Comscore Tracker

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik 

Mereka juga mengandung banyak vitamin dan mineral 

Protein adalah salah satu zat gizi utama yang dibutuhkan tubuh kita. Fungsi utama protein adalah untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Maka protein khususnya dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tapi orang dewasa pun butuh protein supaya bisa tetap sehat.

Makanan sumber protein yang paling dikenal biasanya adalah berbagai macam daging, susu, telur, serta kacang-kacangan. Tapi tentu bukan hanya bahan-bahan itu yang kaya protein. Berikut ini ada enam bahan makanan yang tanpa disangka ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

1. Bayam 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik supplementrelief.com

Bayam biasanya dikenal sebagai sayuran yang kaya zat besi. Tapi sayuran hijau ini juga punya banyak kandungan gizi lain, misalnya protein. Laman Medical News Today menyebut bahwa 100 gram bayam mengandung 2,9 gram protein. Sebagai informasi, kebutuhan protein pria dewasa per hari sekitar 56 gram sedangkan wanita dewasa 46 gram.

Kandungan 2,9 gram protein mungkin terdengar sedikit jika dibandingkan dengan sumber protein hewani. Tapi ingat bahwa bayam adalah makanan yang rendah kalori. Maka kita bisa mengonsumsi bayam dalam jumlah yang cukup banyak tanpa khawatir soal risiko kegemukan. Plus, bayam juga banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Brokoli 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik goodhousekeeping.com

Brokoli adalah sayuran hijau lain yang bisa jadi sumber protein yang bagus. Kandungan protein dalam 100 gram brokoli adalah 2,8 gram, hanya selisih sedikit dengan bayam. Sementara soal khasiat lain brokoli gak perlu ditanya lagi karena brokoli adalah salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin dan antioksidan.

Selain itu, brokoli juga lebih mudah dikonsumsi karena tidak harus dimasak dahulu. Malah, laman Eating Well menyebut bahwa brokoli mentah lebih bernutrisi bagi tubuh. Tapi kalau kamu gak suka makan brokoli mentah, langkah terbaik adalah memasaknya tidak terlalu lama hingga brokoli masih renyah dan lebih bernutrisi.

3. Kubis brussel 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik thespruceeats.com

Kubis brussel alias brussel sprout punya kandungan protein yang lebih banyak dibanding bayam dan brokoli, yaitu 3,4 gram protein per 100 gramnya. Sayuran ini juga kaya vitamin C, K, serta B6. Satu-satunya kekurangan dari sayuran ini mungkin adalah mereka masih belum banyak dikenal di Indonesia, sehingga mungkin kamu harus berupaya ekstra untuk mencarinya.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

4. Alpukat 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik grist.org

Tak hanya sayuran, buah pun ada lho yang bisa jadi sumber protein yang baik. Misalnya alpukat, yang disebut laman Healthline mengandung 2 gram protein setiap 100 gramnya. Berat rata-rata alpukat berukuran sedang adalah 300-500 gram, maka kamu bisa mendapat asupan 6-10 gram protein per buah alpukat yang kamu makan.

Dan tentu gak hanya protein, alpukat juga memiliki banyak kandungan yang menyehatkan, terutama lemak baik yang tidak membuat gemuk. Malah, mengonsumsi alpukat justru bisa membantu mengurangi berat badan karena mengandung banyak kalori dan membuat cepat kenyang. Plus, siapa yang bisa menolak rasa alpukat yang lezat?

5. Jambu biji 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik healthline.com

Selain alpukat, ada jambu biji sebagai buah yang mengandung banyak protein. Laman My Food Data bahkan menyebut buah ini sebagai buah dengan kandungan protein tertinggi, yaitu 2,6 gram protein per 100 gram. Selain itu, jambu biji juga salah satu buah yang paling kaya vitamin C. Kandungan serat dan kalium pada buah ini juga sangat penting bagi kesehatan kita.

6. Rumput laut 

Tak Disangka, 6 Makanan Ini Ternyata Sumber Protein yang Baik koreabizwire.com

Dan inilah juaranya dalam hal kandungan protein jika dibandingkan dengan kelima bahan makanan sebelumnya. Rumput laut ada beberapa jenis, dan salah satu yang populer di Indonesia adalah rumput laut laver yang berbentuk lembaran kering.

Laman Eat This Much menyebut bahwa 10 lembaran laver dengan berat sekitar 26 gram mengandung 1,5 gram protein. Artinya, 100 gram rumput laut laver mengandung sekitar 6 gram protein. Asiknya, rumput laut jenis ini juga bisa langsung dikonsumsi sebagai cemilan. Apakah kamu suka ngemil rumput laut?

Itulah enam jenis bahan makanan yang tanpa disangka ternyata bisa jadi sumber protein yang baik. Memang kandungan proteinnya gak sebanyak daging, telur, atau kacang-kacangan. Tapi mereka juga memiliki kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan yang baik buat tubuh. So, gak usah ragu untuk mengonsumsinya!

Baca Juga: Gak Cuma Enak, 5 Makanan Ini Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan Gigi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya