6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntah

Tubuh pun bisa segera kembali bugar

Muntah biasanya bukanlah masalah kesehatan yang serius dan bersifat sementara. Seperti halnya diare, kondisi ini merupakan reaksi untuk menghilangkan zat berbahaya dari dalam tubuh. Konsumsi alkohol yang ekstrem, intoleransi atau alergi makanan, dan bakteri yang mencemari saluran pencernaan dapat menyebabkan muntah.

Terlepas dari apapun penyebabnya, muntah sangat tidak menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa teh herbal yang bermanfaat untuk meredakan muntah.

1. Teh kemangi

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahyral.net

Teh kemangi sangat membantu dalam membebaskan kita dari berbagai gangguan pencernaan termasuk sembelit, kram perut dan muntah. Kita dapat membuat teh kemangi dengan menambahkan satu sendok teh kemangi kering per setengah cangkir air mendidih. Tunggu 5 menit. Kemudian saring dan konsumsi campurannya.

2. Teh jahe

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahpowerofpositivity.com

Teh jahe sangat efektif memberi kita kelegaan dari gangguan pencernaan. Teh ini sangat bermanfaat dalam menurunkan gejala muntah. Penderita disarankan untuk minum teh jahe perlahan-lahan sambil menyesapnya untuk mengatasi kondisi muntah.

Untuk membuat teh jahe, pertama, kita harus memotong jahe menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, tempatkan potongan jahe dan teh dalam satu cangkir. Rendam dalam air mendidih selama 3-5 menit.

3. Teh adas

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahmedicalnewstoday.com

Teh adas sangat mampu mengurangi gejala muntah. Sifat antimikroba dari teh adas bekerja sangat baik dalam menyembuhkan masalah perut yang dapat menyebabkan muntah. Teh adas dapat membantu pencernaan dan juga meredakan mual.

Tambahkan satu sendok teh biji adas yang dihancurkan ke dalam satu cangkir air mendidih. Rebus campuran ini selama 10 menit. Kemudian, saring dan tambahkan madu jika diinginkan. Setelah itu, perlahan-lahan minumlah teh adas.

Baca Juga: Ingin Pikiran Relaks Setiap Hari? Yuk, Minum 5 Teh Herbal Ini 

4. Teh chamomile

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahhealthline.com

Teh herbal lain yang manjur dalam menghentikan muntah adalah teh chamomile. Tambahkan satu sendok teh bunga chamomile kering ke 250 ml air tawar. Rebus campuran selama 5-10 menit. Kita dapat menambahkan pemanis seperti mint atau lemon jika diinginkan. Sekarang, rileks dan konsumsilah teh chamomile.

5. Teh peppermint

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahorganicauthority.com

Jika muntah terjadi akibat makan berlebihan, maka teh peppermint hadir untuk menyelamatkan kita. Teh yang luar biasa ini berfungsi dalam membantu pencernaan yang aman dan efektif. Teh ini sangat efektif dalam menyembuhkan sakit perut yang terjadi setelah makan berat.

Teh peppermint juga dapat diberikan kepada anak-anak. Kita dapat membuat satu dosis teh peppermint untuk anak-anak dengan atau di antara waktu makan dua kali sehari.

6. Teh serai

6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntahbaomoi.com

Teh serai memperoleh banyak popularitas karena kemampuannya untuk meredakan muntah, batuk, gangguan kandung kemih, demam, sakit perut, diare, kejang usus, dan gejala flu. Faktanya, bubuk serai yang digunakan sebagai teh serai adalah dibuat dengan menghancurkan daun atau batang kering.

Teh ini sangat membantu dalam meningkatkan keringat. Ia juga berfungsi sebagai agen penurun kolesterol dalam tubuh.

Ketika merasa tidak nyaman, penderita harus perlahan-lahan menyesap air untuk menenangkan perut. Penderita harus mengonsumsi makanan ringan secara perlahan dan menghindari mengkonsumsi makanan yang digoreng. Disarankan juga untuk cukup beristirahat.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam bagi Kesehatan, Gak Hanya Bikin Kurus!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You