Comscore Tracker

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan Kematian

Penanganan terlambat dapat sebabkan kematian

Penyakit Peritonitis merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan tipis organ dalam perut manusia. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang masuk melalui sistem pencernaan. Dalam beberapa kasus parah Peritonitis ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit dalam tubuh. Komplikasi tersebut cukup membahayakan dan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Tidak hanya satu penyakit komplikasi saja yang dapat menyebar dari peradangan Peritonitis, tetapi ada 5 penyakit berbahaya lainya. Yuk kita simak bersama komplikasinya di bawah ini. 

1. Sepsis

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan KematianPinterest.com/Healthy Food Guide

Sepsis merupakan suatu penyakit komplikasi yang disebabkan oleh adanya infeksi pada organ dalam tubuh. Sepsis timbul saat sistem kekebalan tubuh melawan bakteri penyebab infeksi pada organ dalam tubuh secara tidak normal dan terkendali. Komplikasi infeksi ini dapat menyebabkan penyumbatan darah dan kerusakan pada beberapa bagian organ dalam tubuh manusia. Pada kasus terparah penderitanya sepsis dapat menyebabkan kematian. 

Gejala yang muncul dari penyakit sepsis ini adalah demam tinggi yang dapat menyebabkan tubuh menggigil, diare dan nyeri pada sekitaran perut. Agar mendapatkan penyembuhan yang maksimal segerakan melakukan pemeriksaan pada dokter saat gejalanya sudah kamu rasa. 

2. Ensefalopati hepatik

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan KematianUnsplash.com/Anthony Tran

Ensefalopati Hepatik merupakan kondisi di mana psikologis seseorang mengalami perubahan dikarenakan adanya masalah disfungsi hati. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah perubahan kepribadian, penurunan tingkat kesadaran, pikun dan mudah sekali merasa lelah. 

Penyakit Ensefalopati hepatik dapat membahayakan penderitanya dan membuatnya kehilangan kesadaran sehingga akan lebih mudah mengalami gangguan kejiwaan. Saat seseorang sudah mulai mengalami perubahan kepribadian secara terus menerus, maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

3. Sindrom hepatorenal progresif

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan KematianPinterest.com/Liz Castellaw

Sindrom hepatorenal progresif merupakan suatu penyakit sindrom dalam tubuh yang disebabkan oleh menurutnya fungsi ginjal yang berawal dari penyakit hati stadium lanjut. Menurunnya fungsi ginjal ini mengakibatkan seseorang sulit dan jarang untuk buang air kecil. Hal tersebut membuat air seni yang berada dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan sehingga menimbulkan pembengkakan. 

Sindrom hepatorenal progresif dinilai mampu membahayakan tubuh seseorang hingga menyebabkan kematian pada penderitanya. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini pun bermacam-macam, seperti kulit berubah warna menjadi kuning, muak dan muntah serta terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. 

Baca Juga: 9 Pekerjaan Ini Punya Risiko Tinggi Terhadap Penyakit Kanker

4. Obstruksi usus

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan KematianPinterest.com/Natasha Dube

Obstruksi usus merupakan suatu penyumbatan yang terjadi di dalam proses pencernaan, baik di dalam usus besar maupun di dalam usus kecil. Penyumbatan di dalam usus ini menyebabkan penumpukan sisa-sisa makanan yang sudah dicerna tidak dapat dikeluarkan. Akibatnya perut akan mengalami nyeri, mual dan sulit untuk kentut. Penyumbatan dalam waktu yang lama dapat membuat tekanan dalam perut menjadi lebih besar sehingga akan menimbulkan kerusakan pada usus berubah robeknya selaput dalam usus. 

5. Adhesi

5 Komplikasi Penyakit Peritonitis yang Dapat Sebabkan KematianPinterest.com/Anitawabisuke

Adhesi atau penyakit perlengketan usus merupakan suatu kondisi di mana jaringan lapisan pada sistem pencernaan dan otot menempel pada dinding perut. Hal ini biasanya dikarenakan adanya luka atau infeksi di dalam sistem pencernaan, sehingga pencernaan yang awalnya memiliki lapisan licin dan lembut berubah menjadi lengket dan saling menempel. 

Gejala yang diawali dari penyakit adhesi adalah perut menjadi kembung, mual, susah untuk buang gas dan timbul bunyi kencang didalam perut. 

Itulah 5 komplikasi penyakit peritonitis yang sangat berbahaya bagi tubuh. Supaya tidak sampai pada tahapan terparah dan menyebabkan kematian, maka periksakan dirimu saat sudah muncul gejala yang tidak normal. 

Baca Juga: 5 Fakta Peritonitis, Penyakit yang Dianggap Sepele Tapi Mematikan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya