Comscore Tracker

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan hanya sekedar makanan pelengkap.

Jamur Shiitake adalah jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Mereka berasal dari negara-negara Asia Timur di daerah sekitar Cina, Jepang, dan Korea. Ini adalah jamur yang meluruhkan kayu. Jamur itu dapat tumbuh di lingkungan yang panas dan lembab. Secara tradisional mereka dibudidayakan di atas kayu gelondongan, tetapi belakangan ini mereka menggunakan media beras, bubur kayu alami, atau substrat buatan.

Jamur ini digunakan di berbagai hidangan. Di negara-negara Asia Timur, itu digunakan dalam sup dan sebagian besar makanan sehari-hari. Saat ini mereka tumbuh di seluruh dunia dan banyak koki yang menggunakannya. Jamur ajaib ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. Berikut adalah beberapa manfaat Jamur Shiitake.

1. Mendukung kesehatan tulang

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhunsplash/Maddi Bazzocco

Mineral di dalam Jamur Shiitake membuat tulang kita lebih kuat. Itu membuat kita terlindung dari penyakit seperti radang sendi dan osteoporosis. Tulang adalah gudang dari semua kalsium. Kapan pun tubuh kita membutuhkannya, kalsium merembes ke aliran darah. Sangat penting untuk menjaga pasokan tetap kuat dan konstan.

Jamur mengandung cukup banyak kalsium dan tembaga yang membantu sistem kita untuk mempertahankan struktur tulang yang sehat dan tepat. Zat tembaga juga membantu dalam membangun sel darah dan dapat mencegah anemia. Zat kalsium dan tembaga bersama-sama menjaga tulang dan sendi kita kuat.

2. Melindungi jantung

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhgloveworx.com

Jantung adalah bagian terkuat dan paling sensitif dari tubuh kita. Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung kita agar tetap sehat. Jamur Shiitake mengandung cukup banyak zat tembaga, yang sangat penting untuk sirkulasi darah sehat dalam tubuh kita. Jamur itu juga mengandung enzim unik yang disebut eritadenine untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dengan menurunkan tekanan darah. Sirkulasi yang mudah dan pembuluh yang tidak tersumbat berarti tekanan yang lebih rendah pada jantung, akan menjaga kesehatan dan kinerja optimal.

3. Mendukung pencernaan

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhpexels.com/rawpixel

Pada 100 gram Jamur Shiitake mengandung 2,5 gram serat makanan. Serat tersebut dapat membersihkan sebagian besar sistem pencernaan kita dari racun dan menghilangkan sembelit. Jamur ini juga mengandung 8 asam amino esensial dan asam linoleat, yang merupakan asam lemak esensial untuk meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Saus Krim Jamur, Nikmatnya Creamy

4. Sumber energi yang baik

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhgrocycle.com

Untuk mengimbangi kehidupan yang bergerak cepat, kita membutuhkan energi yang cukup besar. Jamur Shiitake dikemas dengan beberapa vitamin maupun mineral yang penting untuk metabolisme dan produksi energi. Jamur itu mengandung vitamin folat dan vitamin B, seperti vitamin B2, vitamin B6, serta vitamin B3, bersama dengan asam pantotenat. Dicampur dengan zat tembaga, semua nutrisi dapat meningkatkan laju metabolisme dan menghasilkan energi yang cukup banyak.

5. Membantu mengatasi kanker payudara

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhcancercenter.com

Jamur Shiitake kaya akan antioksidan dan menyingkirkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Jamur itu mengandung asam linoleat yang dapat mengatur kadar estrogen dan mengurangi bahaya kanker payudara. Jadi, jika kita beresiko memiliki penyakit memasukkan jamur itu ke dalam makanan bisa menjadi ide yang bagus.

6. Mengelola diabetes

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhgulfnews.com

Para peneliti telah menunjukkan bahwa pati dalam Jamur Shiitake dapat memecah gula dari makanan yang kita makan. Jamur ini mengandung sekitar nol persen lemak dan kolesterol. Jamur itu bahkan tidak memiliki banyak karbohidrat yang menjadikannya elemen makanan sempurna bagi penderita diabetes. Mengkonsumsinya setiap hari dapat mengatur kadar gula darah kita dan membawanya ke titik yang lebih sehat.

7. Mendukung kesehatan rambut

7 Manfaat Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuhentolabels.eu

Rambut kita adalah bagian penting dari tubuh. Kita bisa mengenakan pakaian terbaik di dunia, tetapi jika rambut terlihat tidak sehat, seluruh penampilan kita akan terganggu. Memiliki rambut yang baik bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jamur Shiitake adalah sumber tembaga terbesar keempat yang tersedia. Jamur itu juga mengandung vitamin C. Bersama-sama mereka sangat penting untuk produksi kolagen. Zat kolagen, pada gilirannya, bertanggung jawab untuk produksi pembuluh darah, tulang, dan otot di tubuh kita. Menjadikannya bagian konstan dari diet kita dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kondisi kulit.

Orang-orang telah membudidayakan Jamur Shiitake selama lebih dari 800 tahun. Banyak sekali manfaat jamur Shiitake yang bisa kamu dapatkan dan tentunya dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You