Comscore Tracker

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan Makan

Kolesterol tinggi dapat membahayakan tubuhmu

Kolesterol merupakan suatu lemak dalam bentuk gumpalan yang menempel pada dinding sel kulit manusia. Sebagian orang menganggap bahwa kolesterol memiliki efek buruk pada tubuh. Sebenarnya kolesterol juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita asalkan sesuai dengan batas normal yakni 160-200 mg pada tubuh.

Bila kamu termasuk salah satu orang yang sangat menyukai makanan dan doyan untuk mencoba berbagai jenis makanan, ada 5 cara supaya kadar kolesterol dalam tubuhmu selalu stabil dan tidak membahayakan kesehatan. Yuk, kita simak bersama di bawah ini. 

1. Minum air perasan jeruk nipis pada pagi dan malam hari secara rutin

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan MakanUnsplash.com/Francesca Hotchin

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mampu merusak molekul dalam sel tubuh manusia.

Meminum air perasan jeruk nipis pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur secara rutin ternyata mampu menurunkan kadar atau jumlah kolesterol dalam tubuh, sehingga ketika bangun pada pagi hari tubuh sudah dalam kondisi yang segar dan sehat. 

2. Masukan brokoli pada setiap menu makananmu

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan MakanUnsplash.com/Ella Olsson

Brokoli dinilai sangat mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuhmu, sebab kandungan dalam brokoli memiliki serat dan gizi yang sangat banyak. Selain itu, brokoli pun mampu melakukan proses detoksifikasi dalam tubuh secara cepat dan alami.

Supaya kandungan alami dalam brokoli tidak hilang saat dimasak, maka usahakanlah untuk memasaknya dengan cara merebus bukan ditumis dengan minyak.

Baca Juga: 5 Penyebab Tubuh Penderita Kanker Menjadi Semakin Kurus

3. Konsumsilah obat yang memiliki kandungan inhibator

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan MakanUnsplash.com/Simone van der Koelen

Saat ini obat yang dinilai manjur untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh adalah obat yang memiliki kandungan inhibator. Konsumsilah obat ini sesuai dengan petunjuk dokter agar kamu tidak hanya membelinya dan malah merusak tubuhmu.

Selain itu, mengonsumsi obat yang memiliki kandungan inhibator juga harus dibarengi dengan olahraga agar hasilnya dapat maksimal dalam menstabilkan jumlah kolesterol setiap harinya.

4. Lakukan olahraga 30 menit setiap harinya

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan MakanUnsplash.com/Andrew Tanglao

Bagi kamu yang doyan sekali untuk makan, maka sudah sepatutnya untuk melakukan olahraga secara rutin yakni 30 menit dalam sehari. Olahraga mampu membakar lemak dalam tubuhmu dalam bentuk keringat. 

Selain itu, biasakanlah untuk lebih banyak beraktivitas dari pada duduk dan bersantai-santai terutama setelah kamu selesai makan sehingga makanan yang masuk dalam tubuhmu dapat diproses menjadi energi.

5. Berhentilah untuk merokok

5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan MakanUnsplash.com/Yoann Boyer

Seseorang yang aktiv dalam merokok lebih besar terserang kolesterol dalam jumlah yang tinggi. Untuk itu guna menjaga kesehatan dalam tubuhmu, sebaiknya berhenti untuk merokok, sebab dengan berhenti merokok kamupun dapat menjaga kesehatan paru-paru juga lho. 

Doyan makan memang wajar saja, tapi tetap perhatikan kondisi kesehatan tubuhmu terutama jumlah kolesterol. Untuk itu lakukanlah 5 cara menstabilkan jumlah kolestrol mulai dari sekarang. Hidup sehat itu perlu dilakukan!

Baca Juga: Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan Ini

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You