Comscore Tracker

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lho

Coba tebak, otot mana di tubuhmu yang paling kuat?

Otot adalah bagian tak terpisahkan dari tubuh manusia. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas karena memiliki otot. Mulai dari mengangkat benda berat hingga mengedipkan mata, semua itu dimungkinkan karena adanya otot. Tanpa otot, kita gak akan bisa melakukan apa-apa, bahkan gak bisa bertahan hidup.

Selain sangat penting, otot juga punya sejumlah fakta menarik lho. Mau tahu? Yuk baca ulasan 5 faktanya di bawah ini.

1. Otot terdapat di seluruh tubuh kita

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lhovideoblocks.com

Ada lebih dari 600 otot di tubuh kita, dengan ukuran dan fungsinya masing-masing. Yang jelas terlihat misalnya adalah otot-otot di tangan dan kaki kita. Tapi ada banyak pula otot yang terdapat di bagian dalam tubuh, termasuk otot di jantung, paru-paru, dan organ pencernaan.

Otot terbesar yang manusia miliki adalah otot gluteus maximus, yang terdapat di bokong dan berfungsi untuk membantu kita berdiri tegak. Sementara otot terkecil terdapat di dalam telinga, yaitu otot yang terhubung dengan gendang telinga kita.

Otot yang bekerja paling keras tentu adalah otot jantung. Tapi otot mata kita pun gak kalah sibuknya, karena harus melakukan 100 ribu gerakan dalam sehari. Bagaimana dengan otot terkuat? Ternyata bukan otot tangan atau kaki lho, melainkan otot rahang, yang bisa mengerahkan tekanan hingga 200 PSI.

2. Gak semua otot digerakkan oleh otak

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lhopikde.com

Ada 3 macam otot di tubuh kita: otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Ketiganya berbeda secara struktur dan fungsi.

Otot lurik adalah otot yang kita gerakkan secara sadar dengan perintah dari otak. Otot lurik menempel pada rangka, maka disebut juga otot rangka. Itu termasuk otot-otot di tangan dan kakimu. Otot ini bisa mengalami kelelahan jika dipakai terus menerus.

Otot polos adalah otot yang terdapat di paru-paru, lambung, pembuluh darah, dan seluruh bagian dalam tubuh kita. Otot polos bekerja secara otonom, artinya mereka bekerja tanpa perintah dari otak. Tentu repot sekali kan kalau untuk bernapas kita harus terus-terusan memerintahkan otot paru-paru untuk bekerja?

Otot jantung adalah otot yang terdapat di jantung. Sama seperti otot polos, otot jantung juga bekerja tanpa diperintah otak. Lalu apa bedanya? Otot polos gak selalu bekerja, tapi otot jantung terus-menerus bekerja tanpa istirahat. Perbedaan lain adalah struktur otot jantung justru lebih mirip otot lurik daripada otot polos.

3. Pegal pada otot disebabkan oleh penumpukan asam laktat

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lhomensjournal.com

Tadi sudah disebutkan bahwa otot lurik bisa kelelahan jika dipakai terus menerus, atau biasa disebut pegal. Apa penyebabnya? Saat melakukan aktivitas, otot kita mengubah glikogen alias gula otot menjadi energi. Proses ini memberi kita tenaga, tapi juga menghasilkan zat sisa yang disebut asam laktat.

Jika terus tertimbun di otot, asam laktat akan membuat kita merasakan pegal. Tapi tidak sulit untuk membuang zat sisa ini, cukup dengan melakukan gerakan dan peregangan ringan. Itulah mengapa setelah melakukan aktivitas berat tidak dianjurkan langsung duduk atau berbaring, tapi lakukanlah pendinginan supaya asam laktat di otot bisa dibersihkan.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Putih Telur, Bantu Jaga Pertumbuhan Otot! 

4. Otot punya memori tersendiri

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lhoguitarplayer.com

Bukan cuma otak, otot kita pun bisa punya "ingatan" sendiri lho. Sebagai contoh, seorang gitaris handal bisa menggerakan jari-jari tangannya untuk memainkan sebuah lagu yang rumit tanpa perlu berpikir lagi. Itu karena jari-jarinya sudah terlatih selama bertahun-tahun.

Tapi hal itu juga berarti bahwa kebiasaan buruk yang sudah dilakukan otot kita selama bertahun-tahun akan sulit dihilangkan, karena memori otot kita sudah terprogram untuk melakukan hal itu. Misalnya jika kamu punya kebiasaan berdiri yang kurang tegak, akan sulit untuk melatih ototmu untuk punya kebiasaan baru yaitu berdiri tegak.

5. Gerakan otot menghangatkan suhu tubuh kita

5 Fakta Ilmiah Otot Manusia, Punya Memori Sendiri Lhothehindu.com

Otot berperan penting dalam membuat suhu tubuh kita tetap hangat. Sekitar 85 persen dari panas yang dihasilkan tubuh kita berasal dari gerakan otot, termasuk otot polos dan jantung. Itulah kenapa berolahraga akan membuat badan kita terasa panas, dan sebaliknya beristirahat akan membuat suhu badan kita menurun.

Saat berada di tempat dingin, pernahkah kamu merasakan tubuhmu menggigil? Itu adalah mekanisme tubuh untuk menghangatkan diri, dengan cara menggerakkan otot-otot tubuh kita secara otomatis. Jadi jika kamu merasa kedinginan, lakukanlah gerak badan maka tubuhmu akan merasa lebih hangat.

Itulah 5 fakta tentang otot manusia yang perlu kamu tahu. Ternyata selain memegang peran penting, otot juga punya fakta-fakta yang unik bukan? Maka pastikan kamu selalu menjaga dan merawat kesehatan seluruh ototmu ya.

Baca Juga: 5 Fakta Whey Protein, Protein Terbaik untuk Tingkatkan Massa Otot

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya