Comscore Tracker

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat 

Biar sehat luar dalam 

Terkadang kamu dan yang lainnya hanya fokus pada kesehatan fisik semata, hingga mengabaikan betapa pentingnya kesehatan mental. Kamu rutin melakukan medical check up, tapi tak pernah sekalipun konsultasi ke psikiater.

Dan kesalahan yang seringkali kamu buat saat stres atau beban mental menimpamu, adalah dengan membiarkannya begitu saja. Jika sudah sampai pada tahap seperti ini atau lebih parah lagi, kamu harus segera mungkin menghubungi psikiater.

Dilansir dari GOODNET dan Neurocore Centers Berikut, 9 kebiasaan ini bisa kamu lakukan agar kesehatan mentalmu makin kuat.

1. Cintai diri sendiri 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/Andrea Piacquadio

Daripada menjejali pikiranmu dengan berbagai hal negatif dan beban pikiran yang sebenarnya tak perlu, lebih baik kamu melakukan hobi atau hal lain yang bisa membuatmu bahagia.

Yuk, mulai sekarang lebih cintai dirimu lebih dalam lagi, perlakukan dirimu dengan istimewa. Maafkan kesalahanmu di masa lalu, terima segala kekuranganmu, hilangkan semua kecemasan yang ada.

Setiap pagi sebelum kamu berangkat kantor atau sekolah, tersenyumlah pada cermin. Katakanlah, “Aku sangat bahagia”. Terdengar sederhana mungkin, tapi kebiasaan ini bisa sebagai langkah awal bagimu untuk melakukan perubahan besar.

2. Menjalin hubungan sosial dengan baik

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/VisionPic .net

Tak bisa dimungkiri kamu membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. Agar cirimu sebagai mahluk sosial masih berfungsi dengan baik, ciptakanlah komunikasi yang baik, entah itu dengan keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

Saat masalah menimpamu jangan ragu untuk menceritakannya kepada orang yang kamu percayai, mungkin beban yang kamu rasakan akan sedikit berkurang. Dengarkan juga nasihat dan saran jujur dari teman-temanmu.

Berada di lingkungan yang mendukungmu juga dapat membantumu mengatasi stres dan menjaga kesehatan mentalmu.

3. Rajin berolahraga 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels.com/Pixabay

Nilai tambah dari berolahraga selain membantu menyehatkan secara fisik, kegiatan olahraga juga bisa meningkatkan zat penekan rasa sakit yang dikeluarkan oleh otak atau disebut juga endorfin. Sehingga gejala rasa cemas, depresi yang kamu alami dapat berkurang.

4. Melakukan traveling

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/mali maeder

Setelah banyak waktu yang kamu habiskan untuk bekerja di kantor, belum ditambah lembur, dan beban pekerjaan lainnya. Dalam satu kesempatan kamu perlu mengistirahatkan otakmu.

Tujuanmu melakukan jalan-jalan bukan sekadar untuk bersenang-senang, tapi juga memperbaiki suasana hatimu, tentunya menghilangkan stresmu juga.

Baca Juga: Sedih dan Tertekan? 5 Aplikasi Kesehatan Mental Ini Bisa Membantumu

5. Cukup tidur 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/Andrea Piacquadio

Seperti makna sebuah lirik lagu, tak perlu begadang jika tak ada artinya. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kualitas tidurmu.

Jangan paksakan tubuh dan otakmu yang lelah untuk terus bekerja hingga larut malam. Tinggalkan dulu pekerjaan itu, dan kerjakan setelah kamu cukup tidur dan kembali bugar.

6. Memperhatikan asupan makanan 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/Ella Olsson

Selama ini mungkin kamu mengira makanan yang masuk ke dalam tubuhmu hanya bermanfaat untuk kesehatan fisikmu saja. Nyatanya kandungan yang terdapat pada makanan pun bisa memengaruhi kesehatan mentalmu.

Misalnya, makanan yang mengandung omega 3s, vitamin B12, zat besi, diteliti mampu membantu menjaga kesehatan mental dan membangkitkan suasana hati.

7. Melakukan meditasi 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/Kelvin Valerio

Kamu tak perlu bingung mengenai cara melakukan meditasi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah duduk dengan tenang sembari mengatur pola pernafasan, seperti tarik nafas dari hidung dan keluarkan lewat mulut.

Dalam melakukan meditasi usir dulu jauh-jauh segala kecemasan berlebih yang kamu rasakan, biarkan rasa damai menghampirimu.

Tak perlu lama-lama, asal kamu telah berhasil mengatasi rasa cemasmu, kamu boleh mengakhiri sesi meditasi. Musik meditasi yang menenangkan bisa kamu putar untuk mengiringi kamu dalam bermeditasi.

8. Bersyukur  

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Pexels/Andrea Piacquadio

Setiap insan diberkahi dengan rezekinya masing-masing. Selalu merasa cukup adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan daripada iri akan seluruh pencapaian dalam hidup orang lain. Jangan membuang waktu yang kamu punya hanya untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

Fokuskan dan sibukkan dirimu pada hal yang hendak kamu capai. Itu jauh lebih baik bagi kesehatan mentalmu.

9. Berdoa 

Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Mental Makin Kuat Unsplash.com/Jeremy Yap

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Memiliki Kesehatan Mental yang Baik

Seburuk apapun situasi yang kamu hadapi, kamu harus mampu melihat sisi positifnya. Kamu harus yakin setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Di setiap masalah yang kamu hadapi selalu ada pelajaran yang bisa diraih.

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada sang pencipta. Adukan segala rasa cemas, gelisahmu lewat setiap doa yang kamu panjatkan. Dengan begitu pikiran dan hatimu akan terasa jauh lebih lega.

Itulah 9 hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesehatan mentalmu, karena tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga. Tapi juga ada kesehatan mental yang tidak kalah pentingnya.

Bwana Prasetya Photo Writer Bwana Prasetya

Sebelum lupa baik diabadikan ke dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya