Comscore Tracker

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisi

Paduan ikan dan rumput laut yang menggugah selera

Asal usul Sushi sudah cukup tua tetapi berbeda dari apa yang kita makan saat ini. Sushi telah melakukan perjalanan dari Asia Tenggara ke Cina dan selanjutnya ke Jepang. Negara-negara ini dikenal karena kecintaan mereka pada ikan, dan merupakan makanan pokok dalam masakan mereka.

Masakan Jepang memperkenalkan penggunaan sake dan anggur ke sushi untuk mempercepat proses fermentasi. Sushi Edo yang menampilkan penggunaan ikan mentah diperkenalkan pada tahun 1820-an. Sushi Nigiri yang paling umum disajikan saat ini ditemukan sekitar seratus tahun kemudian di Tokyo.

Sushi Nigiri dijual di warung pinggir jalan sebelum Perang Dunia II dan tetap populer bahkan setelah itu tetapi digeser di dalam ruangan untuk kondisi kebersihan

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh NutrisiPexels/Chevanon Photography

Sushi adalah salah satu hidangan yang terkena dampak positif oleh globalisasi dan telah berjalan ke negara-negara seperti Pakistan, India dan hampir semua negara barat.

Sushi menyediakan karya seni di atas piring, dan banyak koki telah menguasai seni mengiris dan menciptakan karya yang begitu indah sehingga kita tidak ingin menghancurkan kecantikan mereka dengan memakannya. Ikan, pada umumnya adalah bentuk protein hewani tersehat yang tersedia bagi umat manusia. Sushi memiliki kedudukan lebih tinggi karena memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Pencegahan hipotiroidisme

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisiendocrinecares.com

Sushi adalah sumber yodium yang baik, dan ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa yodium membantu menyeimbangkan hormon tiroid. Kehadiran yodium dalam sushi bisa sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita hipotiroidisme karena akan mencegah aktivitas abnormal dari hormon tiroid dan menjaga mereka tetap terkendali. Hipotiroid adalah penyakit serius yang berakibat fatal dalam jangka panjang. Hal ini menyebabkan obesitas tidak terkendali yang mengarah pada penyakit jantung yang parah. Menambahkan sushi ke dalam diet akan membantu kita dengan banyak cara lain termasuk mengisi kembali kekurangan yodium.

2. Mengelola penurunan berat badan

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisieverydayhealth.com

Makanan sangat penting untuk kehidupan sosial kita. Namun, itu juga menghasilkan banyak penambahan berat badan dan kebiasaan makan yang buruk. Sushi adalah penyelamat kita dalam hal ini. Sushi adalah makanan sehat dan sebagian besar bebas minyak yang membuat kita penuh dengan protein maupun karbohidrat. Restoran sushi adalah cara terbaik untuk bersantap dan suasana budaya bisa kita dapatkan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisiheidelbergnigelheraut.co.za

Sushi adalah sumber omega 3 dan asam lemak baik yang mendorong regenerasi sel serta mencegah timbulnya penyakit autoimun seperti Lupus. Asam lemak yang diberikan kombinasi ikan meningkatkan pertumbuhan kekebalan yang sehat dan membunuh sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit seperti lupus sehingga memiliki konsekuensi parah. Ini mungkin merupakan penyakit keturunan juga, tetapi dalam kasus apa pun, menambahkan sushi ke dalam diet kita dapat mencegah efeknya secara besar-besaran.

4. Memperkuat tulang

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisijeanhailes.org.au

Ikan adalah sumber kalsium yang sangat baik. Penuaan dapat menghilangkan kekuatan dan kepadatan tulang dari anggota tubuh kita yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti nyeri sendi maupun radang sendi. Konsumsi kalsium yang cukup bersama dengan mineral yang ada dalam ikan dapat menjaga tubuh tetap sehat dan meniadakan efek usia.

5. Membantu memperlambat proses penuaan

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisiinforrm.com

Sushi merupakan makanan pokok anti-penuaan. Kadar air yang diberikan kombinasi ikan dalam sushi membantu menjaga tubuh agar lebih muda secara internal dan eksternal. Salmon adalah bahan pokok sushi dan dianggap kaya akan asam lemak yang mencegah efek radikal bebas dengan memperkuat sistem regenerasi sel.

Baca Juga: Gak Melulu Salmon, 10 Bahan Ini Bisa Digunakan untuk Bikin Sushi

6. Sumber antioksidan yang kaya

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisifemalefirst.co.uk

Sushi adalah cara lezat untuk mendapatkan dosis antioksidan sehat yang membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kulit dan DNA sel. Antioksidan bertindak sebagai perisai terhadap radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan kanker.

7. Sumber protein yang baik

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisimuscleandfitness.com

Sushi dapat membantu memberikan kita protein sehat yang diperlukan agar sel-sel otak tetap aktif dan untuk regenerasi sel maupun otot. Makan sushi sekali atau dua kali seminggu bisa sangat berguna bagi orang yang berolahraga.

8. Mencegah aterosklerosis

8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisiwebmd.com

Ikan adalah daging tersehat yang pernah ada dan juga bermanfaat untuk perlindungan jantung. Menambahkan sushi ke dalam diet kita membantu mengatur kadar kolesterol dan glukosa darah. Ini mencegah arteri dari penumpukan kolesterol jahat dan meningkatkan aliran darah dari dan ke jantung.

Ikan merupakan sumber yang sangat baik dari banyak nutrisi dan protein yang dapat ditemukan dalam makanan. Sushi membawa protein bersih yang menambahkan rasa yang kaya ke mulut kita dengan manfaat tambahan.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya