Comscore Tracker

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatan

Daging domba tak selalu buruk bagi kesehatan

Banyak orang yang pernah mencicipi daging domba, tetapi mungkin secara tidak sengaja mengklasifikasikannya sebagai daging kambing, meskipun ada beberapa perbedaan yang mencolok. Yang paling penting, daging domba biasanya diperoleh dari hewan yang berumur 12 bulan dan lebih muda, sedangkan daging kambing diperoleh dari hewan yang lebih tua.

Selain itu, daging domba secara signifikan lebih empuk, dan mengandung lebih sedikit lemak daripada daging kambing. Rasanya juga dianggap kurang berbeda, jika dibandingkan dengan daging kambing yang memiliki rasa yang sangat khas.

Tapi apa manfaat daging domba bagi kesehatan kita? Berikut adalah penjelasannya.

1. Mencegah atau mengobati anemia

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatanmydr.com.au

Daging domba adalah sumber zat besi heme yang sangat baik, lebih unggul daripada zat besi yang diperoleh dari sumber nabati (non-heme). Zat besi heme diserap secara signifikan lebih baik daripada zat besi non-heme, membantu memastikan cukupnya mineral ini tersedia untuk sintesis sel darah merah.

Karena prevalensi anemia yang dapat dicegah, konsumsi zat besi heme dari sumber-sumber seperti daging domba dapat membantu memenuhi tujuan nutrisi kita untuk mineral ini.

2. Mendukung sistem antioksidan tubuh

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatannutritionadvance.com

Saat konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan disarankan untuk mendukung proses netralisasi radikal bebas, daging domba dapat membantu dalam proses ini, karena fakta bahwa secara alami mengandung glutathione.

Senyawa ini disebut sebagai antioksidan utama, yang paling kuat diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Dan meskipun tubuh kita secara alami menghasilkan senyawa antioksidan ini, konsumsi makanan yang juga mengandungnya adalah cara yang bagus untuk membantu mendukung produksi alami.

3. Meningkatkan daya tahan dan kinerja fisik

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatanmirror.co.uk

Meskipun protein membantu mendukung pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot, daging domba mengandung lebih dari protein saja. Secara khusus, adalah adanya asam amino beta-alanin, prekursor karnosin, dan creatine, yang terkenal selama beberapa dekade sebagai penambah kinerja.

Menguatkan diet kita dengan asam amino ini meningkatkan kinerja, menghasilkan kekuatan, mengurangi kelelahan dan meningkatkan penyangga asam laktat, yang diketahui menyebabkan kegagalan otot selama aktivitas. Ini berarti, kita akan mendapatkan kemampuan berolahraga untuk jangka waktu yang lebih lama sebelum kelelahan terjadi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Kambing Pria, Mencegah Kanker Prostat

4. Meningkatkan kesehatan kulit

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatanvaunte.com

Saat lemak pada umumnya penting untuk memproduksi membran sel lipid kulit kita, keberadaan Omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, membantu mendukung fleksibilitas, retensi kelembaban dan mendukung fungsi antioksidan. Hasilnya adalah berkurangnya visibilitas kerutan dan garis-garis halus, serta tingkat hidrasi yang lebih besar.

5. Mendukung kekebalan tubuh

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatancncahealth.com

Kehadiran zat seng dalam daging domba sangat bermanfaat dalam mendukung kesehatan kekebalan tubuh, dengan membantu mendukung banyak reaksi enzimatik yang mendorong penghancuran patogen. Zat seng juga dikenal untuk membantu penyembuhan, dan dapat meminimalkan pembentukan bekas luka.

6. Mendukung penurunan berat badan

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatanblog.lifeextension.com

Hal lainnya yang mungkin kita pikirkan adalah fakta bahwa daging merah tidak mendukung penurunan berat badan. Ini tidak benar, karena daging domba dapat membantu mendukung penurunan berat badan, setidaknya jika kita mengonsumsi domba yang diberi makan rumput.

Domba yang didestestikasi dengan cara ini memiliki tingkat lemak bermanfaat yang lebih tinggi yang dikenal sebagai asam linoleat terkonjugasi dalam otot mereka. Asam linoleat berfungsi untuk meningkatkan pemanfaatan lemak tubuh yang disimpan untuk bahan bakar, dan juga meminimalkan penyimpanan lemak tubuh berikutnya.

Lemak-lemak ini juga membantu mendukung kesehatan jantung, dan dengan latihan aerobik yang konsisten, menghasilkan lebih banyak penurunan berat badan.

7. Mendukung kesehatan sistem saraf

7 Manfaat Penting Konsumsi Daging Domba untuk Kesehatanbreathbliss.com

Saat sistem saraf membutuhkan sejumlah nutrisi untuk berfungsi secara efisien, makanan yang memasok banyak vitamin B dan lemak melakukan pekerjaan terbaik untuk mendukung fungsi saraf yang sehat.

Vitamin B membantu untuk mendorong transmisi saraf dan retensi sensitivitas saraf, terutama penting pada saraf perifer seperti kaki, yang mungkin mengalami masalah sirkulasi. Lemak, di sisi lain, bertindak sebagai selubung isolasi di sekitar serat saraf, yang mencegah kehilangan sinyal listrik selama transmisi stimulus.

Mitos tentang daging merah pada domba adalah buruk bagi kita belum tentu benar, karena pada dasarnya daging merah kaya akan mineral yang mendukung kesehatan. Satu-satunya waktu daging merah harus dikonsumsi dengan hati-hati, adalah jika kita memiliki hipertensi atau memiliki masalah yang memerlukan pemantauan ketat terhadap asupan lemak.

Secara keseluruhan, daging domba kaya nutrisi, beraroma, dan dapat membantu membuat resep monoton menjadi luar biasa.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Goreng Kambing Paling Maknyus di Yogyakarta

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You