Comscore Tracker

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu Tahu

Yuk, ubah stigma mereka!

Pernah dengar penyakit skizofrenia? Ya, penyakit ini merupakan penyakit kejiwaan yang biasa dialami pria muda. Biasanya, pengidap skizofrenia sering dianggap "orang gila" karena kerap berhalusinasi dan susah mengontrol emosi. Padahal, sebenarnya penyakit ini agak berbeda dengan penyakit kejiwaan lainnya.

Skizofrenia merupakan penyakit gangguan pada otak meliputi gangguan pada pikiran, perilaku, dan emosi. Biasanya, pengidap skizofrenia susah bergaul dengan banyak orang. Nah, bagi kamu yang masih awam dengan penyakit ini, berikut adalah 5 fakta tentang penyakit skizofrenia.

1. Belum ada obat bagi penderita skizofrenia, namun penyembuhannya bisa dengan terapi

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu TahuRtmagazine.com

Saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit skizofrenia. Pengobatan skizofrenia bisa dilakukan dengan psikoterapi. Psikoterapi cukup ampuh untuk menyembuhkan penyakit kejiwaan. Selain itu, adanya dukungan dan pengertian dari orang-orang terdekat pengidap skizofrenia juga dibutuhkan untuk pengobatan, loh!

2. Gejala skizofrenia meliputi halusinasi dan delusi, seseorang positif mengidap skizofrenia jika gejala tersebut dialami lebih dari lima bulan

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu TahuHealth.com

Gejala skizofrenia meliputi gangguan halusinasi dan delusi. Namun, seseorang yang mengalami gejala tersebut belum tentu mengidap skizofrenia. Berbeda dengan penyakit kejiwaan lainnya, seseorang positif mengidap skizofrenia jika gejala tersebut telah dialami lebih dari lima bulan.

Baca Juga: Gangguan Penglihatan Bisa Jadi Indikasi Adanya 5 Penyakit Kronis Ini

3. Skizofrenia banyak dialami oleh laki-laki dibandingkan perempuan

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu TahuDesiblitz.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa terdapat sekitar 25 juta orang di dunia mengidap penyakit skizofrenia. Dari 25 juta orang, 12 juta penderita adalah laki-laki dan sisanya perempuan. Namun, belum ada penjelasan klinis mengapa penyakit ini lebih banyak dialami laki-laki.

4. Pengidap skizofrenia sering melakukan hal yang aneh, namun tidak akan sampai melakukan tindak kejahatan

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu TahuUtexas.edu

Pengidap skizofrenia biasanya sering dianggap "gila." Kebanyakan orang menganggap "orang gila" bisa sewaktu-waktu melakukan tindak kejahatan, seperti membunuh.

Namun perlu diketahui bahwa pengidap skizofrenia berbeda dengan penyakit kejiwaan lain, tidak akan sampai melakukan tindak kejahatan. Kasus kriminal biasanya disebabkan oleh penggunaan obat-obatan haram, kemiskinan, pengangguran, dan lainnya. Itu berarti jarang berkaitan dengan penyakit kejiwaan.

5. Seorang anak yang kedua orangtuanya mengidap skizofrenia, kemungkinan 45 persen juga mengidap skizofrenia

Bukan Berarti Gila, Ini 5 Fakta Skizofrenia yang Perlu Kamu TahuPinterest/abbeyparrish

Seorang anak yang kedua orangtuanya mengidap skizofrenia memiliki 45 persen kemungkinan mengidap skizofrenia juga. Jadi, bisa dikatakan skizofrenia adalah penyakit gen atau penyakit keturunan.

Itulah beberapa fakta penyakit kejiwaan skizofrenia. Bagi kalian yang memiliki kerabat dekat yang mengidap skizofrenia, dukunglah. Beri motivasi dan jangan jauhi orang tersebut supaya tidak merasa tertekan.

Baca Juga: 5 TED Talks yang Akan Membantumu dari Gangguan Kecemasan

Raiyani Hidayah Photo Community Writer Raiyani Hidayah

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You