Comscore Tracker

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di Dunia

Mulai dari tulang tumbuh hingga terangsang tanpa henti!

Ketika seseorang menderita suatu penyakit maka ia pasti akan mencari obat untuk menyembuhkannya agar bisa hidup normal dan kembali menjalani aktivitas seperti biasa. Namun bagaimana jika seandainya penyakit yang diderita merupakan penyakit yang tergolong aneh dan langka serta sulit untuk diobati bahkan tak ada penyembuhnya? Seperti 6 penyakit berikut ini yang mungkin membuatmu sedikit heran atas keanehannya.

1. Fibrodysplasia Ossificans Progressiva: Tumbuh tulang baru di dalam tubuh

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaUnsplash.com/@harlsta

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) merupakan kondisi genetik yang paling aneh, langka dan menyakitkan karena menyebabkan tulang tumbuh di tempat yang tidak seharusnya. Penyakit aneh ini disebabkan oleh mutasi genetik pada sistem imun tubuh yang berfungsi untuk memperbaiki cedera. Usai cedera, tulang-tulang baru akan tumbuh dan berkembang di seluruh sendi bahkan bisa menggantikan otot, tendon, ligamen serta jaringan ikat lainnya yang seharusnya tidak ditumbuhi tulang sehingga penyakit ini akan membuat penderitanya menjadi kaku seperti patung manekin hidup.

2. Persistent Sexual Arousal Syndrome: Terangsang tanpa henti

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaUnsplash.com/@annapostovaya

Biasanya seseorang akan terangsang jika ia mengalami sentuhan di bagian-bagian tubuh yang sensitif atau ketika sedang melakukan hubungan badan, namun berbeda dengan Persistent sexual arousal syndrome atau terangsang tanpa henti. Sindrom ini tergolong aneh dan langka sebab hampir setiap saat akan berada pada titik orgasme walau sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, saat sedang duduk bekerja di kantor padahal ia tidak menerima rangsangan seksual apapun. Sejumlah ilmuwan percaya bahwa hal ini terjadi karena adanya hipersensitivitas pada organ genital, penyempitan pembuluh darah vena pada panggul dan gangguan hormon.

3. Progeria: Umur 5 tahun seperti 80 tahun

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaHealthjade.com

Normalnya, penuaan pada seseorang akan terlihat di usia paruh baya. Namun berbeda dengan seseorang yang mengidap Progeria atau bisa diartikan terjadi penuaan yang terlalu cepat. Penyakit ini akan membuat pengidapnya terlihat seperti nenek-nenek padahal masih anak-anak. Hal ini disebabkan oleh kecacatan genetik.

Tanda-tanda penuaan pada anak pengidap progeria ini akan terlihat persis seperti seseorang yang sedang lanjut usia. Seperti kulit kendur dan keriput, beruban, hingga pengeroposan tulang. Selain itu mereka juga akan mengalami penyakit yang juga sering dialami oleh manula seperti jantung dan stroke. Penyakit ini tergolong berbahaya karena sedikit sekali anak yang bisa tumbuh dewasa dengan kondisi seperti ini dan sebagian dari mereka tidak mampu untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Mitos Hemofilia, Dianggap Penyakit Kutukan Hingga Santet

4. Alien Hand: Tangan memiliki kehidupan sendiri

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaUnsplash.com/@joncstout

Alien Hand merupakan sindrom yang membuat tangan seseorang bergerak tanpa kendali seolah tangannya memiliki kehidupan sendiri. Peneliti percaya bahwa ini merupakan efek samping dari pemisahan area lobus otak. Otak kiri dan otak kanan pengidapnya mampu bergerak sendiri-sendiri. Selain itu bisa juga disebabkan karena cedera pada otak. Cara mengatasi sindrom ini agar tangannya tak bergerak bebas adalah dengan memberikan sesuatu untuk selalu digenggam agar tangannya bisa berhenti bergerak sementara waktu.

5. Riley-Day Syndrome: Manusia kebal rasa sakit

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaUnsplash.com/@scottwebb

Kita pasti pernah melihat seseorang dengan kemampuan supranatural yang menyebabkan ia kebal terhadap benda tajam dan rasa sakit. Hal ini juga bisa terjadi pada seseorang tanpa kemampuan supranatural, melainkan karena mutasi genetik langka yang mempengaruhi sistem saraf otonom penghubung otak dan sumsum tulang belakang pada otot dan sel yang mendeteksi sentuhan, bau dan rasa sakit atau disebut juga dengan Riley-Day Syndrome. Sindrom ini bahkan bisa menyebabkan pengidapnya benar-benar kehilangan rasa sakit.

6. Hypertrichosis: Manusia serigala

Jangan Kaget, Ini 6 Jenis Penyakit Paling Aneh dan Langka di DuniaCerpen.co.id

Beberapa orang memang terlahir dengan bulu yang lebat di tubuhnya yang membuatnya terlihat seksi. Namun bagaimana jika bulu tersebut tumbuh secara berlebihan? Maka sudah pasti akan terlihat menakutkan bagi orang lain. Kondisi ini disebut Hypertrichosis atau manusia serigala. Hal ini juga disebabkan karena mutasi genetik dalam tubuhnya. Selain itu juga bisa disebabkan karena penggunaan obat anti botak yang tidak cocok atau berlebihan. Pengidap sindrom ini bisa melakukan hair removal atau waxing agar terlihat normal namun hal ini tentu tidak akan bertahan lama.

Itulah 6 penyakit aneh dan langka yang ada di dunia. Semoga bisa menambah wawasan ya.

Baca Juga: Sering Gak Sadar, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Miom!

P. Wulandari Photo Community Writer P. Wulandari

Perempuan sederhana yang tertarik dengan kata-kata. Dari kata, masuk ke hati :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You