8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!

Makanlah berbagai buah segar agar lekas sembuh dari flu

Gejala paling umum dari flu adalah sakit tenggorokan, bersin, dan hidung tersumbat yang mampu membuat kita merasa tidak nyaman. Semua gejala ini biasanya mulai terlihat setelah 2-3 hari terinfeksi oleh kuman.

Untuk mengatasi flu, biasanya kita mengandalkan obat-obatan yang dijual bebas. Namun, kita juga dapat mengobati flu secara alami dengan rajin mengonsumsi buah-buahan berikut ini.

1. Jeruk

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!jesmondfruitbarn.com.au

Jeruk mengandung vitamin C yang berlimpah. Oleh karena itu dengan mengonsumsi jeruk, kita akan mendapatkan vitamin C dalam jumlah yang diperlukan untuk mengatasi gejala flu. Di sisi lain, sifat antioksidan yang berlimpah dalam jeruk juga memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Nanas

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!snaped.fns.usda.gov

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam memerangi bakteri. Enzim ini sangat membantu dalam mengatasi batuk akibat flu.

Pada saat yang sama, nanas juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini memainkan peran penting dalam tubuh agar tidak terkena flu. Oleh karena itu, lebih baik kita mengonsumsi jus nanas untuk mendapatkan bantuan luar biasa dalam mengatasi flu secara alami.

3. Delima

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!wisgoon.com

Buah terbaik lainnya untuk mengatasi flu adalah delima. Sifat anti bakteri delima membantu dalam mengatasi flu secara efektif.

Buah delima juga kaya akan kualitas penyembuhan yang berfungsi untuk mengontrol berbagai masalah kesehatan. Nutrisi yang tersedia dalam buah delima dikatakan efektif dalam menurunkan kadar tekanan darah. Oleh karena itu, pastikan untuk memakan buah delima agar mendapatkan sifat anti-virusnya untuk mengatasi gejala flu.

4. Pepaya

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!steemit.com

Orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah sering menderita flu. Oleh karena itu, mereka harus memastikan untuk mendorong berfungsinya sistem kekebalan tubuh melalui makanan.

Mengonsumsi pepaya dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan cara yang lebih baik. Mereka yang mengonsumsi pepaya secara teratur lebih jarang menderita flu jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi pepaya secara teratur.

Baca Juga: 8 Jenis Buah yang Membantu Rambutmu Tampak Lebih Sehat dan Berkilau

5. Anggur

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!pbs.org

Anggur dapat dianggap sebagai buah yang paling baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Buah ini juga sangat efektif dalam mengatasi flu.

Anggur merupakan sumber makanan yang mengandung banyak vitamin, zat besi, fosfor, dan kalsium. Anggur juga membantu dalam menangani banyak penyakit seperti sembelit, gangguan pencernaan, anemia, radang sendi, gastritis, insomnia, dan demam tinggi.

6. Pisang

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!hsph.harvard.edu

Pisang dianggap sebagai obat yang baik untuk mengatasi flu. Protein tertentu yang ditemukan dalam pisang membantu dalam mengontrol gejala flu.

Selain itu, pisang dapat membantu memberi energi instan dengan cara mengisi kembali tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan.

7. Jeruk Bali

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!vibranthealthtt.com

Jeruk Bali adalah buah lain dengan kualitas penyembuhan yang baik. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan tinggi. Berbagai kandungan dalam buah tersebut dapat membantu mengontrol gejala flu secara efektif.

Konsumsi buah jeruk Bali juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung, radang sendi, kanker, dan stroke. 

8. Stroberi

8 Buah Terbaik untuk Atasi Flu, Yuk Konsumsi!almanac.com

Stroberi dikatakan kaya akan khasiat penyembuhan karena mengandung mineral, fitonutrien, antioksidan, dan vitamin yang tinggi. Vitamin A dan vitamin C pada stroberi dapat membantu dalam mengontrol berbagai kondisi kesehatan mulai dari flu hingga degenerasi makula. 

Selain itu, konsumsi stroberi juga berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kita dapat menangani masalah flu dengan menambahkan buah-buahan di atas ke dalam jadwal makan itu. Tak hanya itu, kita harus memastikan bahwa kita mengonsumsi cukup cairan serta tidur cukup.

Baca Juga: Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You