Comscore Tracker

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! 

Olahraga ini bisa gantiin kalau kamu malas lari

Lari menjadi olahraga yang terlihat mudah namun sulit dilakukan. Tidak semua orang memilih lari menjadi olahraganya. Karena selain tidak semua medan mendukung untuk melakukannya, lari juga membutuhkan kondisi lingkungan yang pas untuk dilakukan.

Jika kamu menjadi salah satu yang tidak terlalu suka lari, ada beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan. Berikut tujuh olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan.

1. Berenang

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! thebluecoatschool.com

Dengan memilih olahraga berenang, kamu bisa membakar kalori. Bustle mengatakan bahwa dalam satu jam sesi, kamu bisa membakar 500 kalori. Bahkan, itu menjadi olahraga yang membutuhkan seluruh tubuhmu. Karena, dibutuhkan tenagamu untuk melawan kekuatan air. Walaupun sudah lelah, kamu tidak akan berkeringat dan menjaga suhu tubuhmu

Kalau lari, kita mudah Lelah karena adanya gravitasi. Namun, berenang tidak ada gravitasi yang terlebat, tetapi tetap harus berhati-hati juga. Lalu, berenang juga adalah olahraga yang tenang, karena saat menyelam, keadaan akan tenang. Olahraga ini pun murah.  

2. Olahraga sepeda

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! cyclingweekly.com

Olahraga menggunakan sepeda termasuk salah satu yang bagus. Karena dengan sepeda, akan membakar banyak kalori, kaki lebih kuat, dan tidak menekan sendi seperti lari. Namun, ada beberapa jenis olahraga sepeda yang bisa kamu pilih. Antara lain, road cycling, mountain biking, dan balapan sepeda.

Tiap olahraga sepeda pun memiliki keperluan dan efek kesehatan yang berbeda. Hal penting juga, pastikan kamu mengenal jalanan yang hendak dilewati. Terlebihnya seperti turunan dan jalan menanjakan. Tidak hanya harus menggunakan sepeda yang berjalan, di gym pun ada alat yang dapat menggantikan sepeda, jika kamu tidak memilikinya.

3. Lompat Tali

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! bustle.com

Olahraga satu ini pernah menjadi permainan saat anak-anak. Ternyata punya manfaat yang sama dengan olahraga lari. Namun, cara olahraganya berbeda dengan saat anak-anak. Kali ini serius.

Melansir dari mensjournal.com, manfaat dari lompat tali lebih banyak dari berlari di treadmill. Dengan mencoba melakukannya dalam empat menit, lalu hitung setiap satu menitnya kamu melompat berapa kali?. Dalam 20 menit saja olahraga ini, degup jantungnya pasti akan naik.

Baca Juga: Ini 9 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Kamu Lama Tak Berolahraga

4. Menari

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! blog.ijugaad.com

Jika kamu hobi menari atau merupakan seorang penari, kamu sudah berolahraga. Tidak hanya itu, kamu akan mengurangi rasa stres, menambah keseimbangan tubuh, dan intinya membuatmu lebih sehat.

Kalau ingin lebih serius, kamu bisa mengambil kelas menari. Atau menari sesuka hati di rumah juga tidak apa. Karena dengan mudah kamu berkeringat dan membakar banyak kalori.

5. Jumping Jacks

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! coachmag.co.uk

Dengan mudah kamu bisa melakukan olahraga ini. Bukan hanya olahraga ini tidak membutuhkan alat, kamu juga bisa melakukannya di mana saja.

Kamu hanya membentangkan tanganmu ke atas dan melompat. Dengan itu, akan membuat pundak kita lebih fleksibel. Tidak hanya itu, jumping jacks akan berefek pada seluruh tubuh kita.

6. Jalan

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! medicalnewstoday.com

Ternyata dengan seringnya kita berjalan, kita sudah olahraga. Melansir Bustle yang mengutip koran dari Harvard Medical School, jalan membuat kamu mendapatkan manfaat dari olahraga ringan dan risiko terkena cedera sangat rendah.

Namun, berjalanlah dengan waktu yang cukup lama. Harvard Medical School menyarankan untuk berjalan selama 30 menit tiap lima hari.

7. Yoga

Malas Lari? Ini 7 Olahraga Alternatif Efektif yang Bisa Kamu Lakukan! unsplash.com

Olahraga ini pasti akan membuat tubuhmu lebih fleksibel. Lalu, dapat membenarkan postur dan susunan tubuh kamu. Namun, banyak jenis Yoga, seperti Bustle menyarankan untuk mencoba Ashtanga atau Vinyasa. Lalu, kalau ingin lebih rileks bisa mencoba Hatha.

Jadi gak ada alasan, tidak olahraga! Karena, banyak pilihan selain berlari. Nah, kira-kira di antara ketujuh pilihan di atas, mana yang kamu tertarik untuk memilihnya? 

Baca Juga: Olahraga Favoritmu Bisa Gambarkan Kepribadianmu, Ini 7 di Antaranya!

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You