Comscore Tracker

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!

Patut dicoba nih...

Semua orang juga tahu kalau olahraga itu penting. Masalahnya adalah kurangnya motivasi sehingga masih banyak orang yang tetap tidak mau melakukannya. Ada juga yang sudah melakukannya secara rutin namun berhenti di tengah jalan.

Nah, gimana sih menghadapi semangat yang kendor dalam berolahraga? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips dan trik yang dapat memotivasimu untuk mengencangkan kembali semangatmu.

1. Buat perencanaan dengan baik

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!infographicheaven.com

Olahraga dapat dijaga agar tetap rutin dengan perencanaan yang baik. Sederhana saja, malam hari sebelum tidur, siapkan pakaian olahraga untuk keesokan paginya. Pasang alarm juga agar kamu bisa bangun tepat waktu dan mulai latihan di rumah.

Apabila kamu tidak bisa tertib dengan cara ini, ikutilah olahraga dengan pelatih. Adanya pelatih dapat membuat kamu terdorong untuk lebih rajin dan tertib untuk berolahraga.

2. Mulai dengan olahraga yang sederhana saja

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!hearstapps.com

Biasakan untuk melakukan peregangan di tengah-tengah kesibukan agar tubuh tetap aktif bergerak dan otot-otot tidak kaku. Ciptakan rutinitas latihan ringan seperti berjalan kaki atau jogging. Jangan lakukan olahraga yang berat ketika tubuh sedang terasa lelah.

3. Buat tujuan atau target yang masuk akal

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!independent.co.uk

Buatlah target dari olahraga yang kamu lakukan. Pastikan apa yang ingin kamu capai tetapi tetap masuk akal. Jika kamu adalah pemula dalam melakukan olahraga, jangan mengharapkan pencapaian yang luar biasa, bisa-bisa kamu kewalahan.

Buatlah target sesuai kemampuanmu, misalnya berat badan turun 3 kg. Setelah tercapai, kamu akan memahami kemampuanmu dan buatlah target berikutnya.

4. Tingkatkan interval intensitas olahraga yang lebih tinggi

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!greatist.com

Setelah berhasil melakukan olahraga sederhana secara rutin, cobalah untuk melakukan olahraga dengan interval intensitas yang lebih tinggi. Tambahkan durasi dan variasi latihanmu, misalnya dari berjalan santai menjadi berjalan cepat.

Baca Juga: Jangan Lupa Pendinginan Setelah Berolahraga karena Ada 5 Manfaat Ini

5. Fokus terhadap diri sendiri

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!fitness.ru

Berjanjilah untuk fokus pada diri sendiri karena dalam proses mencapai target, besar kemungkinan kamu akan sedikit terhalang karena perasaan iri melihat orang lain yang lebih dulu mencapai target mendahuluimu.

Tubuh yang lebih bugar, gerakan yang lebih cepat, dan tubuh yang lebih fleksibel, akan membuat semangatmu ciut melakukan olahraga. Namun, jika kamu bisa fokus terhadap diri sendiri, targetmu pasti akan tercapai.

6. Pantau kemajuanmu

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!squarespace.com

Buatlah jurnal olahraga secara digital atau manual di buku catatan. Tulislah kegiatan olahragamu setiap saat dan pantau sendiri kemajuanmu. Tingkat kesulitan dan tingkat durasi yang tercatat akan membuatmu semakin ingin melanjutkan program olahragamu.

7. Coba olahraga jenis baru

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!health.com

Rutin olahraga yang itu-itu saja akan membuatmu bosan. Coba lakukan olahraga jenis lainnya yang mungkin menarik bagi kamu, misalnya panjat tebing, bersepeda di malam hari, dan sebagainya.

8. Beri hadiah pada diri sendiri

Jaga Semangat Olahragamu dengan 8 Trik Ini, Jangan Sampai Kendor!99centrazor.com

Untuk memotivasimu agar terus berolahraga, berilah penghargaan untuk dirimu sendiri setiap kali berhasil berolahraga secara rutin dalam periode tertentu. Penghargaan bisa berupa benda yang membuatmu senang, misalnya sepatu, album musik, baju, atau apapun yang kamu inginkan.

Nah, mulai sekarang lakukan trik-trik di atas ya. Dijamin deh semangatmu dalam berolahraga gak bakal kendor.

Baca Juga: Pengin Tubuh Berotot Atletis? Cobalah 7 Olahraga Fun Ala Atlet Ini!

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya