Comscore Tracker

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 Faktanya

Yuk, cek semua faktanya!

Mungkin kita seringkali berjumpa dengan kerabat atau sahabat lama yang badannya tiba-tiba menjadi kurus. Saat ditanya apakah sedang dalam program diet, sang kerabat atau teman mengaku kalau sedang banyak pikiran. Banyak pikiran ternyata dapat mengurangi massa tubuh sedemikian rupa, sehingga menyebabkan seseorang yang sedang banyak pikiran dalam jangka waktu yang lama terlihat semakin kurus.

Ternyata keterkaitan antara pikiran dan berat badan telah banyak diteliti oleh para ilmuwan. Penelitian-penelitian tersebut juga dapat dilihat dibeberapa jurnal bereputasi dan juga berbagai media mancanegara. Lalu, bagaimana keterkaitan tersebut, berikut 5 faktanya:

1. Aktivitas kognitif yang berat membutuhkan banyak glukosa

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 FaktanyaUnsplash/Tim Gouw

Dilansir dari time.com dalam artikel yang berjudul "Does Thinking Burn Calories? Here's What the Science Says", menyatakan bahwa glukosa akan semakin banyak diserap saat melakukan aktivitas kognitif yang berat. Hal ini juga berkaitan mengapa saat kita berpikir maksimal akan menjadi mudah lapar.

Area otak yang mengkonsumsi banyak energi adalah area yang berkaitan dengan aktivitas kognitif tersebut. Seperti saat menghafal sesuatu yang sulit, bagian otak yang memerlukan banyak energi hanyalah otak yang terlibat dalam pembentukan memori saja. Namun, area otak lain tidak menunjukan peningkatan.

2. Sengaja memikirkan banyak hal agar memperoleh berat badan ideal

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 FaktanyaUnsplash/David Hofmann

Mungkin banyak pertanyaan yang muncul, "dapatkah dengan banyak berpikir kita mencapai berat badan ideal?". Sebenarnya untuk mencapai berat badan yang ideal dengan banyak berpikir mungkin saja dapat terjadi, karena saat kita banyak berpikir, otak akan mengonsumsi 1,5 kalori permenitnya.

Namun, apakah dengan mencapai berat badan ideal dengan banyak berpikir tubuh kita akan memiliki bentuk yang ideal juga? Jawabannya tentu tidak. Berat badan yang dicapai dengan banyak berpikir mungkin saja ideal bagi sebagian orang, tetapi tentu saja itu tidak baik untuk kesehatan karena memperolehnya dengan cara seperti itu. Jika ingin memiliki berat dan bentu badan yang ideal, lebih baik lakukan olahraga yang teratur dan konsumsi makanan sehat.

3. Dalam keadaan diam, otak menghabiskan 20-25% energi tubuh

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 FaktanyaUnsplash/Katya Austin

Tidak hanya dengan banyak berpikir, ternyata dalam keadaan diam pun otak menghabiskan 20%-25% dari keseluruhan energi tubuh, terutama dalam bentuk glukosa. Energi ini digunakan untuk aktivitas dasar tubuh seperti bernapas, mencerna, dan menjaga diri tetap hangat.

20%-25% sama dengan 350-450 kalori perhari yang dibutuhkan dalam keadaan diam  tersebut. Untuk usia anak-anak bahkan konsumsi energi lebih rakus hingga 60% dari keseluruhan energi tubuh.

Baca Juga: Harus Diwaspadai, Ini 5 Penyebab Diabetes pada Orang Bertubuh Kurus 

4. Perbedaan fokus berpikir belum terkonfirmasi membuat perbedaan terhadap penurunan berat badan

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 FaktanyaUnsplash/JESHOOTS.COM

Mempertahankan fokus berpikir yang tidak terputus selama beberapa jam benar-benar dapat membakar energi. Namun, para ilmuwan belum mengonfirmasi seberapa besar perbedaan energi yang dibutuhkan oleh seseorang untuk berpikir di berbagai tingkatan kesulitan. Hal ini dikarenakan, perbedaan tugas seseorang dengan tingkat kesulitan yang berbeda seperti mudah, sedang dan sulit masih susah untuk dibedakan.

5. Terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan tidak sadarkan diri

Benarkah Banyak Pikiran Bikin Tubuh Menjadi Kurus? Ini 5 FaktanyaUnsplash/thom masat

Saat seseorang berpikir terlalu keras, seperti saat menghadapi suatu ujian, dimana ujian tersebut menentukan kehidupannya beberapa tahun ke depan, tentu hal ini akan sangat menengangkan. Saat seperti ini, hormon stres akan mengirim sinyal melalui aliran darah yang kemudian memicu keringat dan mempercepat detak jantung, kemudian terbentuklah gerakan tubuh yang gelisah. Tidak hanya mendapatkan tubuh yang ideal, dengan melakukan ujian seperti ini juga bisa membuat pingsan.

Nah, itu 5 fakta mengenai banyak pikiran ya. Jadi, jangan heran jika tiba-tiba berat badanmu berkurang setelah banyak berpikir.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya