Comscore Tracker

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu Menyusui

Jangan lupa jaga kebersihan di area payudara selama menyusui

Menyusui adalah hal yang dilakukan seorang ibu untuk dapat memberikan ASI kepada buah hatinya. ASI seharusnya diberikan pada anak mulai umur 0 bulan hingga 2 tahun.

Namun, banyak Ibu yang menghentikan pemberian ASI kepada anaknya sebelum berumur 2 tahun karena terdapat masalah pada payudaranya. Salah satu penyakit yang sering menyerang Ibu menyusui adalah mastitis.

Mastitis adalah penyakit akibat infeksi saluran ASI yang tersumbat. Biasanya Ibu menyusui akan mengalami nyeri dan bengkak pada payudaranya. Selain itu juga sulit mengeluarkan ASI hingga perlu bantuan pompa ASI. Nah, berikut beberapa fakta mengenai penyakit mastitis.

1. Mastitis sering terjadi pada ibu menyusui yang memiliki bayi berumur 0-6 bulan atau pada saat Ibu sedang produktif memberi ASI

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu MenyusuiWomenpla.net

Mastitis sering terjadi pada Ibu yang sedang produktif memberi ASI atau ketika produksi ASI sedang banyak. ASI yang tidak sering dikeluarkan akan menyebabkan saluran ASI tersumbat dan payudara menjadi bengkak.

2. Mastitis juga bisa disebabkan oleh gigitan bayi pada puting payudara

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu Menyusuisheffield.ac.uk

Biasanya bayi sering menggigit puting terlalu keras hingga menyebabkan luka. Luka tersebut jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan kuman masuk melalui celah pada luka dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Ini 12 Fakta tentang Penyakit Demam Berdarah, Apa Hanya karena Nyamuk?

3. Posisi menyusui juga dapat mempengaruhi diserangnya penyakit mastitis, loh!

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu MenyusuiMotherandchild.co.za

Posisi menyusui haruslah senyaman mungkin agar ASI tetap lancar tersalurkan pada bayi. Terkadang posisi yang salah menyebabkan mulut bayi terlepas dari puting saat bayi sedang membutuhkan ASI dan Ibu sedang aktif mengeluarkan ASI miliknya. Jika hal tersebut terjadi, dapat memicu terjadinya penyumbatan saluran ASI.

4. Jika satu payudara terserang mastitis, payudara yang lain tetap aman untuk menyusui

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu MenyusuiUn.dk

Ibu menyusui tak perlu khawatir. Jika salah satu payudaranya mengalami pembengkakan, payudara yang lain tetap aman digunakan untuk menyusui. Dengan begitu, bayi tetap mendapat ASI secara rutin.

5. Mastitis yang sudah parah dapat menyebabkan payudara bernanah dan harus dioperasi

5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu MenyusuiRewire.news

Sebaiknya, Ibu yang terserang mastitis segera memeriksakan keadaannya ke dokter. Jika dibiarkan, payudara akan terus membengkak hingga mengeluarkan nanah. Payudara yang sudah mengeluarkan nanah tentulah harus dioperasi untuk satu-satunya cara menyembuhkannya.

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit mastitis. Jadi, untuk para Ibu menyusui, tetap jaga kebersihan di area payudara dan rutinlah memberi ASI pada bayi dua jam sekali. Hal itu agar terhindar dari penyakit mastitis.

Baca Juga: Cat Scratch Disease, Cakaran Kucing yang Berujung Jadi Penyakit!

Raiyani Hidayah Photo Community Writer Raiyani Hidayah

"Kau boleh jadi apapun, asal jangan pemalas"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You