Comscore Tracker

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kuku

Infeksi ini sungguh menjengkelkan dan perlu segera ditangani

Infeksi kuku jari kaki disebabkan oleh jamur tinea unguium yang mengganggu, organisme ini sangat resisten terhadap penekanan sistem kekebalan. Banyak pengobatan alami yang memiliki sifat hampir sama dengan resep obat jamur kuku yang dijual bebas. Berikut adalah beberapa bahan alami bagus untuk mengobati jamur kuku yang menjengkelkan itu:

1. Soda Kue

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukuhealthline.com

Dikenal secara kimia sebagai natrium bikarbonat, soda kue sangat efektif terhadap berbagai infeksi jamur karena fakta bahwa itu diklasifikasikan sebagai zat dasar, dan membentuk basa dalam tubuh. Apa artinya ini? Secara khusus, infeksi jamur berkembang di bawah kondisi pH asam. Banyak hal yang kita lakukan dan konsumsi setiap hari membantu pengalihan keseimbangan asam-basa tubuh ke arah keasaman, yang membuatnya lebih mungkin terjadi infeksi jamur.

Satu sendok teh soda kue yang dikonsumsi setiap hari dalam campuran air adalah cara yang bagus untuk mencegah infeksi jamur, dan bahkan dapat menyembuhkan jika infeksi sudah terjadi. Dalam kasus jamur kuku, selain mengkonsumsi soda kue kita juga harus merendam atau mengoleskannya di kaki.

Dengan melarutkan sedikit soda kue ke dalam sedikit volume air, buat menjadi pasta kental seperti pasta gigi. Kemudian, oleskan secara bebas di sekitar kuku, terutama sebelum tidur. Kita juga bisa menggunakan air hangat dengan melarutkan satu sendok makan soda kue ke dalam satu liter air dan merendam kaki selama setidaknya 15 menit. Penggunaan sehari-hari cukup dianjurkan.

2. Minyak Oregano

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukumedicalnewstoday.com

Selain menjadi ramuan lezat, oregano, dalam bentuk minyak atsiri juga sangat efektif sebagai agen antibakteri dan anti-jamur. Ini sebagian besar disebabkan oleh adanya senyawa timol yang menunjukkan aksi fungisida pada kuku onchomycosis. Minyak ini paling baik dioleskan setiap hari ke kuku yang terkena infeksi.

3. Minyak Esensial Lavender

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukuorganicfacts.net

Paling terkenal karena sifatnya yang menenangkan dan membuat rileks, minyak lavender juga efektif dalam mengobati jamur kuku kaki ringan. Untuk menggunakannya, oleskan secara di sekitar kuku sebelum tidur. Sebaiknya gunakan juga di antara jari kaki, karena jamur juga dapat hidup di lokasi luar kuku yang sebenarnya.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!

4. Cuka Sari Apel

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukuhealthline.com

Bagaimana sebenarnya cuka sari apel membantu mengobati jamur kuku jari kaki? Dalam cara yang mirip dengan soda kue, aksinya dikaitkan dengan potensi pembentukan basa dari cairan ketika tertelan.

Dengan mengembalikan pH alami tubuh, yang netral hingga sedikit basa, organisme jamur akan lebih sulit berkembang biak. Jika kita merasa sulit untuk mengkonsumsi cuka sari apel, jangan ragu untuk menambahkan air dan madu untuk meningkatkan kelezatan. Cuka sari apel paling baik digunakan setiap hari.

5. Bawang Putih

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukuiyafoods.com

Suka atau tidak, bawang putih dapat dianggap sebagai bahan super, memiliki potensi untuk mengobati infeksi jamur pada kuku kaki. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak dalam diet, tetapi karena kita tahu bahwa ada begitu banyak bawang putih yang dapat dikonsumsi dalam sehari, mungkin lebih praktis untuk menambahkan suplemen bawang putih standar ke dalam makanan.

Beberapa orang juga memeras siung bawang putih dan menerapkannya ke kuku kaki, meskipun tampaknya tidak memberikan manfaat tambahan seperti itu.

6. Minyak Esensial Jeruk

6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kukushayandcompany.com

Diekstrak dari kulit buah jeruk, minyak ini efektif dalam pengelolaan infeksi jamur kuku kaki meskipun bukan obat terkuat dalam daftar ini. Penting untuk mencampurnya dengan air untuk mengencerkan sifat korosifnya dan untuk menguji alergi karena cukup banyak orang menunjukkan alergi terhadap minyak.

Jamur kuku dapat bertahan selama bertahun-tahun jika tidak diobati. Mengatasinya segera setelah kita melihat tampilan perubahan warna dapat secara signifikan meningkatkan kemungkinan terobati, terutama ketika kita menggabungkan konsumsi obat dengan bahan alami.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kencing, Mudah Dilakukan

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya