Comscore Tracker

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggi

Sayuran dengan berbagai manfaat ajaib

Kembang kol adalah sayuran yang diyakini telah berasal dari Asia kuno, tetapi saat ini, Cina, India, Prancis, Italia, dan bahkan AS adalah pembudidaya sayuran ajaib ini. Biasanya, orang hanya memasak dan memakan "kepala" putih kembang kol, karena batang dan daun yang keras cenderung menyebabkan masalah pencernaan.

Meskipun mayoritas kembang kol yang kita lihat adalah varietas putih, jenis lain seperti varian kuning, ungu, dan hijau juga ada, dan dikatakan sama bergizinya. Mari kita lihat berbagai manfaat kesehatan dari sayuran sederhana ini.

1. Mengatasi peradangan

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggikeele.ac.uk

Peradangan terkait dengan hampir semua penyakit kronis. Kembang kol sangat berlimpah dengan antioksidan dan elemen anti-inflamasi yang menurunkan stres oksidatif serta kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan yang ditemukan dalam kembang kol termasuk beta-cryptoxanthin, quercetin, rutin, kaempferol, asam sinamat, asam caffeic, dan asam ferulic. Satu cangkir kembang kol mengandung setidaknya 73% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan, yang membantu mencegah peradangan.

2. Mengurangi masalah jantung dan sistem peredaran darah

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggipassionlifelovehealth.com

Studi lebih lanjut menetapkan bahwa peradangan terkait dengan risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, dan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson maupun alzheimer. Ini semakin menegaskan sifat anti-inflamasi kembang kol. Pasokan vitamin K, vitamin C, antioksidan, belum lagi asam lemak omega-3 semuanya bekerja bersama untuk menjaga sistem peredaran darah. Ini menghasilkan penurunan hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.

3. Mengurangi risiko kanker

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggitanner.org

Penelitian telah membuktikan bahwa kembang kol efektif untuk mencegah kanker payudara, hati, usus besar, dan paru-paru. Sayuran ini telah terbukti memiliki sifat kemo-preventif yang menggagalkan tahap awal pertumbuhan kanker dan membantu menghilangkan perkembangan tumor. Selain itu, kembang kol dikemas dengan glukosinolat, elemen yang mengandung belerang. Senyawa pelindung ini membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Glukosinolat digunakan untuk perbaikan DNA dan membantu mencegah penyakit dengan memperlambat mutasi sel kanker.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kembang Kol, Bisa untuk Menu Diet Juga Lho

4. Memasok vitamin K ke tubuh

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggiparenting.firstcry.com

Kembang kol adalah sumber Vitamin K yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K menjaga tulang tetap sehat dan juga mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Vitamin K juga merupakan koagulan darah yang baik. Itu juga telah diamati sebagai anti-inflamasi yang efektif.

5. Meningkatkan pencernaan dan detoksifikasi

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggienglish.newstracklive.com

Kembang kol memiliki senyawa tertentu, khususnya glukoraphanin, sulforaphane, glukobrassisin, dan glukonasturtiian, yang semuanya sangat berguna untuk membantu tubuh membersihkan dirinya sendiri. Selain itu, sayuran ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan pencernaan karena berlimpahnya zat kaya sulfur yang disebut glukosinolat, yang membantu penyerapan nutrisi serta eliminasi toksin.

6. Meningkatkan kesehatan otak

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggifoodmanufacture.co.uk

Kembang kol adalah sayuran yang sangat baik untuk dimakan karena mengandung kolin, vitamin B yang penting bagi perkembangan otak. Kolin adalah nutrisi penting yang bila dikombinasikan dengan fosfor membantu memperbaiki membran sel. Dengan demikian dapat menghasilkan tidur yang lebih baik, kinerja kognitif, peningkatan koordinasi otot, dan memori yang lebih tajam.

7. Menjaga hormon tetap terkendali

7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggivillagejuicery.com

Makanan kaya antioksidan seperti kembang kol telah diamati dapat membantu menyeimbangkan hormon melalui penurunan kadar estrogen yang abnormal. Kelebihan estrogen dalam darah telah dihubungkan dengan masalah kesehatan seperti penyakit autoimun, kelelahan kronis, kanker ovarium dan hipotiroidisme.

Ada lebih dari 80 varietas kembang kol yang dapat dimakan di seluruh dunia. Namun demikian, terlepas dari variasinya pilihlah yang memiliki tekstur dan warna konsisten. Jadikan kembang kol sebagai variasi pilihan sayur harianmu.

Baca Juga: Sehat & Lezat, Ini Trik Mudah Bikin Roti Pizza dari Kembang Kol!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You