Comscore Tracker

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebas

Si merah menyegarkan

Buah semangka populer keberadaannya di Indonesia. Buah yang kaya akan air dan berdaging merah ini kerap ada di meja pencuci mulut mulai dari pesta hingga resepsi pernikahan.

Salad buah turut memakai semangka sebagai komposisinya. Ternyata buah dari tanaman rambat ini selain menyegarkan punya manfaat untuk kesehatan. Antara lain untuk mengatasi radikal bebas dan perlindungan terhadap diabetes. Untuk lebih lengkapnya, lanjut baca artikelnya.

1. Membantu mengatasi radikal bebas

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebashealthline.com

Ketika menggigit semangka dingin, kita mungkin tidak berpikir jika semangka memiliki antioksidan. Kita mungkin akan terkejut mengetahui bahwa semangka adalah sumber radikal bebas, khususnya dalam bentuk vitamin C dan likopen.

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron. Antioksidan, seperti vitamin C dan likopen ikut campur dengan menyediakan salah satu elektron ekstranya untuk radikal bebas, sehingga menetralkan dan mencegahnya dari menyebabkan kerusakan sel.

2. Perlindungan terhadap diabetes

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasfitforwork.org

Saat mengonsumsi semangka, ginjal kita mengubah satu asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino lain, L-arginine. Asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak sedikit yang merupakan perlindungan terhadap perkembangan diabetes.

Studi menunjukkan bahwa suplementasi L-arginine bermanfaat dalam mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Meskipun kita mungkin tidak bisa mendapatkan sebanyak mungkin asam amino dari semangka melalui suplemen, perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung senyawa ini bisa menjadi bagian menguntungkan dari diet yang dirancang untuk melawan diabetes.

3. Semangka sebagai sumber energi dan air

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasblog.bulletproof.com

Semangka adalah pengganti yang baik untuk minuman setelah selesai berolahraga. Asam amino restoratif membantu mempercepat laju penghapusan asam laktat dari otot-otot, memberi kita waktu pemulihan yang lebih cepat setelah latihan berat. Semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga akan membantu kita agar tidak dehidrasi.

4. Mendukung jantung yang sehat

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebassooperchef.pk

Likopen bertanggung jawab atas warna semangka, merah muda. Ini juga bertanggung jawab untuk setiap warna tomat merah dari merah muda pucat ke yang paling merah terang. Tahukah kamu bahwa ada lebih banyak likopen dalam semangka daripada tomat? Hampir satu setengah kali lebih banyak.

Likopen telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan terjadinya penyakit kardiovaskular pada orang yang mengonsumsi suplemen atau mengonsumsi makanan kaya likopen secara teratur.

5. Pengurangan keparahan dan frekuensi serangan asma

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasfreepik.com

Penelitian baru yang menarik menunjukkan hubungan antara vitamin C dan asma. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa kadar vitamin C yang rendah berkorelasi dengan peningkatan serangan asma, sedangkan kadar vitamin C yang lebih tinggi terkait dengan pengurangan gejala asma.

Dengan demikian, serangan asma dapat dikurangi dengan makan lebih banyak makanan kaya vitamin C, seperti semangka yang memiliki hampir 40% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan hanya dalam satu irisan tebal dan berair.

6. Membantu menurunkan berat badan lebih cepat

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasrd.com

Alasan bahwa semangka membantu kita menurunkan berat badan. Semangka sebagian besar terdiri dari air, dikombinasikan dengan kandungan serat yang baik. Kombinasi ini membuat kita kenyang dan puas lebih lama daripada makanan penutup yang sarat gula maupun lemak.

Baca Juga: 8 Olahan Semangka yang Enak dan Sehat, Segarnya Sampai di Kerongkongan

7. Melindungi fungsi saraf

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasverywellhealth.com

Semangka kaya akan kalium, yang membantu mengatur fungsi saraf dengan memfasilitasi jalannya impuls listrik dan pesan. Terlalu sedikit potasium dapat menyebabkan kurangnya fungsi saraf, mati rasa dan kesemutan. Jika kita menderita kram kaki pada malam hari, kekurangan kalium mungkin juga menjadi penyebabnya. Hindari efek samping yang tidak menyenangkan ini dengan menikmati semangka yang mengandung sekitar 170 mg potasium.

