditambah bakteri dari kuku bercampur di wajahmu dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kesalahan dalam Cuci Tangan Ini Bisa Berakibat Fatal Lho!

5. Memicu gejala periodontal gigi

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanbrstatic.com

Bakteri dari kuku yang masuk ke dalam mulut menyebabkan masalah berikutnya. Gejala periodontal merupakan infeksi bakteri kronis di sekitar gusi dan gigi. 

6. Merusak struktur gigi

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanthedailybeast.com

Menggigiti kuku ternyata juga bisa mengubah posisi gigi. Ini menyebabkan bentuk gigi menjadi aneh. 

7. Kuku tumbuh di dalam daging

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanshopify.com

Sering menggigit kuku menyebabkan salah satu lapisan kuku terganggu kerjanya. Kerja matriks terganggu, menyebabkan kuku bisa tumbuh di dalam daging.

8. Tertular virus menular seksual

8 Dampak Serius Kebiasaan Menggigit Kuku, Jangan Dibiasakanbiochain.com

Ini adalah masalah yang paling mengancam bagi yang gemar menggigit kuku. Kamu bisa terkena virus menular seksual atau virus HPV setelah melakukan hubungan seksual. Virus dari alat kelamin menyebar ke tangan, kemudian akan berpindah ke mulut. Dari mulut, virus akan menyebar ke seluruh tubuh.

Itulah bahayanya menggigit kuku, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Segera tinggalkan kebiasaan buruk itu dan carilah kebiasaan lain yang tidak membahayakan tubuhmu sendiri. Jika merasa sulit menghilangkannya, mintalah pertolongan kepada psikolog. Jangan biarkan tubuhmu terancam penyakit!

Baca Juga: Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya