Comscore Tracker

4 Fakta Vitamin K, Sering Diabaikan Tapi Penting

Manfaatnya gak sekadar untuk membekukan darah

Vitamin adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu menjalankan berbagai fungsi yang penting. Ada 13 vitamin yang manusia butuhkan, yaitu vitamin A, 8 macam vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Dari ke-13 vitamin tersebut, mungkin yang paling jarang terdengar olehmu adalah vitamin K. Vitamin ini memang jarang disebut-sebut karena beberapa alasan, tapi bukan berarti tidak penting. Apa fungsi vitamin K, dan mengapa vitamin ini seolah sering dianggap remeh? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca 4 fakta tentang vitamin K berikut ini.

1. Ada 3 bentuk vitamin K

4 Fakta Vitamin K, Sering Diabaikan Tapi Pentingzeenews.com

Sama seperti vitamin B yang tidak hanya terdiri dari satu macam vitamin, vitamin K pun tidak hanya memiliki satu bentuk. Ada 3 bentuk vitamin K, yaitu vitamin K1, K2, dan K3, dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Vitamin K1 memiliki nama lain filokuinon atau fitomenadion. Vitamin K1 adalah bentuk yang paling terkenal dari vitamin K, yang fungsinya adalah untuk membantu proses pembekuan darah. Nama vitamin K sendiri sebenarnya berasal dari kata koagulation, kata dalam bahasa Jerman yang berarti penggumpalan atau pembekuan cairan.

Vitamin K2 atau menakuinon punya fungsi yang berbeda, yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung. Sementara vitamin K3 atau menadion adalah vitamin sintetis buatan manusia yang ternyata justru harus dihindari, karena mengganggu antioksidan alami tubuh.

2. Punya banyak manfaat bagi tubuh

4 Fakta Vitamin K, Sering Diabaikan Tapi Pentingsanaview.com

Selama ini mungkin kita hanya mengenal vitamin K sebagai vitamin yang berguna untuk membantu pembekuan darah. Namun seperti dibahas di poin pertama, itu bukan satu-satunya fungsi vitamin K.

Vitamin K2 dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan protein bernama osteokalsin, yang fungsinya adalah mengarahkan kalsium langsung ke tulang dan gigi. Maka kekurangan vitamin K2 bisa meningkatkan risiko osteoporosis dan kerusakan gigi.

Selain itu, vitamin K2 juga berperan untuk menyingkirkan kalsium dari pembuluh darah. Hal itu sangat penting karena kalsium yang mengeras bisa menyebabkan aliran darah dalam pembuluh terhambat, dan pada akhirnya menyebabkan gangguan pada jantung. Artinya kekurangan vitamin K2 juga bisa berujung pada penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Berkenalan dengan 8 Jenis Vitamin B, Vitamin Penting untuk Tubuh

3. Bisa dibuat oleh tubuh

4 Fakta Vitamin K, Sering Diabaikan Tapi Pentingparents.com

Inilah alasan mengapa vitamin K cukup jarang disebut-sebut, yaitu karena vitamin K ternyata bisa diproduksi langsung oleh bakteri yang hidup di usus kita. Selain itu vitamin K pun bisa diperoleh dengan mudah dari makanan.

Makanan yang mengandung vitamin K1 adalah sayuran hijau, sedangkan vitamin K2 bisa didapat dari makanan hasil fermentasi, misalnya keju dan yogurt. Semuanya adalah jenis makanan yang mudah didapat, dan ditambah lagi tubuh kita pun memproduksinya sendiri. Karena itulah, kasus kekurangan vitamin K sangat jarang terjadi.

Namun ada satu pengecualian. Bayi yang baru lahir memiliki sangat sedikit vitamin K, dan itu bisa berarti fatal bagi mereka jika sampai mengalami luka pendarahan. Karena itulah bayi yang baru lahir biasanya akan diberikan asupan vitamin K untuk mencegah risiko tersebut.

4. Manfaatnya paling maksimal jika dibarengi lemak

4 Fakta Vitamin K, Sering Diabaikan Tapi Pentingtoday.com

Dari 13 jenis vitamin yang ada, 9 di antaranya larut dalam air dan sisanya larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E dan K. Karena itu, manfaat vitamin K akan terasa paling maksimal bagi tubuh jika kita juga rajin mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya alpukat, telur, ikan, dan keju.

Itulah 4 fakta tentang vitamin K yang perlu kita tahu. Ternyata meski kurang terkenal dibanding vitamin-vitamin yang lain, vitamin K pun memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita. Maka pastikanlah dirimu mendapat manfaat terbaik dari vitamin ini supaya bisa tetap sehat.

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Kamu Alami Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You