Comscore Tracker

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!

Mulai dari alergi hingga infeksi virus

Masalah kesehatan dapat menyerang bagian mana saja pada tubuh. Tak terkecuali terhadap kondisi bibir. Misalnya saja bibir yang mendadak menjadi bengkak pasca bangun tidur di pagi hari.

Alih-alih langsung panik, cobalah untuk sejenak mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Yuk, simak lansiran penyebab bibir bengkak dari laman Healthline, NHS, dan New Health Advisor berikut! 

1. Angiodema

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!healthgrades.com

Angioedema merupakan kondisi dimana terjadinya pembengkakan di bawah kulit, lazimnya menyerang bibir dan mata. Faktor penyebabnya pun beragam seperti reaksi alergi, reaksi obat non-alergi, hingga keturunan.

Gejala lain selain bengkak yakni rasa sakit dan gatal pada area bersangkutan. Gejala tersebut umumnya berlangsung selama 1-2 hari dan dapat diobati berdasarkan derajat keparahannya mulai dari antihistamin, kortikosteroid, hingga suntikan epinefrin.

2. Bibir kering dan pecah-pecah

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!authorityremedies.com

Bibir kering memiliki tampilan yang tampak pecah-pecah sebab kelembapan yang sangat minim. Imbasnya, kuman dapat rentan masuk lalu menginfeksi sehingga bibir pun bengkak.

Untuk mencegahnya, oleskan pelembap bibir dengan kandungan petroleum jelly. Gunakan produk bibir yang memiliki khasiat tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, serta hentikan kebiasaan menjilat bibir sebab air liur malah akan mengakibatkan bibir menjadi semakin kering.

Baca Juga: 5 Penyebab Sulit Mengontrol Nafsu Makan, Apakah Kamu Mengalaminya?

3. Alergi terhadap suhu dingin

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!newhealthadvisor.com

Paparan zat alergen dapat berasal dari berbagai hal, termasuk makanan tertentu hingga suhu dingin. Reaksi alergi pun beragam, salah satunya yakni bibir mengalami pembengkakan.

Pada seseorang yang mengidap alergi, tubuh akan mengeluarkan zat kimia bernama histamin yang berperan sebagai bentuk perlindungan, namun bekerja cenderung 'berlebihan' sebab zat alergen tersebut nyatanya tak sebahaya itu.

Solusi untuk mengatas alergi yang kambuh umumnya adalah pemberian obat seperti antihistamin jika derajat alergi tersebut masih tergolong ringan.

Namun, sebaiknya hindari paparan alergen supaya alergi tak kambuh, seperti tak mengonsumsi makanan penyebab alergi ataupun menggunakan penghangat ruangan dan mengenakan pakaian berlapis jika alergi terhadap suhu dingin.

4. Cedera ataupun luka pada bibir

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!misstram.edu.vn

Cedera ataupun luka tersebut dapat muncul akibat terbakar, kecelakaan, pasca menjalani perawatan laser, terkena hantaman benda tumpul, hingga gigitan serangga. Cara untuk mengatasinya pun disesuaikan dengan kondisinya.

Misalnya, kompreslah bibir yang bengkak tersebut dengan es jika cedera tergolong ringan. Namun apabila pembengkakan bibir juga disertai perdarahan, maka cobalah untuk mengobatinya pada tenaga medis yang lebih handal.

5. Herpes labialis (herpes oral)

Ini 5 Penyebab Bibir Bengkak Pasca Bangun Pagi, Jangan Lekas Panik!yellowpages.ca

Infeksi seperti herpes di sekitar bibir dan mulut alias Herpes labialis atau Herpes oral juga dapat menyebabkan bibir menjadi bengkak, bahkan muncul pula jerawat di sekitar bibir. Gejala ini pun dapat terlihat dalam waktu relatif cepat sejak terinfeksi, bahkan dalam waktu semalam saja. Oleh sebab itu, bibir pun tampak tiba-tiba membengkak saat bangun tidur di pagi hari.

Sebaiknya kunjungilah dokter supaya memperoleh penanganan yang tepat.

Bagaimana, guys? Bibir bengkakmu kira-kira disebabkan oleh apa, nih? Semoga cepat sembuh, ya.

Baca Juga: Suka Kepo sampai Vokal, Ini 6 Kepribadian Cewek dari Bentuk Bibirnya

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You