8. Mengatasi peradangan

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasliverdoctor.com

Peradangan kronis dan sistemik diketahui sebagai awal dari banyak penyakit serius yang kita derita saat ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker. Karena peradangan dapat memiliki efek yang merugikan pada tubuh, perlu untuk mengambil langkah-langkah untuk melawannya dengan segala cara yang mungkin. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi peradangan adalah melalui sumber makanan.

Semangka mengandung asam amino L-arginine dan L-citrulline, dua agen anti-inflamasi kuat yang dikenal. Tetap dingin dengan semangka juga bisa membantu meredakan peradangan.

9. Membantu menyeimbangkan pH tubuh

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasnewhope.com

Makanan yang kita makan dan minuman yang kita nikmati semuanya jatuh di suatu tempat di sepanjang skala pH. Beberapa dianggap asam, sementara yang lain dianggap basa. Tubuh manusia mengatur dirinya sangat spesifik dengan nilai pH 7,4. Pada skala 0-14, semakin rendah angkanya semakin asam. Masalahnya adalah bahwa diet rata-rata yang dipenuhi lemak jenuh, gula, dan makanan olahan cenderung lebih asam, yang dapat mempengaruhi keseimbangan pH tubuh. Ketidakseimbangan pH jarang terjadi, tetapi perubahan kecil ke zona asam dapat membuat kita merasa tidak enak.

Semangka adalah makanan alkali, yang membantu menetralkan komponen asam dalam makanan, dan dengan demikian membantu tubuh kita mempertahankan tingkat pH yang tepat.

10. Mengurangi risiko terjadinya penyakit gusi

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebashealthversed.com

Penyakit gusi adalah suatu kondisi yang diduga mempengaruhi lebih dari 20-25% populasi. Penyakit gusi dapat menyebabkan kehilangan gigi, infeksi dan bahkan telah terhubung dengan kondisi kesehatan lainnya seperti penyakit jantung.

Kebersihan mulut yang tepat dan pemeriksaan gigi rutin adalah alat utama kita melawan penyakit gusi, tetapi jumlah vitamin C yang cukup dalam makanan telah terbukti menghambat perkembangan atau memburuknya penyakit. Semangka adalah sumber vitamin C yang bagus. Makanlah semangka agar senyum kita tetap sehat dan cerah.

11. Mendukung pencernaan

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebashealthsupportyou.com

Sistem pencernaan kita membutuhkan air untuk membantu mencerna makanan dan mendorongnya. Kita juga membutuhkan serat untuk membantu proses ini. Semangka mengandung keduanya, menjadikannya suguhan pencernaan yang sempurna. Untuk sesuatu yang istimewa, cobalah memasukkan secangkir air dengan potongan semangka dan mint segar agar menenangkan sistem pencernaan kita.

12. Mendukung kesehatan ginjal

12 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Menangkal Radikal Bebasmedikalteknik.com.tr

Hampir setiap hari, kita terpapar racun yang tak terhitung jumlahnya. Beberapa dari mereka berasal dari makanan yang kita makan atau udara luar. Lebih banyak datang dari tempat-tempat yang tidak terduga di dalam rumah atau tempat kerja kita sendiri. Terlepas dari sumbernya, ginjal melakukan banyak pekerjaan untuk membuat kita tetap sehat dengan menghilangkan racun ini dari sistem tubuh.

Nutrisi tertentu yang ditemukan dalam semangka dapat membantu mendukung ginjal selama proses ini. Dua nutrisi utama yang melawan racun dalam semangka adalah kalsium dan kalium.

Semangka adalah makanan lezat dan bergizi. Lain kali jika kamu melihat sepiring penuh irisan tebal buah itu, jangan ragu untuk memakannya.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Semangka yang Matang dan Manis, Buah Favorit Siapa nih?

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You