Comscore Tracker

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasi

Cegah infeksi kulit dengan bahan alami yang efektif

Kudis terjadi karena adanya parasit atau tungau yang disebut Sarcoptic scabies. Ini menyebabkan gatal parah pada kulit kita. Dalam kebanyakan kasus, anak-anak lebih sering terjangkit daripada orang dewasa. Kudis menjadi infeksi ketika tungau memasuki kulit kita dan menggali dalam-dalam.

Parasit mulai mengkonsumsi jaringan kulit kita untuk tumbuh dan bahkan dapat bertelur. Akibatnya, kulit menjadi merah dan teriritasi. Penyedia layanan kesehatan mengungkapkan bahwa sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat mendorong perkembangan parasit pada kulit kita.

Itulah mengapa kita tidak boleh mengabaikan rasa gatal yang intens pada kulit. Selain itu, mengawasi gejala seperti ruam pada kulit dan di antara jari-jari kita diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Mengobati kudis tidak sulit. Namun, infeksi mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk sembuh sepenuhnya. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi penyakit kudis:

1. Kunyit

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasimedicalnewstoday.com

Rempah-rempah ini adalah komponen antimikroba dan anti-inflamasi. Kunyit juga dikenal sebagai penambah imunitas. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa rempah-rempah efektif melawan bakteri infeksi. Mengkonsumsi kunyit setiap hari dapat mencegah beberapa infeksi eksternal atau internal termasuk kudis.

2. Cendana

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasithemarketresearchnews.com

Cendana mengandung sifat penyembuhan dan menyejukkan yang penting untuk kulit yang teriritasi. Kita dapat menggunakan kayu cendana bubuk dengan air sebagai obat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Komponen antimikroba dari ramuan ini tidak hanya akan menyembuhkan infeksi kulit tetapi juga menghambat terulangnya kembali.

3. Minyak Pohon Teh

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasiootymade.com

Minyak pohon teh adalah bahan antiseptik dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu meringankan gatal parah dan mengurangi peradangan. Efek bakterisida dari minyak ini berguna melawan tungau yang berkontribusi pada kudis. Kita bisa mengoleskan minyak pohon teh pada kulit yang meradang untuk menenangkannya secara efektif.

Baca Juga: Kaya Rempah, 5 Masakan Kuah Kuning Khas Nusantara Super Lezat!

4. Kapulaga

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasiorganicfacts.net

Kapulaga adalah rempah yang serbaguna. Kita tidak hanya dapat menggunakannya untuk membumbui, tetapi dapat mengobati berbagai masalah kulit termasuk kudis juga. Bahan ini mengandung efek anti-infeksi dan peremajaan. Kedua faktor tersebut akan membantu menghilangkan tungau dan menyembuhkan kulit kita yang terinfeksi. Kapulaga juga merupakan antioksidan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kekebalan aktif dapat membantu melawan kudis secara efektif.

5. Lidah Buaya

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasimedicalnewstoday.com

Tidak salah untuk mengklaim bahwa lidah buaya adalah tanaman ajaib. Gel yang berasal darinya dapat meningkatkan kondisi kulit. Kita dapat mengobati kudis dengan gel lidah buaya. Bahan ini berisi efek penyembuhan dan menenangkan pada luka atau kulit yang meradang. Mengoleskan gel pada kulit yang teriritasi setiap hari akan mengurangi rasa gatal dalam waktu singkat.

6. Minyak Cengkeh

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasiessentialoilscompany.com

Minyak cengkeh memiliki efek terapeutik. Bahan ini masuk jauh ke dalam kulit kita dan menghilangkan infeksi serta memastikan itu tidak akan muncul lagi. Pijat kulit dengan minyak cengkeh dan biarkan selama 15 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Jus Bawang

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasihistoryclothing.ru

Bawang adalah bahan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kita juga dapat menemukan jumlah silikon dan sulfur yang memadai di dalam bawang. Nutrisi ini dikatakan membunuh telur tungau untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Kita dapat mengoleskan jus bawang untuk menyembuhkan kulit yang sakit. Namun, disarankan untuk segera mencuci kulit kita jika menyebabkan iritasi parah. Dan konsultasikan dengan spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

8. Minyak Serai

8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasinaturallivingideas.com

Minyak yang kurang dikenal ini berasal dari tanaman kecil yang disebut serai. Berbagai penelitian telah membuktikannya sebagai penolak serangga. Kita dapat menggunakan minyak serai untuk menangkal infeksi bakteri termasuk kudis. Bahan ini mengandung sifat penyembuhan yang membantu kita pulih dari infeksi kulit dengan cepat.

Kita bisa mengoleskan minyak pada kulit selama 10 menit dan mencucinya seperti biasa. Dan, kita dapat memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam bak mandi untuk menghilangkan kudis dalam waktu singkat. Diyakini bahwa aromanya juga memainkan peran penting agar tungau dan parasit pergi.

Tidak dapat disangkal bahwa kudis adalah infeksi kulit yang mengganggu. Kita tidak dapat memprediksi kapan ia menginfeksi kulit. Kita dapat memilih perawatan alami dalam konteks ini dan mengambil tindakan pencegahan keamanan juga untuk memfasilitasi proses pemulihan. Meskipun demikian, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis kulit untuk pemeriksaan menyeluruh demi menghindari kerusakan kulit lebih lanjut.

Baca Juga: 6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You