Comscore Tracker

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!

Berbagai bahan ini juga membantu mempertahankan daya ingat

Demensia adalah istilah umum untuk sejumlah penyakit yang mempengaruhi otak. Penyakit-penyakit tersebut diberi nama berdasarkan area otak yang rusak atau gejala-gejala yang menyebabkan kerusakan. Ada berbagai jenis demensia seperti Alzheimer, penyakit Parkinson, demensia vaskular, dan tubuh Lewy.

Ada 4 faktor penting yang menyebabkan demensia. Ini termasuk kekurangan vitamin B12, neurosyphillis, hipotiroidisme dan penyakit Lyme. Alasan lain termasuk genetika dan usia tua. Tidak semua orang tua menderita demensia. Faktanya 9 dari 10 orang tua baik-baik saja sampai usia 90 tahun.

Demensia bukan akibat penuaan, tetapi berkembang karena kerusakan di otak kita. Kerusakan ini dapat berdampak signifikan pada kepribadian kita, gerakan fisik, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas dasar.

Perawatan pada dasarnya tergantung pada penyebab penyakit. Kadang-kadang disebabkan karena keracunan atau kecelakaan.

Nah, makanya biar terhindar dari demensia, sebaiknya kamu rajin mengonsumsi bahan alami berikut. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat menangani demensia secara alami.

1. Kunyit

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!medicalnewstoday.com

Bubuk kuning ini adalah bahan yang diperlukan dalam banyak resep Asia Selatan dan memiliki sifat anti-inflamasi magis. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, para peneliti menemukan bahwa kunyit tidak hanya berhubungan dengan gejala demensia tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif keseluruhan otak kita.

Faktanya, ada jauh lebih sedikit insiden demensia di Asia karena sebagian besar kunyit tidak hanya ditemukan dari masakan mereka tetapi juga bahan aktif dalam pengobatan Cina.

2. Bayam

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!baomoi.com

Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam tidak hanya mengurangi resiko demensia tetapi juga membantu kita meningkatkan daya ingat. Kita dapat mengkonsumsi bayam setiap hari karena bisa membantu menjaga kesehatan fisik dan fungsi kognitif.

3. Labu

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!snaped.fns.usda.gov

Labu memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kita menjalani hidup yang sehat. Labu adalah buah yang kaya serat, kalium, vitamin B3 dan vitamin E bersama dengan banyak nutrisi lain yang penting bagi kesehatan kita. Fitonutrien yang ditemukan dalam labu bertanggung jawab untuk melindungi otak. Ini termasuk beta-karoten dan lutein, yang bagus untuk kognisi dan melawan demensia.

Baca Juga: Gak Ribet, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Mampu Menjaga Kesehatan Otakmu

4. Minyak Ikan

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!npr.org

Minyak ikan berasal dari jaringan ikan berminyak yang kaya akan asam lemak Omega-3. Studi membuktikan bahwa minyak ikan dapat mengurangi kemungkinan gangguan kognitif dan melindungi kita terhadap Alzheimer. Omega-3 membantu mengurangi plak beta-amiloid, yang membantu mencegah Alzheimer.

5. Pisang

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!healthxchange.sg

Pisang lezat dan sumber serat yang hebat serta memberikan dorongan energi instan. Kalium adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengirimkan pesan dari otak, dan pisang dikenal karena kandungan kalium yang tinggi. Ini juga bagus dalam membantu mempertahankan fokus, perhatian dan meningkatkan daya ingat.

6. Kayu Manis

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!edition.cnn.com

Sebagai bahan penting lain dalam masakan Asia selatan, kayu manis memiliki banyak manfaat. Ini dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti gangguan pencernaan, migrain dan kram. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bagus untuk mengurangi resiko Alzheimer. Jadi, jika berisiko terserang penyakit ini, kita bisa memasukkan kayu manis ke dalam makanan dan mengurangi peluang terkena penyakit itu.

7. Almond

7 Bahan Alami untuk Mencegah Demensia, Lindungi Otakmu!bbcgoodfood.com

Almond banyak dibudidayakan bukan hanya karena rasanya, tetapi juga untuk manfaat pengobatannya. Ada banyak pengobatan alami yang melibatkan kacang almond. Biji kecil ini kaya dengan nutrisi yang dapat membantu tubuh kita dalam banyak hal.

Penelitian bahkan membuktikan bahwa makan almond dapat mencegah hilangnya ingatan bersamaan dengan meningkatkan kemampuan kognitif kita. Almond kaya akan vitamin E dan dapat melawan demensia.

Kehilangan ingatan atau kendali atas tubuh kita adalah hal yang sangat menyedihkan. Jika seseorang yang dekat dengan kita menderita penyakit ini, sangat penting untuk tidak kehilangan kesabaran. Karena mereka tidak memiliki cara untuk mengendalikan penyakit ini. Cobalah untuk memperlakukan mereka dengan cinta dan perhatian serta menjaga lingkungan yang normal untuk mereka.

Menjaga semuanya tetap seperti itu akan membantu mereka mempertahankan ingatan dan bahkan mendapatkannya kembali. Bagian terburuknya adalah bahwa beberapa penyakit demensia tidak dapat disembuhkan dan mereka semakin memburuk seiring waktu. Karena itu, perlu menjaga pola makan yang sehat dan memastikan kita tidak mengalami kekurangan.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membahayakan Otak, Segera Hentikan! 

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya