Comscore Tracker

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Salah satunya jangan terlalu sering berhubungan seks

Pasangan pria dan wanita yang telah menikah umumnya ingin memiliki anak. Namun, peruntungan setiap orang memang bisa berbeda-beda. Beberapa pasangan langsung mendapatkan anak hanya dengan beberapa kali mencoba. Yang lain harus mencoba bertahun-tahun sebelum akhirnya mendapatkan buah hati pertama mereka.

Apa yang bisa menyebabkan seorang wanita sulit hamil? Ada banyak sebab yang umum, seperti misalnya stres, kebiasaan merokok, usia, pemilihan waktu berhubungan seks yang tidak tepat, dan lain-lain. Namun tahukah kamu bahwa ada berbagai faktor lain yang bisa turut mengurangi peluang mendapatkan anak?

Beberapa faktor bahkan terdengar agak aneh dan mungkin tidak disangka. Seperti misalnya 5 faktor berikut ini. Check them out, girls!

1. Bergolongan darah O

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamilpexels/Christina Morillo

"Loh, apa hubungannya golongan darah dengan kesulitan hamil?" kamu mungkin bertanya. Tenang, pengaruhnya memang tidak terlalu besar kok. Tapi ketahuilah bahwa sebuah studi di fakultas kesehatan Universitas Yale di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita bergolongan darah O cenderung memiliki produksi sel telur yang lebih rendah.

Tapi golongan darah bukanlah faktor utama yang menyebabkan seorang wanita bisa sulit hamil, melainkan hanya sebagai peringatan. Artinya, seorang wanita yang bergolongan darah O perlu lebih menjaga diri dari stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Selama hal itu dilakukan, maka golongan darah tidak akan terlalu berpengaruh.

2. Kurang banyak terkena sinar matahari

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamilpexels/Miguel Arcanjo Saddi

Vitamin D disintesis oleh tubuh kita dengan bantuan sinar matahari. Maka tanpa cukup sinar matahari, tentu tubuh kita akan kekurangan kadar vitamin D. Dan bagi wanita yang mendambakan anak, hal itu akan berdampak negatif.

Sebabnya adalah vitamin D berperan dalam menstimulasi dan menyeimbangkan produksi hormon-hormon seksual. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan kadar hormon FSH pada wanita terlalu tinggi dan hal itu turut menyebabkan pembuahan sulit terjadi. Jadi girls, kalau mau cepat punya anak, jangan terlalu takut terkena sinar matahari pagi yang menyehatkan ya.

Baca Juga: 8 Penyebab Telat Haid yang Wajib Wanita Ketahui, Bukan Hamil!

3. Terlalu keras berolahraga

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamilpexels/The Lazy Artist Gallery

Ketika seorang wanita hamil, tidak dianjurkan untuk berolahraga terlalu keras atau intens. Kamu tentu tahu itu. Tapi ternyata bukan cuma setelah hamil, sebelum hamil pun olah tubuh yang berlebihan perlu dihindari demi memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Hal itu didasarkan pada hasil sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang menghabiskan waktu 5 jam per minggu di gym butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil. Tapi bukan berarti olahraga tidak penting ya karena gerak badan dengan intensitas sedang justru bisa meningkatkan kesuburan. Jadi, tetaplah berolahraga tapi jangan terlalu keras ya.

4. Terlalu banyak berhubungan seks

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamilpexels/rawpixel

Karena sangat ingin segera mendapatkan anak, sepasang suami istri mungkin melakukan hubungan seks sesering mungkin. Logikanya, semakin sering berhubungan, semakin besar peluang untuk hamil. Tapi ternyata, pemikiran seperti itu tidak tepat.

Sering berhubungan seks bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Seperti misalnya kelelahan, pusing, bahkan pingsan. Dan ketika jendela kesuburan istri benar-benar tengah terbuka, suami atau istri bisa jadi sudah terlalu lelah. Akhirnya peluang kehamilan pun terlewatkan. Jadi, lakukan hubungan seks dengan frekuensi yang normal saja.

5. Suami mengalami obesitas

Gak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamilhindustantimes.com

Obesitas atau kegemukan telah lama diketahui bisa jadi penyebab wanita sulit hamil. Tapi bukan cuma istri, berat badan sang suami pun ternyata sama pentingnya lho. Pria yang mengalami obesitas juga bisa jadi biang kerok susahnya pasangan memiliki anak.

Hal itu karena pada pria obesitas, kualitas sperma menjadi kurang baik. Selain itu, berat badan berlebih pun bisa menimbulkan masalah pada ereksi sehingga mempersulit hubungan seks. Jadi supaya bisa cepat hamil, pastikan kamu dan pasangan memiliki berat badan ideal ya.

Nah, itulah 5 alasan mengejutkan mengapa seorang wanita bisa sulit hamil. Ternyata ada banyak faktor yang gak disangka ya. Namun kesimpulannya jelas bahwa pihak istri maupun suami harus menjalankan pola hidup sehat. Dengan demikian si buah hati yang ditunggu-tunggu pun bisa segera tiba!

Baca Juga: 20 Hal yang Pria Tak Tahu tentang Tubuh Wanita, Pahamilah Keunikannya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You