Comscore Tracker

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah Kebutaan

Tidak bisa menjamin pengelihatan 100% membaik

Glaukoma merupakan kondisi kerusakan pada saraf mata yang dapat mengakibatkan tekanan pada bola mata sehingga berisiko terjadinya kebutaan permanen. Seseorang yang mengalami gangguan glaukoma akan timbul gejala nyeri pada bola mata, sakit kepala, dan penglihatan kabur. 

Supaya terhindar dari kebutaan, maka pengobatan dengan menggunakan metode implan glaukoma menjadi alternatif utama.

Namun, perlu diingat bahwa pemasangan implan pada mata memiliki beberapa fakta yang harus dipahami. Nah, berikut ini adalah lima fakta tentang implan glaukoma. 

1. Implan glaukoma dianggap sebagai pilihan terakhir pengobatan

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah KebutaanPexels.com/Pixabay

Implan glaukoma dianggap sebagai pilihan terakhir saat metode pengobatan lainnya tidak berdampak pada penyembuhan mata. Pada dasarnya penderita glaukoma tidak dapat disembuhkan secara total. Namun, kondisi ini masih bisa diperbaiki dengan mencegah risiko akan kebutaan.

Pemasangan implan glaukoma bertujuan untuk menghambat dan menghentikan progres dari penyakit glaukoma, yakni kebutaan. 

2. Penggunaan implan tidak akan 100% pulih penglihatannya

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah KebutaanPexels.com/Pixabay

Pemasangan implan pada mata penderita glaukoma tidak 100% mengembalikan penglihatan yang baik. Namun, metode implan glaukoma ini hanya akan memperbaiki kondisi penglihatan secara 80% dari sebelumnya.

Selain itu, implan glaukoma ini berfungsi mengurangi tekanan pada bola mata yang dapat mengakibatkan kelelahan pada mata akibat aktivitas yang banyak dilakukan. 

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Mengapa Matamu Menjadi Kering

3. Pengobatan dengan pemberian obat masih tetap dilakukan

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah KebutaanPexels.com/JESHOOTS.com

Supaya hasil yang didapatkan maksimal pada penderita glaukoma, maka seseorang yang telah melakukan implan glaukoma masih tetap dapat mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan ini harus dikonsumsi dengan menggunakan resep dan anjuran dokter. 

4. Tidak semua penderita glaukoma dapat melakukan implan

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah KebutaanPexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Pemasangan implan glaukoma tidak dilakukan pada penderita glaukoma yang masih pada tahapan ringan. Pemasangan ini hanya dapat dilakukan pada penderita glaukoma pada tahapan serius yang dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Sebelum dilakukan pemasangan implan, maka dokter akan memeriksa kesehatan pasien dan mendiagnosa apakah pasien ini dinilai pantas untuk melakukan metode operasi pemasangan implan glaukoma. 

5. Pemasangan implan diletakkan pada lapisan luar mata

5 Fakta Implan Glaukoma, Penanganan Akhir Mencegah KebutaanPexels.com/Noelle Otto

Pemasangan implan pada penderita glaukoma adalah dengan meletakan implan pada lapisan luar mata, tepatnya di bawah lapisan tipis jaringan yang seluruhnya menutupi jaringan mata dan kornea.

Selain itu implan glaukoma ini bekerja dengan cara mengeluarkan cairan yang ada pada bola mata, sehingga tekanan yang dirasakan oleh penderita glaukoma akan berkurang. 

Nah, itulah lima fakta tentang pemasangan implan glaukoma. Jika kamu berniat untuk melakukan implan glaukoma, hendaknya memperhatikan kelima fakta di atas dan diskusikan dengan dokter ahli juga ya

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Kelor, dari Kesehatan Mata hingga Stabilkan Gula Darah

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You