Comscore Tracker

5 Bahaya Kentang Goreng Bagi Tubuh, Duh Padahal Favorit!

Bener gak sih bisa menyebabkan kanker?

French fries alias kentang goreng adalah makanan sejuta umat. Hampir semua orang di berbagai belahan dunia menyukai makanan yang sering dijual di gerai fast food ini. Mungkin kamu sendiri sangat suka makan kentang goreng. Rasanya yang enak dan gurih memang membuat ketagihan ya!

Tapi kamu mungkin pernah mendengar bahwa makan kentang goreng sebenarnya tidak baik bagi tubuh. Memang apa, sih bahayanya? Yuk, cek 5 fakta berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Bisa menyebabkan kegemukan

5 Bahaya Kentang Goreng Bagi Tubuh, Duh Padahal Favorit!israel21c.org

Yang pertama tentu saja adalah risiko kegemukan, yang diakibatkan oleh lemak yang terkandung dalam kentang goreng. Lemak memang ada yang bermanfaat bagi tubuh, tapi sayangnya jenis lemak pada kentang goreng adalah lemak jenuh dan lemak trans yang berbahaya bagi tubuh.

Tapi kalau sedikit bukannya gak apa-apa? Nah, masalahnya adalah rasa kentang goreng yang nikmat biasanya akan membuat kita mengonsumsinya secara berlebihan. Akhirnya lemak jahat pun menumpuk dan bisa membuat kita kegemukan, dan bisa berujung pada penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Kamu gak mau kan itu terjadi?

2. Meningkatkan resiko diabetes

5 Bahaya Kentang Goreng Bagi Tubuh, Duh Padahal Favorit!theconversation.com

Diabetes bisa terjadi akibat kenaikan gula darah yang terlalu tinggi akibat karbohidrat yang kita makan. Memang karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh, tapi mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan bisa membuat kadar gula darah kita melonjak. Dan sekali lagi, sulit menahan diri untuk gak mengonsumsi kentang goreng secara berlebihan bukan?

Baca Juga: Terlihat Sehat, Tapi Ini 5 Bahaya yang Mengintai Diet Bebas Gluten

3. Bisa menyebabkan hipertensi

5 Bahaya Kentang Goreng Bagi Tubuh, Duh Padahal Favorit!pbs.org

Hipertensi alias tekanan darah tinggi juga bisa terjadi akibat makan terlalu banyak kentang goreng. Kenapa? Hipertensi bisa timbul jika kita mengonsumsi terlalu banyak garam. Nah, kentang goreng yang kita makan biasanya ditaburi bumbu dan garam supaya tambah nikmat bukan?

Tekanan darah tinggi ini kemudian bisa berujung pada penyakit lain yang jauh lebih fatal, misalnya gagal ginjal dan stroke. Maka jika kamu ingin makan kentang goreng, lebih baik kamu menggorengnya sendiri dan gak menambahkan terlalu banyak bumbu atau garam ya.

4. Bisa menimbulkan kanker

5 Bahaya Kentang Goreng Bagi Tubuh, Duh Padahal Favorit!unsplash/Louis Hansel

Ternyata bahaya makan kentang goreng lebih besar dari yang mungkin kamu kira lho. Ya, kentang goreng bisa meningkatkan risiko kanker. Kenapa karena kentang goreng mengandung karsinogen alias zat penyebab kanker bernama akrilamida. Dilansir dari cancer.org, akrilamida terdapat pada rokok, jadi kamu pasti bisa membayangkan betapa berbahayanya zat ini.

Kenapa akrilamida bisa terdapat pada kentang goreng? Karena akrilamida memang bisa terbentuk saat makanan berkarbohidrat digoreng dalam suhu yang sangat panas. Kentang goreng dan keripik kentang adalah contoh makanan seperti itu. Maka batasi konsumsi keduanya jika kamu tidak ingin terkena kanker ya.

Nah, itulah 4 bahaya yang bisa timbul jika kita makan terlalu banyak kentang goreng. Kamu masih boleh makan kentang goreng, tapi jangan sering-sering ya. Dan usahakan untuk menggorengnya sendiri, supaya kamu bisa membuatnya dengan cara yang sehat dan mengatur kadar yang pas dalam mengonsumsinya.

Baca Juga: Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McD

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You