Comscore Tracker

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian Ketahui

Ternyata ada banyak sekali manfaat daun lalapan ini

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan daun yang memiliki aroma wangi dan menenangkan ini. Ternyata selain sering dijadikan sebagai lalapan, daun kemangi juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti contoh di bawah ini:

1. Menangkal radikal bebas

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/comfreak

Radikal bebas merupakan salah satu ancaman yang serius bagi tubuh kamu. Bagaimana tidak, efeknya yang dapat merusak jaringan sel membuat kamu lebih berisiko terkena berbagai macam penyakit kronis seperti kanker. Sehingga kamu harus lebih aware pada tubuhmu sendiri dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Daun kemangi mengandung apigenin yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh kamu.

2. Memelihara kesehatan jantung

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/klimkin

Selain berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan sehat, ternyata daun kemangi juga dapat memelihara kesehatan jantung karena kaya akan beta-karoten dan magnesium. So, jangan segan mengonsumsi daun kemangi untuk kesehatan jantungmu.

3. Melancarkan pencernaan

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/PublicDomainArchive

Kamu dapat memiliki sistem percernaan yang sehat hanya dengan 1/2 sendok teh kering atau daun kemangi segar. Efeknya yang menenangkan akan membuat kadar asam pada lambung menurun.

4. Mempercepat penyembuhan luka

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/RyanMcGuire

Ternyata daun kemangi dapat mencegah infeksi bakteri pada luka. Sifat antivirus dan antijamur yang dimilikinya inilah yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka sehingga dapat mencegah infeksi pada luka. Sayangnya, sejauh ini penelitian ini hanya dilakukan pada tahap sebatas hewan saja. Belum ada studi lebih lanjut.

Baca Juga: Gak Hanya untuk Lalapan, Ini 6 Manfaat Daun Kemangi Bagi Tubuh

5. Menghilangkan bau mulut dan bau badan

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/kaboompics

Antiseptik alami yang dimiliki oleh daun kemangi dapat membunuh kuman penyebab bakteri dari dalam sehingga dapat menghilangkan bau badan. Kamu bisa mengonsumsi air rebusannya selama kurang lebih tiga hari berturut-turut tanpa jeda pagi dan sore.

6. Menyehatkan kulit

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com

Siapa sangka daun yang sering dijadikan sebagai lalapan ini dapat membantu membersihkan kulit dari dalam. Daun kemangi mengandung anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mencegah pembentukan jerawat sehingga daun kemangi ini sangat cocok sekali digunakan bagi kulit kamu yang berminyak.

7. Meredakan stres

7 Manfaat Daun Kemangi yang Wajib Kalian KetahuiPixabay.com/darksouls1

Sifat antianxiety dan antidepresan yang terkandung di dalam daun kemangi dapat melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah dan kadar lipid.

Buat kamu yang suka menyingkirkan daun kemangi saat makan, mulai sekarang masih yakin gak mau memakannya? Daun aromatik ini ternyata punya banyak kandungan yang menyehatkan.

Baca Juga: Pakai Daun Kemangi, 5 Resep Masakan Khas Indonesia Ini Gak Ada Duanya

Raniaaa Photo Community Writer Raniaaa

you can always do more than you think you can

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You