Comscore Tracker

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!

Bisa bikin jarimu kembali halus

Ujung jari retak adalah masalah yang umum. Kekurangan minyak alami di kulit menyebabkan ujung jari retak-retak. Oleh karena itu, setiap orang yang kekurangan minyak alami di kulitnya dapat menghadapi masalah ini.

Faktor lain yang menyebabkan ujung jari yang retak adalah kondisi iklim panas dan penggunaan berlebihan sabun atau produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.

Masalah ini tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga penampilan yang terlihat buruk. Jika kamu menghadapi masalah ini, ada berbagai bahan alami luar biasa untuk menangani ujung jari yang retak. Berikut penjelasannya.

1. Minyak kelapa

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!svgs.co

Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Minyak ini bekerja sangat baik dalam menangani ujung jari yang retak juga. Minyak kelapa memperoleh kemampuan mengendalikan berbagai jenis masalah kulit karena asam lemak yang dikandungnya. Ini menembus jauh ke dalam kulit serta membuatnya lembut dan kenyal. Dengan demikian, dapat mengurangi masalah kekeringan dan pengelupasan kulit.

Minyak ini juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang bekerja luar biasa dalam mengurangi segala jenis infeksi kulit. Ambil setengah sendok teh minyak kelapa dan oleskan di ujung jari yang retak-retak. Biarkan kulit menyerap minyak kelapa selama 20 menit. Setelah itu, cuci jari dengan sabun dan air biasa. Ikuti proses ini selama dua kali dalam sehari.

2. Mentega

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!medicalnewstoday.com

Mentega adalah bahan lain yang efektif untuk mengurangi masalah ujung jari yang retak. Kadar air dalam mentega menghasilkan kemampuan dalam menjaga ujung jari kita jadi lembut dan halus.

Ambil sedikit mentega dan oleskan di ujung jari. Tunggu selama 20-25 menit dan kemudian bilas dengan air. Kita juga bisa mengoleskan sedikit mentega di ujung jari yang retak dan biarkan semalaman. Tutupi tangan dengan sarung tangan dan bilas ujung jari di pagi hari dengan air segar. Lanjutkan metode ini setiap hari untuk menghilangkan ujung jari yang retak.

3. Susu

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!dairyfarmersofcanada.ca

Susu dikenal karena sifat pelembapnya yang sangat baik. Susu juga sarat dengan lemak tinggi yang bekerja sangat baik dalam mengatasi masalah ujung jari retak-retak.

Tambahkan setengah sendok teh madu ke satu sendok teh susu. Gabungkan kedua bahan ini bersama-sama dan kemudian oleskan pada ujung jari yang retak-retak. Tunggu sekitar 10-20 menit. Lalu, cuci bersih dengan air hangat.

Jika madu tidak tersedia, lebih baik rendam ujung jari yang retak-retak dalam susu selama 10 menit. Kemudian, cuci jari-jari dengan air dan oleskan pelembap biasa. Ulangi salah satu dari proses ini selama dua atau tiga kali dalam sehari selama beberapa hari.

Baca Juga: Gak Melulu Buruk, Ini 5 Manfaat Air Es untuk Kesehatan Tubuhmu

4. Gel lidah buaya

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!tezdeporcelana.com

Gel lidah buaya adalah salah satu bahan ajaib yang bekerja dengan sangat baik dalam mengatasi ujung jari yang retak. Bahan luar biasa ini memiliki sifat melembapkan dan menyejukkan sehingga membantu penyembuhan ujung jari yang retak-retak.

Ambil beberapa gel lidah buaya yang baru diekstrak dan oleskan di ujung jari. Kemudian, terus memijat ujung jari dengan gel lidah buaya selama 10 menit. Ikuti prosedur ini selama dua kali dalam sehari selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Kamu akan kagum melihat efek melembutkan kulit yang luar biasa dari gel lidah buaya.

5. Mentimun

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!snaped.fns.usda.gov

Mentimun mengandung senyawa bergizi dan menghaluskan kulit yang luar biasa. Dengan bantuan senyawa ini, mentimun bekerja luar biasa dalam melembutkan ujung jari yang retak-retak.

Gosok bagian yang sakit dengan irisan mentimun selama beberapa menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air. Bisa juga mengoleskan mentimun di ujung jari yang retak-retak. Setelah mengoleskan mentimun, tunggu selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Ikuti salah satu metode ini selama dua kali sehari dan oleskan pelembap biasa pada ujung jari.

6. Madu

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!bcbstwelltuned.com

Madu adalah alternatif lain yang bagus untuk mengatasi ujung jari yang retak. Bahan ini sangat membantu melembapkan kulit. Madu dapat mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan ujung jari yang retak.

Pertama, isi sebuah wadah dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan dua sendok makan madu ke dalamnya. Campurkan semua bahan ini ke dalam air. Kemudian, rendam jari-jari dalam wadah itu selama 10 menit. Setelah itu, tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan pelembap.

7. Minyak zaitun

7 Bahan Alami Efektif Atasi Ujung Jari yang Retak, Jangan Biarkan!healthline.com

Minyak zaitun sangat efektif dalam mengatasi kulit yang rusak. Minyak ini bekerja sangat baik dalam melunakkan ujung jari yang retak juga. Lemak esensial dalam minyak zaitun sangat membantu dalam memelihara dan melembapkan kulit kering.

Ambil sedikit minyak zaitun ekstra virgin hangat dan oleskan pada ujung jari yang retak-retak. Biarkan minyak zaitun di kulit selama 10 menit, lalu basuh kulit dengan air. Kita dapat mengulangi metode ini secara teratur.

Jadi, mulai sekarang kamu tak perlu khawatir lagi dengan masalah ujung jari yang retak ya. Kamu bisa coba salah satu metode di atas.

Baca Juga: 5 Manfaat Menyendiri yang Baik Untuk Kesehatan Jiwa

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya