Comscore Tracker

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diare

Cocok banget buat dijadikan makanan ringan

Pohon gayam merupakan tanaman yang sering dijumpai di pekarangan dan dijadikan pohon peneduh karena tekstur daunnya yang tebal, lebar, dan rimbun. Namun dari tahun ke tahun,  pohon gayam semakin jarang dijumpai karena mayoritas masyarakat mulai mengembangkan pembibitan berbagai tanaman buah-buahan lainnya yang mereka anggap punya nilai ekonomi lebih tinggi.

Walau jumlah pohon gayam semakin sedikit, buahnya ternyata sangat berguna bagi kehidupan manusia seperti buah lain pada umumnya.

Berikut 5 manfaat buah gayam bagi kesehatan.

 

1. Mengobati sariawan dan penyakit lain yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diarepiah.com

Selama ini banyak orang yang mengira bahwa kandungan vitamin C yang tinggi terdapat pada buah-buahan yang rasanya asam. Namun faktanya tidak selalu begitu. Gayam ternyata termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Sebab itu, gayam bisa kamu jadikan obat untuk mengobati sariawan serta penyakit lainnya yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

2. Menjaga sistem imunitas tubuh

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diarepexels.com/bruce mars

Selain kandungan vitamin C, gayam juga kaya akan kandungan flavonoid yang fungsinya sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi tubuh dari beragam serangan penyakit dan kekebalan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Akan Manfaat

3. Memperlancar buang air besar

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diarevnmedbook.com

Manfaat lain dari gayam adalah mampu membantu orang yang mengalami sembelit agar bisa lancar buang air besar karena buah ini mengandung serat yang tinggi.

4. Menjaga kesehatan usus

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diareindianexpress.com

Gayam mampu menjaga kesehatan usus karena mengandung saponin yang berfungsi sebagai pembersih racun yang berada di saluran pencernaan serta usus besar.

Gayam juga mengandung unsur senyawa berupa zat kimia tanin yang berfungsi untuk mempercepat proses usus dalam menyerap sari makanan serta terhindar dari terjadinya pembusukan sebelum sari makanan diproses yang disebabkan oleh gangguan mikroba lain.

5. Mengatasi diare

5 Manfaat Gayam bagi Kesehatan, Mengobati Sariawan hingga Diareklikdokter.com

Di samping buah gayam yang memiliki banyak manfaat, daunnya pun berfungsi untuk mengobati diare secara alami.

Caranya, siapkan terlebih dahulu 25 gram daun gayam, kemudian cuci hingga bersih lalu potong menjadi kecil-kecil dan rebus bersama 2 gelas air setelah itu tunggu hingga mendidih. Kemudian saring dan minumlah secara teratur tiap hari ketika pagi dan sore hingga kondisi tubuh membaik.

Itulah 5 manfaat buah gayam bagi kesehatan. Jika kamu ingin menikmatinya dan menjadikannya makanan ringan, kamu bisa mengukusnya atau mengolahnya menjadi keripik.

Baca Juga: 7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akar

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You